Download Gratis
Butuh bantuan?
download aplikasi bukuwarung

Peluang Bisnis Jasa Penulis Artikel

Bagi Juragan yang gemar menulis, ternyata dari hobi sederhana bisa menjadi income tambahan. lho! Siapa sangka jika kegemaran menulis bisa berubah menjadi pendapatan dengan membuka jasa penulis artikel. Bahkan, banyak dari penulis yang mampu menghasilkan pendapatan melebihi gaji pekerjaan utamanya.

Semakin berkembangnya era digitalisasi, berdampak pula pada sector bisnis. Kini strategi pemasaran tidak hanya dilakukan secara offline atau konvensional, pun alasannya masih terdapat kelemahan seperti jangkauan pasar yang terbatas. Sedangkan pemasaran secara online akan menjangkau pasar sangat luas dalam hitungan menit.

atur keuangan usaha
download aplikasi bukuwarung

Hal itulah yang menjadi alasan, bahwa pemasaran lewat untaian kalimat harus bisa menggugah minat audiens (persuasive). Tujuannya supaya mereka segera mengambil tindakan dan membeli produk atau jasa tersebut. Nah, peluang bisnis jasa satu ini bisa membantu pengusaha yang kurang mahir mengolah kalimat persuasive.

Keuntungan Jasa Penulis Artikel

Siapapun yang suka menulis wajib mencoba peruntungan bisnis ini, sebelum lebih jauh sebaiknya mengetahui sederet keuntungan lebih detailnya berikut ini:

1. Jam Kerja Fleksibel

Sama halnya dengan kerjaan sampingan lainnya yang bersumber dari kegemaran atau hobi, menjadi penulis paruh waktu tentu tidak terikat pada waktu. Kecocokan inilah yang membuat banyak karyawan mencoba peruntungan disela-sela pekerjaan utama mereka di kantor.

Dapat kita ketahui jika karyawan kantor harus bekerja dengan banyak peraturan yang harus dipatuhi, seperti bekerja 8-9 jam dalam sehari dari pagi hari hingga malam hari. Belum lagi jika mengharuskan untuk melakukan lembur. Menjadi penulis artikel lepas, Juragan bisa bekerja kapanpun asalkan tenggat waktu telah disepakati bersama dengan klien.

Buat Toko Online Sendiri

2. Tempat Bekerja Fleksibel

Selain dapat dikerjakan kapanpun asalkan sesuai dengan batas waktu yang telah disepakati bersama klien, pun penulis dapat menyelesaikan pekerjaan dimanapun. Sehingga tempat bekerja sangat bisa disesuaikan dengan kondisi saat itu. Mungkin bisa mengerjakan di rumah, kafe, tempat nongkrong atau dibawa berlibur sekalipun selama masih terhubung dengan jaringan internet.

Apa tujuan butuh internet? Sebab pengetahuan kita terbatas, ilmu sangat kompleks bahkan di luar apa yang pernah kita pelajari. Supaya bisa menuliskan artikel sesuai dengan konsep klien, Juragan butuh bantuan mbah Google.

3. Income Cukup Menjanjikan

Setiap pekerjaan pada dasarnya dapat menjanjikan income besar jika dikerjakan dengan sungguh-sungguh. Demikian juga dengan menjadi penulis artikel, penulis bisa meraup banyak keuntungan ditambah bisa secara mandiri mendirikan agency menulis. Menariknya lagi, jenis jasa penulis artikel SEO bisa menghasilkan income puluhan hingga ratusan juta rupiah tergantung besarnya project permintaan klien.

atur keuangan usaha

Bayangkan saja jika dalam 100 kata dibanderol harga Rp2500-5000, coba ambil rata-ratanya Rp4000 per artikel 100 kata. Juragan menuliskan 10 artikel 500 kata per harinya, maka pendapatan menjadi:

10 x (5 x Rp4000) = Rp200.000/ per hari. Dalam satu bulan misalnya mengambil 24 hari kerja efektif, maka Rp200.000 x 24 = Rp4.800.000, -. Income yang didapatkan sangat fantastis mengingat modal yang minim. Harga bisa disesuaikan kembali tergantung tingkat kesulitan materi atau konsep yang diinginkan klien.

