Download Gratis
Butuh bantuan?
download aplikasi bukuwarung

Melihat Prospek Bisnis PPOB di Indonesia Tahun 2023

Penasaran bagaimana prospek bisnis PPOB tahun 2023? Simak penjelasan lengkapnya dalam artikel ini!

Bisnis PPOB semakin diminati terutama setelah pandemi. PPOB (Payment Point Online Banking) atau bisa disebut juga Produk Digital merupakan sistem pembayaran online yang bekerja sama dengan perbankan. Sistem ini menawarkan sebuah bisnis pembayaran online untuk kemudahan membayar berbagai tagihan seperti internet, telepon, listrik, PDAM, iuran BPJS, cicilan dan lainnya.

atur keuangan usaha
download aplikasi bukuwarung

Mengapa Bisnis PPOB Menggiurkan?

Bisnis PPOB adalah peluang usaha paling diminati masyarakat Indonesia saat ini. Mengapa demikian?

  1. Kita tidak perlu berpikir akan mengalami kerugian karena bisnis ini hanya membutuhkan modal kecil dan bisa dilakukan dari rumah. Bisnis ini sangat mudah dijalankan dari anak muda hingga orang tua. Di beberapa aplikasi penjualan PPOB seperti BukuWarung, kita bisa menentukan sendiri berapa harga jual agar untung. Kita juga tidak perlu membeli produknya terlebih dahulu sehingga tidak perlu takut jika penjualan tidak stabil.
  2. Dalam bisnis PPOB, kita tidak perlu mencari target pemasaran karena produk-produknya sudah menjadi kebutuhan masyarakat umum. Produk bisnis PPOB biasanya berupa pembayaran tagihan listrik, air, iuran internet, BPJS, cicilan, kartu kredit, pembelian pulsa, paket data internet, isi ulang e-money, dll. Makanya kita tidak perlu takut kesulitan mencari konsumen karena sudah menjadi kebutuhan masyarakat. Masyarakat sendiri pun biasanya lebih memilih untuk menggunakan jasa terdekat agar tidak repot.

Baca juga : Wajib Tahu! Vendor Penyedia Bisnis PPOB Resmi

Melihat Prospek Bisnis PPOB 2023

Tahun 2023 sudah semakin dekat. Saatnya mencari peluang bisnis untuk tambahan penghasilan. Jika Juragan tertarik dengan prospek bisnis PPOB, lihat alasan bisnis ini menjadi primadona di tahun depan:

1. Pangsa Pasar yang Luas

Berbeda dengan bisnis digital lainnya, target konsumen bisnis PPOB sangat luas dan jelas. Semua rumah pasti menggunakan listrik dan beberapa menggunakan PDAM. Tidak perlu jauh-jauh mencari konsumen, Juragan bisa menawarkan pada tetangga di sekitar rumah. Tetangga merasa terbantu, Juragan pun dapat untung. Apalagi setiap rumah kini pasti dilengkapi listrik dan harus membayar tagihan atau membeli token listrik. Selain listrik dan PDAM, bisnis PPOB juga menyediakan pembayaran iuran BPJS, asuransi, hingga kredit barang. 

Buat Toko Online Sendiri

Pada tahun 2022, sekitar 72% masyarakat Indonesia diklaim telah menggunakan smartphone secara aktif dan sebanyak 201 juta orang telah mengakses internet. Artinya, prospek bisnis PPOB semakin besar dengan target yang luas. Juragan bisa menawarkan pembayaran iuran internet, menjual paket data, pulsa, hingga voucher game. 

Dengan layanan terlengkap dan pangsa pasar yang luas, jumlah konsumen bisa menjadi lebih besar. Juragan tidak perlu bingung mencari konsumen karena siapa pun yang perlu membayar listrik atau melakukan rangkaian pembayaran lainnya berpotensi jadi pelanggan. 

2. Sistem PPOB yang Mudah

Bisnis PPOB menjadi salah satu peluang usaha online yang paling diminati dengan sistemnya yang mudah. Bisnis PPOB menjadi penting terutama bagi masyarakat yang tinggal jauh dari loket pembayaran resmi atau tempat pembelian produk digital. Juragan hanya perlu memasukkan data konsumen saat menjual produk PPOB.

atur keuangan usaha

3. Komisi yang Menguntungkan

Alasan lain bisnis PPOB menjadi peluang usaha yang paling diminati adalah komisi yang menguntungkan. Semakin banyak pelanggan dan penjualan, semakin besar pula jumlah keuntungan yang bisa didapatkan.

Contohnya jika setiap pembelian atau pembayaran Juragan memperoleh komisi sebesar Rp2.000 dan dalam sehari ada 100 pelanggan, Juragan bisa mengumpulkan Rp 200 ribu. Jika jumlah konsumen semakin besar, keuntungan yang didapat akan semakin banyak.

4. Kemudahan Pembayaran di Satu Tempat

Bayangkan kerepotan perjalanan menuju loket resmi yang memakan waktu ditambah dengan antri panjang jika tidak ada bisnis PPOB di sekitar. Dengan banyaknya produk PPOB, Juragan dapat menyediakan satu loket pembayaran yang dekat dengan rumah untuk mempermudah masyarakat membayar berbagai tagihan bulanan. 

atur keuangan usaha

5. Membantu Masyarakat

Meskipun jumlah pengguna internet naik, tidak semua masyarakat memiliki akses internet atau aplikasi pembayaran sendiri. Bisnis PPOB bisa membantu mereka yang tidak memiliki internet atau tidak memiliki dan tidak paham aplikasi pembayaran. 

6. Bisnis yang Fleksibel

Jika bisnis biasanya harus memiliki toko, dengan bisnis PPOB Juragan tidak perlu menyewa atau membuka toko karena bisa dilakukan dari rumah. Jam dan hari buka pun fleksibel sesuai keinginan. Bisnis ini tidak terikat dengan waktu, bisa disesuaikan jika bisnis ini jadi usaha sampingan.

Juragan juga bisa melakukan pembayaran jarak jauh. Konsumen hanya perlu menghubungi Juragan via chat dan Juragan bisa langsung memproses pesanan secara online. Konsumen hanya perlu mentransfer secara online.

7. Modal Kecil

Untuk memulai bisnis PPOB, Juragan tidak memerlukan modal yang banyak. Cukup menyediakan Saldo untuk menjual produk PPOB dan printer untuk mencetak tanda pembayaran untuk penjualan secara offline. Juragan juga tidak perlu menyediakan modal sewa tempat karena bisa dilakukan di rumah. Untuk pembelian online, Juragan biasanya hanya butuh mengirimkan bukti bayar secara online.

Tertarik untuk memulai bisnis PPOB? Pastikan Juragan memilih vendor yang tepat seperti BukuWarung. Juragan hanya perlu isi ulang saldo untuk menjual berbagai produk PPOB seperti pulsa, paket data, voucher game, iuran BPJS dan internet, tagihan listrik, PDAM, BPJS, hingga cicilan. 

Selain itu, ada akan ada banyak promo menanti untuk setiap pembayaran produk PPOB loh! Download BukuWarung di sini atau mulai jualan PPOB di sini.

Dengan banyaknya keuntungan dan manfaat bisnis PPOB, tidak heran usaha ini semakin diminati. Bisnis PPOB juga cocok dijadikan sebagai usaha sampingan karena tidak memakan banyak waktu dan tempat. Kapan lagi bisa dapat tambahan penghasilan dengan modal kecil?

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download