Download Gratis
Butuh bantuan?

Tingkatkan Pemasukan Bisnis dengan 10 Cara Promosi Produk Berikut Ini!

“Bagaimana, ya, cara promosi produk yang bisa mendatangkan keuntungan besar?”

Bagi Juragan yang sedang menjalankan bisnis sendiri, pasti pernah terpikir pertanyaan semacam ini, terutama kamu yang baru merintis usaha mandiri. Tiap saat pasti memikirkan cara agar penjualan produk meningkat agar keuntungan yang didapat pun makin besar.

atur keuangan usaha
download aplikasi bukuwarung

Sebenarnya, ada banyak sekali cara untuk berpromosi. Pendekatan tiap jenis bisnis dalam berpromosi pun sangat variatif. Ada yang lebih suka menerapkan metode jemput bola (langsung mendatangi calon konsumen), namun ada juga yang memilih untuk memanfaatkan media sosial. Semuanya bergantung pada kebutuhan masing-masing.

10 Cara Promosi Produk yang Menarik

cara promosi produk

Nah, untuk Juragan yang masih bingung menentukan cara promosi produk, tak perlu bingung. Kali ini, BukuWarung akan membahas tentang cara promosi yang menarik, namun mudah untuk diterapkan. Yuk, simak bersama!

  1. Lakukan promosi secara online

Cara promosi produk yang paling efisien adalah dengan melakukan promosi online. Mengapa promosi online dinilai efisien?

Buat Toko Online Sendiri

Media online menyediakan beragam platform yang memungkinkan kamu melakukan promosi tanpa menghabiskan banyak waktu. Terlebih, sekarang ada beberapa platform online cuma-cuma yang bisa dipakai promosi, seperti media sosial.

Di media sosial, kamu bisa membuat berbagai konten menarik untuk menarik perhatian calon pembeli. Bisa juga dengan melibatkan followers, misalnya dengan mengajak mereka untuk repost konten tentang produk baru. Sebagai gantinya, mereka bisa mendapat diskon. Jika dilihat sekilas, sepertinya hanya followers yang untung. Namun, sebenarnya penjual juga bisa mendapatkan promosi gratis dari cara tersebut.

Baca Juga: Buat Konsumen Tertarik, Ini Dia Contoh Kalimat Promosi yang Mneghipnotis untuk Kamu Coba!

atur keuangan usaha
  1. Buatlah konsep yang berbeda

Selain untuk meningkatkan penjualan, promosi juga menjadi ajang untuk bersaing dengan para kompetitor. Pemenangnya tentu adalah pihak yang bisa menarik paling banyak pelanggan. Namun, bagaimana cara menarik pelanggan agar unggul dari para pesaing?

Saat melakukan promosi, buatlah konsep yang berbeda. Ada baiknya kamu menghindari cara promosi produk yang terkesan memaksa calon konsumen untuk membeli. Buatlah calon pembeli merasa terlibat agar mereka tertarik untuk membeli.

Contoh sederhananya adalah dengan mengadakan promo diskon khusus untuk nama tertentu. Bisa juga untuk orang-orang yang lahir di tanggal tertentu. Cara promosi produk seperti ini tidak hanya menarik perhatian calon konsumen, tapi juga membuatnya merasa dekat dengan brand kamu.  

atur keuangan usaha
  1. Gandeng influencer

Menggandeng influencer atau public figure adalah cara promosi produk yang sudah sangat sering diterapkan banyak perusahaan. Meski begitu, promosi yang melibatkan orang terkenal memang terbukti bisa mendatangkan penjualan dalam jumlah besar. Sebab, influencer pasti memiliki banyak sekali followers. Beberapa di antara mereka pasti terdapat calon konsumen potensial yang tertarik dengan jualanmu. 

Hanya saja, kamu perlu memerhatikan bujet para influencer. Tak jarang, mereka menetapkan bayaran tinggi untuk mempromosikan barang. terlebih jika mereka memang punya banyak sekali followers dan memang sudah punya jam terbang tinggi.

Baca Juga: Daftar Harga Terbaru Endorse Selebgram dan Artis Tahun 2022!

  1. Ikut berbagai event

Bagi kamu yang baru menjalankan bisnis, tak ada salahnya untuk melakukan metode jemput bola alias mendatangi calon konsumen langsung. Tenang, bukan berarti kamu harus mendatangi rumah mereka satu per satu, melainkan dengan mengikuti event seperti bazar atau pameran.

Dengan mengikuti event, kamu bisa bertemu langsung dengan calon konsumen potensial. Cara ini efektif untuk memperkenalkan barang jualanmu karena calon konsumen bisa langsung mencoba. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, pilihlah event yang sesuai dengan produkmu. Katakanlah kamu berjualan makanan ringan khas daerah, maka bisa mengikuti event dari Kementerian Pariwisata.

