Download Gratis
Butuh bantuan?
download aplikasi bukuwarung

Sepatu Compass, Sneakers Lokal Anak Bangsa

Belakangan ini, sepatu lokal kian banyak diminati karena kualitasnya yang tak kalah dengan brand internasional, apa lagi kalau bukan Sepatu Compass. Meskipun bukan brand baru, akan tetapi sepatu ini tetap tak kalah dengan pesaing-pesaingnya.

Selain tetap mempertahankan kualitas produk, Compass juga hadir dengan banyak pilihan. Hal inilah yang menjadikannya salah satu brand lokal yang banyak diincar banyak orang.

atur keuangan usaha
download aplikasi bukuwarung

Sosok di Balik Kesuksesan Sepatu Compass

Awalnya, Compass merupakan brand Gazelle Sport yang telah berdiri sejak tahun 1988 oleh Alm. Kahar Setiadi di bawah naungan PT. Kompas Mas.

Kemudian sepeninggalan beliau, anaknya bernama Kahar Gunawan pun melanjutkan bisnis ini dengan brand Sepatu Compass. Bahan yang digunakan untuk sepatu ini adalah kain twill yang diklaim berkualitas internasional.

Dari tahun ke tahun perkembangannya, Compass mengalami pasang surut dan penjualan yang kurang stabil. Hal ini pun membawa Compass untuk menggandeng Aji Handoko Purbo sebagai creative director pada tahun 2017.

Sejak kehadiran Aji, brand Compass pun sukses membawa perubahan baru untuk melakukan brand Compass.

Buat Toko Online Sendiri

Sebelum bergabung dengan Compass, Aji juga sudah memiliki banyak pengalaman dalam mendesain sepatu. Bahkan Ia mengawali karirnya sebagai penjaga toko sepatu di Plaza Semanggi, Jakarta.

Sejak saat itu, Aji pun memiliki banyak relasi dengan orang-orang yang berbisnis dalam bidang sepatu. Kemudian, Ia mendapat tawaran untuk desain berbagai sepatu yang mendapatkan perhatian.

Hal inilah yang membuat Gunawan sebagai pemilik Compass tertarik untuk berkolaborasi dengan Aji. Kerja keras mereka membangun Compass pun membawa hasil sehingga brand lokal ini mampu bersaing dengan brand internasional.

atur keuangan usaha

Perjalanan Sukses Sepatu Compass

Untuk mencapai kesuksesan seperti sekarang ini, Compass telah mengalami berbagai perjalanan yang tak mudah untuk dilewati.

Banyak proses panjang yang harus dilalui Compass, akan tetapi tekad dan usaha yang keras akhirnya memberikan hasil yang memuaskan. Penasaran dengan perjalanan sukses sepatu ini? Simak kisahnya yuk!

Rebranding Compass sesuai visi dari ayah

Sepatu Compass lahir dari keinginan Kahar Gunawan untuk membangun kembali pabrik sepatu sepeninggalan ayahnya Alm. Kahar Setiadi yang pernah memiliki brand bernama Gazelle Sport.

atur keuangan usaha

Hal inilah yang membuat Gunawan memiliki tekad yang kuat untuk mengembangkan Compass sebagai brand anak bangsa yang berkualitas tinggi.

Sehingga pada tahun 2018, Compass pun ditata ulang dengan sentuhan vintage yang tetap mempertahankan akar sejarahnya dari brand sebelumnya, melalui Gazelle Identity.

Perlahan bangkit dari keterpurukan

Menata ulang brand Compass tentu bukan sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Bahkan Gunawan pernah mengalami masa-masa sulit dalam bisnisnya.

Bagaimana tidak? Gunawan sudah hampir menyerah karena bisnisnya yang belum stabil itu sering ditinggalkan oleh rekan bisnisnya yang sudah bisnis.

Akan tetapi Gunawan tetap berusaha untuk rebranding Compass agar dapat berkembang dan banyak diminati masyarakat. Usahanya mempercayakan Aji sebagai creative pun mulai membuahkan hasil.

Kolaborasi dengan berbagai bidang

Semakin berkembangnya Compass di bidang fashion sepatu, tentu banyak inovasi yang dilakukan agar brand ini tetap dapat mempertahankan kualitas dan eksistensinya.

Compass pun mulai berkolaborasi dengan influencer bernama Brian Notodihardjo yang akhirnya membuat nama brand lokal ini melambung tinggi dengan merilis Compass Bravo.

Kemudian dilanjutkan dengan kolaborasi Compass dengan media komunitas denim, Darahku Biru. Kolaborasinya kali ini menciptakan karya Pop Meet Pop dan Sepatu Compass Vintage 98 yang didesain oleh Old Blue Co.