4. Perbanyak Ilmu Pengetahuan

Jika Juragan sudah berkecimpung dalam dunia menulis artikel, tentu merasakan bahwa ilmu semakin bertambah. Hal itu dikarenakan penulis mau tidak mau melakukan banyak research untuk menghasilkan sebuah tulisan yang punya value. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa ilmu pengetahuan sangat kompleks dan apa yang kita pelajari masih bangian terkecilnya. Bukan tidak mungkin daya pikir Juragan semakin berkembang, bukan?

atur keuangan usaha

Peluang Jasa Menulis Artikel

Nah, sekarang saatnya mengetahui bahwa banyak seklai peluang jasa menulis yang bisa Juragan lirik agar hobi menulis bisa tersalurkan jauh lebih baik. Berikut referensinya:

Penulis Buku

Menjadi seorang penulis buku memang tidak mudah, perlu ada jam kerja tinggi untuk mengetahui cara menulis yang benar. Juragan bisa menjadi penulis buku fiksi, seperti novel, kumpulan cerpen. Sedangkan buku non fiksi seperti buku motivasi, panduan, tips trik dan lain sebagainya. Semua tinggal disesuaikan dengan minat dan ilmu yang telah didapat, karena apa yang ditulis harus bisa dipertanggung jawabkan.

SEO Writer

Jenis penulis artikel ini telah kita bahas sebelumnya, SEO atau Search Engine Optimization merupakan suatu teknik mengoptimasi sebuah website agar berhasil masuk ke daftar ranking teratas di laman pencarian google. Tugas penulis yakni menerapkan teknik SEO ke dalam artikel, berdasarkan keyword, meta deskripsi, hingga tatanan headings agar Google bisa mendeteksi bahwa website tersebut layak masuk laman pertama.

Social Media Writer

Penulis media sosial kebanyakan diisi oleh remaja yang lebih banyak mengetahui seluk beluk sosial media terbaru. Tugas penulis ini ialah mamtu memanage konten menarik dengan memanfaatkan berbagai media sosial, seperti facebook, Instagram, youtube hingga tiktok. Konten yang ditulis harus relevan dengan format tiap media sosial agar mudah dipahami oleh audiens.

Blog Writer

Profesi blogger tentu tidak asing di telinga kita. Benar, seorang blogger pada dasarnya sama dengan penulis yang menggunakan media blog sebagai wadah menyalurkan karya tulisan. Banyak blog yang berhasil besar, seperti Detik.com, Kumparan, Hipwee dan masih banyak lagi. Mereka berhasil membawa suatu website unik dan informatif bagi pembaca. Jika blog atau website sudah besar dan punya nama, mereka biasanya memasang Google Ads untuk menambah income. Wah, menarik dan menggiurkan ya!

Penulis Buku

Menjadi seorang penulis buku memang tidak mudah, perlu ada jam kerja tinggi untuk mengetahui cara menulis yang benar. Juragan bisa menjadi penulis buku fiksi, seperti novel, kumpulan cerpen. Sedangkan buku non fiksi seperti buku motivasi, panduan, tips trik dan lain sebagainya. Semua tinggal disesuaikan dengan minat dan ilmu yang telah didapat, karena apa yang ditulis harus bisa dipertanggung jawabkan.

Copywriter

Bisnis penulis lepas yang sedang naik daun salah satunya Copywriter. Profesi seperti apa itu? Copywriter punya tugas menuliskan artikel dengan tujuan mempromosikan san memasarkan produk atau jasa suatu klien/ perusahaan. Terlebih bila Juragan berhasil membantu pemasaran sebuah start-up dengan jam kerja yang sangat fleksible dan pendapatan yang bisa tetap per bulannya.

Script Writer

Naskah merupakan senjata utama untuk membantu pemeran memahami konsep dan mudah diungkapkan kembali kepada khalayak. Naskah berupa tulisan teks yang ditulis berdasarkan konsep, dalam artikel terdapat kalimat aktif untuk memudahkan pemeran menceritakan kembali. Teks naskah juga bisa diubah dalam bentuk novel, lho!

Wah, ternyata jasa penulis artikel bisa menghasilkan income besar bila dikerjakan sungguh-sungguh, ya! Juragan bisa memulai bisnis tersebut dengan mengikuti beberapa kelas pelatihan atau seminar agar semakin punya value lebih di mata klien. Kompetensi yang tinggi dalam menulis pun bisa semakin meningkatkan harga jual jasa. Eits! Sebelum mulai bisnis, pastikan Juragan punya strategi mengelola keuangan pakai aplikasi BukuWarung.

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download