Download Gratis
Butuh bantuan?

Usaha yang Cocok Untuk Pemula

Membuka bisnis kecil adalah langkah yang paling tepat untuk memanfaatkan waktu luar agar bisa memperoleh uang tambahan. Selain itu, bisnis ini juga cukup menjanjikan dan sangat cocok bagi pemula atau sebagai usaha rumahan. Namun sayangnya, bisnis dengan modal kecil ini terkadang kurang dilirik oleh pemula karena seringkali terjadi kendala.

Walaupun metode ini sudah banyak digunakan kaum milenial, tetapi masih banyak pula orang yang merasa takut keluar dari zona nyaman. Padahal jika Anda benar-benar menekuninya maka akan berpotensi memperoleh omset pemasukan yang tinggi. Keunggulan lainnya, bisnis ini juga lebih fleksibel sehingga Anda pun bisa mengatur jam kerja sendiri.

atur keuangan usaha
download aplikasi bukuwarung

Apalagi kini sudah tersedia aplikasi BukuWarung yang bisa Anda instal secara gratis di Android Anda untuk memudahkan menjalankan bisnis UMKM. Jadi, dengan aplikasi ini akan sangat membantu Anda dalam mencatat segala transaksi keuangan usaha. Nah, berikut ketujuh usaha yang cocok untuk pemula yang bisa Anda renungkan.

7 Usaha Modal Kecil Omset Melimpah Cocok untuk Pemula

Di bawah ini tersedia beberapa peluang usaha yang bisa Anda terapkan mulai saat ini. Hanya dengan menyiapkan modal kecil, Anda bisa meraup omset yang besar.

  1. Bisnis Jualan Pulsa Elektrik

Bagi pengguna ponsel android, pasti tak bisa jauh-jauh dengan pulsa dan paket data. Nah, kebutuhan ini bisa menjadi peluang Anda untuk membuka usaha di bidang pengisian pulsa elektrik dan paket data. Pasalnya, teman kantor, teman kuliah, kerabat dekat, dan sebagainya bisa menjadi sasaran pasar yang menggiurkan.

Juragan hanya perlu mendaftarkan diri sebagai agen pulsa dan paket data ke distributor ternama dan terpercaya. Kemudian, siapkan banner dengan promo menarik untuk memikat calon konsumen di sekitar rumahmu. Promosikan pula lewat sosial media agar bisnismu semakin cepat terdengar orang.

Buat Toko Online Sendiri

Untuk modalnya juga relatif sedikit, mulai Rp50 ribu hingga Rp1 juta rupiah saja. namun, bila Anda bisa menjadi pebisnis pulsa yang sukses omsetnya bahkan bisa mencapai Rp100 juta per bulan lho.

Juragan juga bisa jualan pulsa pakai BukuWarung lho! Selain Jualan pulsa, Juragan juga bisa jualan token listrik hingga E-wallet juga. Tinggal download aplikasinya disini dan mulai jualan.

Baca juga : Cara Menjadi Agen Pulsa

atur keuangan usaha
  1. Usaha Warung Sembako

Warung sembako adalah sebuah usaha yang menghasilkan uang setiap hari karena erat kaitannya dengan kebutuhan pokok setiap orang. Sehingga usaha ini patut Anda coba dan cukup potensial. Apalagi jika Anda tinggal di lingkungan perumahan, dijamin toko sembakomu pasti laris pembeli.

Ada banyak barang-barang sembako yang bisa Anda jual, seperti produk makanan, minuman, mencuci, memasak, dan lainnya. Namun, supaya bisnis ini dapat bersaing di pasaran Anda harus bisa melakukan inovasi penjualan dan berani bersaing.

Misalnya, sebelum mulai menyetok barang, Anda harus mengadakan riset dahulu untuk mengetahui jenis barang yang paling dibutuhkan pelanggan. Selain itu, pemilihan lokasi yang strategis juga sangat berpengaruh.

atur keuangan usaha

Nah, untuk modalnya sendiri Anda bisa memulainya dengan modal Rp10 jutaan saja untuk membeli semua produk sembako beserta menyewa tempatnya. Angka tersebut tergolong kecil sebab penghasilan yang bisa Anda dapatkan dari usaha ini bisa mencapai Rp150 juta/bulan.

  1. Bisnis Agen Pembayaran

Nah, usaha yang cocok untuk pemula selanjutnya dan bisa dilakukan melalui gadget adalah bisnis agen pembayaran elektronik. Dengan membuka jasa ini tentunya memiliki peluang yang bagus dan sayang jika Anda lewatkan.

Tugas Anda di sini hanya sebagai perantara pembayaran berbagai transaksi elektronik seperti top up e-wallet, transfer uang antar bank, membayar tagihan listrik, air, TV kabel, telepon, dan lain sebagainya. nah, sangat menarik bukan?

