Download Gratis
Butuh bantuan?
download aplikasi bukuwarung

Terjun di Zona Red Ocean Market

Dalam dunia bisnis, pastinya Juragan tak asing dengan berbagai persaingan yang ketat dan kompetitif di dalamnya. Hal ini berkaitan dengan adanya strategi red ocean. Lalu apa itu red ocean market?

Bagi Juragan yang masih asing dengan istilah ini, maka Juragan perlu mengetahuinya terlebih dahulu agar dapat menentukan strategi yang tepat dalam berbisnis. Simak penjelasannya berikut ini!

atur keuangan usaha
download aplikasi bukuwarung

Apa itu Red Ocean Market? Ini Pengertiannya

Dalam dunia bisnis, istilah red ocean menjadi persaingan yang sangat wajar. Lalu apa itu red ocean market?

Red ocean dikenal sebagai strategi yang menggambarkan persaingan bisnis yang ada sangat ketat karena para pelaku usaha saling berebut pangsa pasar yang sama. Semakin banyak pelaku bisnis yang sama, maka semakin ketat pula persaingannya.

Dalam red ocean, terdapat beberapa pelaku usaha yang saling berusaha untuk mengalahkan kompetitornya untuk mendapatkan permintaan yang besar dari pangsa pasar, salah satunya dengan penawaran harga yang menarik.

Istilah mudahnya, red ocean ini menjadi strategi yang dilakukan oleh para pelaku usaha dengan menghalalkan segala cara untuk mengalahkan para kompetitornya.

Buat Toko Online Sendiri

Sedangkan red ocean strategy yang sering digunakan adalah untuk melawan dan mengalahkan pesaingnya sehingga butuh perjuangan dan usaha yang lebih sulit dan keras.  

Persaingan yang ketat inilah yang akhirnya membuat para pelaku usaha dihadapkan pada pilihan untuk membedakan produk atau menekan biaya produknya yang lebih rendah agar tidak mengalami kerugian.

Contoh red ocean yang sering kali terjadi seperti pada kasus ini, ada 2 pedagang mie ayam di suatu daerah yang jumlah pangsa pasarnya tak begitu banyak. Kemudian ada pedagang mie ayam baru yang ingin membuka usaha.

atur keuangan usaha

Melihat banyaknya pembeli mie ayam pada pedagang tersebut tentu membuat beberapa orang tertarik untuk menjual produk yang serupa.

Hingga akhirnya di daerah tersebut bisa saja ada 5 pedagang mie ayam. Hal inilah yang nantinya membuat para pedagang mie ayam ini saling berebut pelanggan. Untuk itu perlu strategi khusus agar penjualan tetap berjalan dengan stabil.

Apa kelebihan dan Kekurangan Red Ocean Market?

Red ocean memang sebuah persaingan yang seringkali terjadi. Apakah Juragan juga pernah merasakan hal ini? Nah, agar lebih memahami istilah ini, berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari red ocean :

atur keuangan usaha

Kelebihan red ocean market 

  • Penetrasi pasar lebih mudah

Bagi Juragan yang menjalankan usaha dengan yang sebelumnya sudah ada, tentu akan lebih mudah bagi pasar untuk menerima produk yang dijual.

Dengan begitu, Juragan dapat lebih mudah mengukur banyak atau sedikitnya produk yang telah digunakan oleh konsumen dibandingkan dengan jumlah total pasar untuk produk yang ditawarkan.

  • Permintaan konsumen sudah terlebih jelas

Dengan mudahnya penetrasi pasar, maka sudah jelas pula permintaan konsumen yang minat terhadap produk tersebut.

Semakin banyak konsumen yang menyukai produk Juragan, maka semakin besar pula permintaan konsumen terhadap produk yang dijual.  

  • Sudah adanya customer base sebelumnya

Customer base muncul karena adanya kelompok konsumen yang berulang kali membeli produk yang dijual. Hal inilah yang menjadi sumber utama pendapatan dari para pelaku usaha.

Hal ini juga yang memudahkan Juragan untuk menjual produk yang sama dengan yang sudah ada sebelumnya.

Kekurangan red ocean market 

  • Sudah ada market leader

Bagi Juragan yang ingin memulai suatu usaha yang sudah ada sebelumnya, tentu harus mewaspadai adanya market leader yang lebih dulu menjual produk yang sama seperti Juragan.

Tentunya para market leader ini telah memiliki pelanggan tetap dan sudah banyak dikenal oleh para konsumennya. Hal inilah yang menjadi salah satu kekurangan dari strategi ini.

  • Persaingan yang sengit

Banyaknya pesaing dalam sebuah usaha yang sama, tentu akan membuat persaingan usaha semakin sengit.

Setiap pelaku usaha tentu sama-sama memiliki keinginan untuk menjadi pemenang dengan mengalahkan pesaingnya.

