Download Gratis
Butuh bantuan?
download aplikasi bukuwarung

Rekomendasi Menu Buka Puasa

Menu buka puasa ketika bulan Ramadhan sering dicari oleh kebanyakan ibu rumah tangga di luar sana. Menemukan menu untuk berbuka puasa memang hal yang perlu dipikirkan dengan matang supaya tidak salah dalam memberikan hidangan kepada keluarga tercinta.

Sebagai ibu dan istri memang perlu sebijak mungkin untuk mencari menu apa yang enak untuk dicoba setiap harinya di bulan ramadhan. Jadi, keluarga akan semakin semangat nih untuk berbuka puasa.

atur keuangan usaha
download aplikasi bukuwarung

Jadi, bingung mencari inspirasi menu untuk berbuka puasa besok? Tenang, tenang! Berikut adalah rekomendasi menu untuk buka puasa yang cocok dimasak saat bulan ramadhan.

Baca juga : Bacaan Niat Puasa Ramadhan

Rekomendasi Menu Buka Puasa

1. Udang Kuah Asam Manis

Pertama, ada udang kuah asam manis yang merupakan hidangan buka puasa menarik untuk disajikan kepada keluarga. Ketika Juragan mencoba memasak ini saat buka puasa, dijamin anak dan suami pasti akan lebih bersemangat menyantap hidangan buka puasa.

Masakan satu ini memiliki rasa yang gurih, asam namun menyegarkan sesuai dengan namanya. Cara memasak menu satu ini juga mudah karena Juragan hanya perlu siapan bumbu dapur, udang, jamur dan wortel lalu olah dengan menambahkan belimbing wuluh untuk tambahan rasa asamnya.

Buat Toko Online Sendiri

2. Daging Lada Hitam

Daging sepertinya menjadi menu wajib dan andalan yang sering dimasak di bulan Ramadhan. Selain mengandung protein, daging sendiri adalah menu yang kaya dengan vitamin dan rasanya begitu lezat. Juragan bisa mengolah daging menjadi bentuk bola-bola dengan menghaluskannya.

Selanjutnya, Juragan bisa nih atur sendiri mengenai tingkat supaya tetap enak dinikmati. Selain daging dan tepung, bahan yang harus Juragan siapkan lainnya adalah rempah-rempah, kecap manis, tomat, lada hitam dan margarin.

3. Tumis Brokoli Bakso Sapi

Kalau malas untuk mengolah daging namun ingin sekali ada menu yang mengandung protein, Juragan bisa memasak tumis brokoli dengan menggunakan bakso sapi. Menu buka puasa satu ini sangatlah praktis untuk diolah.

atur keuangan usaha

Selain itu, rasa hidangannya juga dijamin lezat, anak dan suamipun pasti akan menyukainya.  Juragan hanya memerlukan brokoli, kecap manis, bumbu dapur dan bakso sapi kemudian tumis sampai matang bersama bumbunya.

4. Semur Ayam

Semur ayam juga bisa menjadi menu buka puasa rumahan  yang cocok disantap ketika berbuka puasa. Masakan satu ini sangatlah praktis  diolah dan tidak butuh waktu untuk memasaknya. Ayam sendiri merupakan bahan dengan kandungan protein bagus sehingga bisa mengembalikan energi Juragan setelah lelah berpuasa.

Jika Juragan ingin hidup lebih sehat lagi, coba deh untuk memilih dada ayam namun jangan sertakan kulitnya. Selain ayam, siapkan rempah-rempah, ketumbar, merica, gula aren dan tidak lupa kecap manis.

atur keuangan usaha

Baca juga : Jualan Paling Laris di Bulan Ramadhan

5. Ikan Mujair Bakar

Alternatif  dari ayam yang mengandung protein namun harganya cukup murah dan bisa dijadikan sebagai menu buka puasa pedas adalah ikan mujair bakar. Ikan sendiri cukup mudah untuk ditemui di berbagai toko sayur dan pasar-pasar tradisional.

Mengolah ikan mujair bakar sendiri sangat mudah kok karena Juragan bisa menyiapkam bumbu rempah, mentega dan kecap manis. Oh ya, sebelum membakarnya, pastikan jika Juragan membersihkannya dengan cermat.

Nah, jika Juragan tidak mau bau lumpur masih tercium dari ikan mujaer, maka gunakanlah perasan lemon maupun jeruk nipis. Pastikan Juragan membuang insang maupun jeroan karena itulah yang membuat bau ikan mujair menjadi amis.

6. Tumis sawi udang

Mau mengkombinasikan seafood dan sayur? Coba deh masak tumis sawi udang. Ketika Juragan berpuasa, tubuh tentu saja membutuhkan serat supaya pencernaan menjadi lancar. Nah, tumis sawi udang ini bisa jadi alternatifnya.

Sawi sendiri adalah sayuran yang mudah sekali matang, jadi  supaya rasanya tidak begitu hambar, maka menambahkan udang kupas adalah pilihan paling tepat. Dijamin menu buka puasa satu ini membuat keluarga makin semangat menyantap makanan.

7. Rendang Kentang Jamur

Kalau Juragan tidak suka mengolah daging namun ingin sekali memasak rendang yang enak, coba saja diganti dengan menu buka puasa rumahan kentang dan jamur. Menu rendang kentang jamur sendiri sangat cocok disantap ketika berbuka puasa, bahkan bisa disajikan ketika Hari Raya Idul Fitri, lho!

Juragan hanya perlu siapkan bumbu rempah, irisan kentang dan jamur. Kemudian olah dan sesuaikan tingkat kepedasan sesuai dengan selera Juragan.

8. Capcay Kuah

Terakhir, ada menu buka puasa berkuah capcay kuah yang menjadi hidangan favorit untuk disajikan ketika berbuka puasa. Capcay kuah sendiri memiliki rasa yang  lezat dan segar sehingga buka puasa menjadi lebih terasa nikmat.

Suami dan anak pasti akan ketagihan karena rasanya yang segar dan enak. Apalagi, membuat capcay kuah juga tidak terlalu sulit. Juragan hanya perlu menyiapkan sawi hijau, kembang kol, wortel, sawi putih, udang , irisan ayam, bakso dan cakwai lalu tumis dengan bumbu.

9. Kolak

Kolak menjadi menu buka puasa manis yang jangan sampai dilewatkan, ya! Rasanya sangat gurih dan manis, cocok menemani buka puasa keluarga. Juragan bisa membuat kolak pisang dengan divariasikan beberapa isi lainnya. Kolak sendiri juga sering dijadikan sebagai menu buka puasa takjil.

Apakah menu buka puasa di atas membuat Juraga menjadi tertarik untuk bisnis? Boleh lho ide di atas menjadi inspirasi Juragan untuk berbisnis. Gunakan aplikasi bernama Buku Warung untuk kelola keuangan bisnis Juragan!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download