Akan tetapi, perlu diingat juga bahwa jangan sampai Anda memberikan pelayanan berutang alias ngebon kepada pelanggan. Karena ini bisa menyebabkan mereka ketergantungan dan nantinya bisnis yang Anda jalankan juga beresiko gulung tikar. Selain itu, jangan lupa untuk rutin melakukan promo kecil-kecilan dan fokus pada layanan terbaik.

Baca juga : Peluang Bisnis Agen Pembayaran Online

  1. Jasa Desain Grafis

Nah, bila Anda punya skill membuat gambar-gambar vektor atau desain grafis, tentu sangat disayangkan bila usaha ini tidak dicoba. Hanya bermodalkan laptop dan koneksi internet, Anda bisa meraup modal yang terbilang cukup besar tergantung kualitas desain yang dihasilkan.

Bisnis ini memang tergolong masih baru seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin modern. Hal ini karena masyarakat sangat menyukai kepraktisan sehingga untuk memudahkan pekerjaannya yang berhubungan dengan desain, mereka pasti mencari jasa ini.

Selain desain vektor, usaha ini biasanya meliputi gambar sablon kaos, desain web atau blog, logo, brosur, kartu nama, banner iklan, dan masih banyak lainnya. Omset yang bisa diraih dari peluang usaha ini bisa mencapai Rp20 juta/bulan lho! Ditambah bisa dikerjakan dari rumah.

  1. Bisnis Kuliner Sehat atau Makanan Ringan

Contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing adalah berbisnis makanan atau minuman sehat. Tidak perlu mengolah jenis kuliner yang memerlukan bahan mahal. Camilan sehat berbahan ubi singkong atau kentang pun sangat diminati semua kalangan, baik anak-anak, remaja, maupun orang dewasa.

Tentu, buat Anda yang gemar memasak, ide bisnis ini akan sangat sempurna. Selain itu, modal bisnis ini juga tergolong kecil dan untung yang sangat melimpah. Nah, bila Anda masih seorang pemula, jajanan ini bisa mulai Anda tawarkan kepada rekan-rekan terdekat. Asal selalu pastikan rasa dan kualitas setiap produk terjamin mutunya.

Baca juga : Bisnis Franchise Makanan Terlaris

  1. Bisnis Toko Online atau Dropshipper

Di era digital seperti ini, melakukan transaksi secara online sudah menjadi hal yang wajar bagi mayoritas orang. Sehingga peluang membuka bisnis toko online atau dropshipper bisa jadi pilihan menariknya. Tidak perlu modal besar untuk menjalankan bisnis ini karena sebagai “dropshipper” Anda berperan sebagai penjual sekaligus pembeli produk.

Artinya, bisnis ini adalah menampung segala pesanan pelanggan kemudian Anda akan membelikan produk tersebut. Beberapa produk yang banyak diperjualbelikan antara lain, pakaian, tas, obat herbal, kerajinan daerah, hingga produk digital seperti laptop, smartphone, DVD, dan lain-lain.

Nah, agar bisnis sebagai dropshipper bisa untung banyak dan sukses maka Anda membutuhkan supplier produk yang handal pula. Nah, dari supplier ini pula Anda akan memperoleh informasi produk untuk dibagikan kepada pelanggan setiamu.

Baca juga : Peluang Bisnis Online 2022

  1. Les Privat

Selain usaha-usaha diatas, membuka jasa mengajar privat bisa menjadi pilihannya. Terlebih, jika Anda seorang mahasiswa yang ingin menambah tabungan untuk biaya kuliah.

Juragan bisa mengawali bisnis ini dengan membuka tempat les di rumah. Lalu, jika sudah semakin banyak murid yang kenal, tempat les tersebut pasti dengan sendirinya akan ramai didatangi para murid.

Nah, untuk modal les privat juga relatif kecil. Jika mendatangi langsung rumah murid, mungkin Anda hanya perlu menyediakan biaya transportasi. Namun, jika ingin membuka ruang les di rumah maka perlu menyiapkan alat tulis dengan modal dibawah Rp1 juta saja.

Itulah rekomendasi usaha yang cocok untuk pemula dengan modal kecil untung melimpah. Bahkan, beberapa diantaranya bisa dilakukan hanya bermodal gadget, koneksi internet, dan akun sosial media saja. Anda pun tak perlu khawatir, sebab aplikasi BukuWarung akan membantu Anda dalam memanajemen pengelolaan UMKM dengan lebih praktis dan efisien.

Sebagai aplikasi pembukuan keuangan, BukuWarung menyediakan beragam fitur yang menarik. Misalnya, buat Anda yang sedang membuka bisnis pertokoan, BukuWarung mampu membantu mengelola stok produk sehingga Anda tidak perlu mencatat manual lagi. Ingin mulai membuka usaha UMKM? Yuk, instal aplikasi BukuWarung di smartphone-mu!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download