Hal ini membuat para pelaku usaha harus menentukan untuk tetap bertahan dengan produk yang bernilai tinggi dengan harga yang lebih tinggi atau produk yang standar dengan harga yang lebih murah.

  • Harga jual kompetitif

Tak dapat dipungkiri bahwa red ocean strategy ini membuat para pelaku usaha melakukan berbagai cara untuk bisa mengalahkan pesaingnya.

Sangat wajar jika harga yang ditawarkan para pelaku usaha yang sedang bersaing ini memberikan harga jual yang kompetitif.

Untuk itu, setiap pelaku usaha yang bersaing dalam bidang yang sama tentunya memiliki cara tersendiri untuk menjadi pemenang dalam persaingan ini.

Tips Memenangkan Persaingan Red Ocean Market

Apabila Juragan sudah terlanjur terjun di zona red ocean, tentunya Juragan harus memiliki cara tersendiri agar dapat bertahan sekaligus memenangkan pangsa pasar dari ketatnya persaingan red ocean.

Tak salah jika Juragan membangun usaha dalam zona red ocean ini, hanya saja Juragan harus mampu bertahan di tengah beratnya para pesaing. Jika tak mampu bertahan, otomatis usaha Juragan akan tamat sampai di sini.

Nah, berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memenangkan persaingan red ocean :

  • Mencari SDM yang berkualitas

Untuk mengembangkan usaha, tentu juragan perlu memilah dan memilih SDM yang berkualitas untuk kemajuan usaha Juragan.

Tak hanya SDM yang memiliki kecerdasan secara akademik saja, tetapi juga SDM yang mampu bekerjasama dan bersinergi untuk kemajuan usaha Juragan.

Maka dari itu, Juragan perlu berhari-hari dalam merekrut karyawan untuk bergabung bersama tim Juragan.

  • Meminimalisasi biaya produksi

Dengan meminimalisasi biaya produksi, maka harga produk Juragan akan semakin kompetitif di pasaran. Dengan demikian, Juragan pun tetap mendapatkan keuntungan meskipun penjualan belum sepenuhnya stabil.

  • Menonjolkan ciri khas produk

Agar berbeda dengan produk kompetitor, Juragan juga perlu menonjolkan ciri khas yang dimiliki oleh produk Juragan, lho!

Hal ini sangat penting untuk mengenalkan produk Juragan dan membedakannya dengan produk kompetitor. Sehingga akan tercipta personal branding yang bagus pada usaha Juragan.

  • Memantau perkembangan bisnis kompetitor

Terjun di red ocean tentu saja membutuhkan usaha yang besar agar tetap bertahan di tengah banyaknya pesaing. Meskipun demikian, Juragan tetap bisa melakukan usaha yang tidak saling merugikan satu dan lainnya.

Dengan selalu memantau perkembangan bisnis kompetitor, maka Juragan pun bisa belajar dari kesalahan para pesaing dan menjadikannya pelajaran yang berharga untuk kemajuan usaha Juragan.

  • Menghadirkan inovasi terbaru

Salah satu cara yang perlu dilakukan agar Juragan tetap mampu bertahan di tengah ketatnya persaingan adalah dengan menghadirkan inovasi terbaru pada produk Juragan.

Juragan pun bisa menghadirkan produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen saat ini. dengan begitu pangsa pasar Juragan akan semakin luas.

  • Memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen

Untuk memberikan rasa nyaman kepada para konsumen, maka Juragan perlu memberikan pelayanan terbaik kepada setiap konsumen yang datang membeli produk Juragan.

Dengan begitu, maka konsumen akan lebih setia dan melakukan repeat order untuk membeli produk Juragan.

  • Mengunggulkan kualitas produk

Masuk ke zona red ocean tentu saja Juragan sudah siap untuk bersaing detat dengan para kompetitor lainnya. Untuk tetap bertahan dalam usaha ini, maka Juragan juga bisa mengunggulkan kualitas pada produk.

Dengan keunggulan yang ada, maka hal ini akan membuat produk Juragan lebih istimewa dibandingkan dengan lainnya.

Bagi Juragan yang sudah terlanjur menjalankan usaha di zona red ocean market, maka Juragan perlu menjalankan tips-tips di atas agar usaha Juragan tetap bertahan di tengah kuatnya persaingan.

Untuk mendukung usaha Juragan saat ini, maka Juragan bisa menggunakan aplikasi BukuWarung sebagai aplikasi yang memudahkan Juragan dalam memonitor keuangan, terutama dalam menjalankan usaha.

Aplikasi ini akan memudahkan Juragan dalam memantau mencatat keuangan di mana saja dan kapan saja, karena dapat dilakukan melalui smartphone. Download aplikasinya sekarang juga melalui website kami hanya di link berikut!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download