  1. Lakukan giveaway

Semua orang pasti senang jika mendapat hadiah, begitu pula para calon pembeli. Nah, kamu bisa manfaatkan hal tersebut sebagai strategi promosi produk.

Contoh promosi produk lewat giveaway adalah dengan mengadakan kuis. Nantinya, pemenang kuis akan mendapatkan giveaway. Hadiah tentu saja berupa produk atau bisa juga dengan memberikan voucher. Jadi, nantinya mereka akan melakukan transaksi pembelian.

  1. Pelopori gerakan amal

Konsumen akan cenderung tertarik pada bisnis yang memberikan manfaat kepada masyarakat atau lingkungan. Sebab, hal tersebut menandakan bahwa pemilik bisnis tidak sekadar berorientasi pada untung dan punya kepedulian terhadap sekitarnya.

Juragan bisa coba cara promosi produk dengan mengadakan gerakan amal. Misalnya, mencantumkan bahwa sekian persen keuntungan akan disumbangkan pada yayasan tertentu. Bisa juga dengan membuat produk baru yang mengajak para pembeli berdonasi.

  1. Berikan diskon

Selain hadiah atau giveaway, konsumen juga sangat suka dengan diskon. Alasan inilah yang membuat diskon selalu menjadi strategi promosi yang bisa menarik banyak calon pembeli.

Agar tidak berbalik menjadi rugi, sebaiknya diskon diberikan pada saat-saat tertentu saja. Bisa di saat brand berulang tahun atau mendekati hari besar seperti lebaran dan Natal. Dengan penghitungan yang tepat, diskon pun bisa mendatangkan lebih banyak pembeli, Gan!

  1. Tawarkan tester atau product sample

Pernah menemukan calon pembeli yang mulanya tertarik dengan barang jualanmu, tapi tiba-tiba tak jadi melakukan pembelian? Bisa jadi hal tersebut karena mereka merasa belum benar-benar mengenal produkmu. Jika sudah demikian, promosi seperti apa yang harus dilakukan?

Agar pembeli benar-benar mengenal barang jualanmu, coba sediakan tester. Cara ini bisa dicoba saat kamu mengikuti event seperti bazar atau pameran. Untuk produk baru, kamu bisa menyelipkan product sample di setiap pembelian yang dilakukan pelanggan.

Baca Juga: Selain Beri Product Sample, Ikuti Trik Peluncutan Produk Baru Berikut agar Produk Makin Dikenal!

  1. Berikan poin rewards

Cara promosi produk yang satu ini cocok diterapkan saat kamu ingin mempertahankan loyalitas pelanggan. Dalam program poin rewards, pelanggan yang sering melakukan pembelian berhak untuk mendapatkan benefit tertentu. Misalnya, mendapatkan satu produk gratis atau mendapat diskon.

Katakanlah Juragan punya bisnis es boba kekinian. Untuk setiap pembelian, pelanggan bisa mendapatkan satu stamp. Jika mereka berhasil mengumpulkan 10 stamps, berhak mendapatkan satu cup es boba secara cuma-cuma.

  1. Tawarkan produk bundling

Promo bundling juga bisa menjadi cara promosi produk yang efektif. Bundling adalah menawarkan beberapa produk sekaligus dalam satu paket. Hanya saja, harga yang diberikan lebih murah sehingga pembeli pun merasa untung.

Agar promo bundling mendatangkan banyak pembeli, jangan lupa buat konten di media sosial dengan kata-kata promosi produk yang menarik. Contohnya, “Promo bundling buy one get one, HANYA BERLAKU HARI INI.” Penambahan kata “hanya berlaku hari ini” akan membuat konsumen cepat-cepat melakukan pembelian agar tidak kehabisan barang.

Baca Juga: Jualan Online? Ikuti Cara Meningkatkan Penjualan di Marketplace Berikut agar Makin Cuan!

Dari cara promosi produk yang sudah dijelaskan di atas, mana yang sudah pernah kamu terapkan? Dalam melakukan promosi, kuncinya adalah kreativitas. Makin kreatif konten promosi yang Juragan buat, maka makin tertarik juga calon konsumen untuk melakukan pembelian.

Selain memikirkan strategi promosi, jangan lupa juga untuk memikirkan tentang keuangan usaha. Ada baiknya, pembukuan keuangan usaha dilakukan secara tertib. Jadi, kamu bisa mudah memantau kondisi keuangan usaha kapan saja. Semuanya bisa dilakukan dengan mudah lewat aplikasi BukuWarung. Download aplikasi BukuWarung, sekarang juga!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download