Pada tahun 2020, Compass semakin kuat saat berkolaborasi dengan Kelompok Penerbang Roket, band asal Jakarta. Sepatu yang dibuatnya pun menunjukkan kepribadian setiap personel band ini.

Bahkan kolaborasi ini diluncurkan dengan cara yang sangat unik melalui tur Collaboration Meroket yang digelar di Surabaya, Bandung, Makassar, Bali, dan Jakarta.

Dikenal dengan istilah “Sepatu Gaib”

Seiring dengan mulai berkembangnya Compass dan beberapa kolaborasinya yang menarik tentu membuat brand lokal ini semakin diburu oleh banyak orang.

Hal inilah yang membuat Compass ini dijuluki sebagai Sepatu Gaib. Selain berkualitas tinggi dan harganya yang terjangkau, sepatu ini juga memiliki tipe atau model yang langka sehingga banyak diminati.

Tak jarang di setiap kali rilis, sepatu ini bisa habis dalam hitungan jam, lho!   Hal ini terbukti dari dari keikutsertaan Compass pada event Jakarta Sneakers Day

Pada event itu, sepatu kolaborasinya dengan Briant “Compass Bravo” malah ludes terjual hanya dalam durasi 1,5 jam. Sangat mencengangkan ya Juragan!

Beberapa Pilihan Produk Best Seller Sepatu Compass

Didukung dengan strategi marketing dan produksi yang bagus, akhirnya Compass pun bisa sesukses sekarang ini, lho! Compass pun mengusung tagline “Sepatu Rakyat” dan “Teman Compass” bagi para pecinta brand lokal yang satu ini.

Nah, berikut adalah beberapa pilihan produk best seller dari Compass, apa saja sih?

1. Compass Gazelle

Sepatu Compass pertama yang dirilis pada tahun 2017 adalah Compass Gazelle. Model sepatu ini terdiri atas model high dan low. Karakteristiknya yang unik membuat sepatu ini dikenal sebagai Sepatu Compass vintage era 40-an.

2. Compass x Elders

Pada 2018 lalu, Compass juga berkolaborasi dengan brand lokal yaitu Elders Company. Desain sepatu ini terinspirasi dari beberapa ide populer di tahun 40-60 an. Seri ini pertama kali dibuat untuk dipakai pada event Yokohama Hotrod Custom Show

3. Compass Bravo

Selanjutnya pada tahun 2019, Compass merilis sepatu seri Bravo yang merupakan kolaborasinya dengan influencer Brian Notodiharjo.

Sneakers ini dibalut dengan nuansa militarian dan masih didominasi dengan bentuk klasik dari Gazelle. Perbedaannya terletak pada extra buckle warna hijau army pada bagian atas siluet Gazelle.

4. Compass Research & Destroy (R&D) Proto

Seri ini termasuk salah satu seri Compass yang banyak dicari setelah rilis tahun 2019. Bahkan untuk mendapatkan sepatu ini harus melalui undian secara offline, sedangkan penjualan online telah ludes terjual dalam hitungan menit.

5. Compass x Pot Meets Pop

Seri kolaborasi Compass dengan Darahku Biru juga banyak diincar oleh pecinta sneakers. Desain pada sepatu ini sangat unik yang dikombinasi dengan warna hijau pekat dan adanya doodling.

Meskipun demikian, sepatu ini juga tetap tidak meninggalkan ciri khas klasik dari Sepatu Compass ori.

6. Compass x Oldblue.co

Model Sepatu Compass vintage juga ada pada seri ini. Model sepatu ini berbentuk boots yang klasik dengan ornamen kulit sapi. Sepatu ini juga diproduksi secara terbatas, sehingga cukup sulit didapatkan.

7. Compass seri Low “Indonesia Hebat”

Dirilis pada sebelum HUT RI ke 74, Sepatu Compass seri ini berhasil menarik perhatian banyak orang. Seri ini menawarkan 2 pilihan warna yaitu merah dan putih.

Ciri khas lain dari sepatu seri ini adalah adanya tulisan Indonesia Bersatu pada bagian upper. Keren banget ya Juragan!

Perjalanan bisnis tentu akan mengalami lika-liku yang harus bisa dilewati. Perjalanan sukses Sepatu Compass ini bisa menjadi inspirasi bagi Juragan yang ingin memulai bisnis, lho!

Nah, untuk mengontrol stabilitas keuangan Juragan dalam berbisnis,maka Juragan perlu membuat catatan keuangan yang tertulis rinci, lho!

Kalau sekarang sih Juragan tak perlu menulisnya di buku atau laptop, karena saat ini kami telah menyediakan aplikasi BukuWarung untuk para pebisnis seperti Juragan.

Gimana sih cara download aplikasi BukuWarung? Nah, cara downloadnya mudah banget lho, cukup kunjungi website kami hanya di www.bukuwarung.com atau melalui Play Store ya!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download