Download Gratis
Butuh bantuan?

Mudah Kelola Stok dengan Aplikasi Stok Barang BukuWarung

Bagi pemilik UMKM yang menjual produk berupa barang, manajemen stok yang baik tentu sangat penting. Sayangnya, masih banyak UMKM yang melakukannya secara manual, padahal kini hal tersebut bisa dilakukan secara lebih mudah dan cepat pakai aplikasi Stok Barang BukuWarung.

Sebagai perusahaan teknologi dengan misi memajukan bisnis 60 juta UMKM Indonesia, BukuWarung secara konsisten menghadirkan solusi. Salah satunya diwujudkan lewat layanan pengelolaan stok barang, Gan. Penasaran dengan informasi lengkap seputar mudahnya kelola stok bisnis dengan aplikasi Stok Barang BukuWarung? Yuk, simak informasinya berikut ini!

atur keuangan usaha
download aplikasi bukuwarung

Pentingnya mengelola stok barang dengan baik

Photo credit: Pxfuel

Mengelola stok barang dengan baik membantu bisnis berjalan lancar dan dapat berkembang dengan cepat. Aplikasi Stok Barang BukuWarung bisa diandalkan untuk menerapkan sistem pengelolaan stok yang berfungsi dengan baik. 

Tanpa sistem yang akurat, ada risiko terjadinya masalah tidak diinginkan yang bisa mengganggu kegiatan bisnismu, Gan. Dengan mengelola stok barang, misalnya pesanan masuk dan keluar, Juragan dapat menjaga segala kebutuhan bisnis dan memastikan kesuksesan usaha. 

Stok barang yang dikelola dengan baik juga bermanfaat menjaga kualitas dan kuantitas logistik dan peralatan, meningkatkan efisiensi penataan logistik dan peralatan, meningkatkan distribusi pelayanan, hingga menyediakan data dan informasi yang akurat, aktual, dan akuntabel. Jika dilakukan secara manual, tentu akan menghabiskan waktu lama.

Mengelola stok barang secara manual juga tidak bisa dipastikan keakuratannya. Ada risiko human error dan berbagai bentuk kelalaian lain yang tidak dapat diprediksi. Jadi, akan lebih baik dan valid jika Juragan mengelola stok barang dengan mengandalkan aplikasi Stok Barang BukuWarung.

Buat Toko Online Sendiri

Baca Juga: Pentingnya Laporan Stok Barang

Lebih mudah dan cepat kelola stok barang dengan aplikasi BukuWarung

Dengan BukuWarung, Juragan bisa mengelola stok barang dengan satu aplikasi saja sehingga dapat fokus untuk mengembangkan usaha jadi lebih maju. Caranya gampang banget, kok, Gan, berikut penjelasannya:

  1. Tambah Daftar Stok Produk – Masukkan nama produk jualan dan jumlah stok dengan mudah.
  2. Atur Harga Jual dan Harga Modal – Keuntungan usaha Juragan bisa langsung otomatis terlihat.
  3. Stok terhitung otomatis – Setiap terjadi transaksi penjualan, stok barang Juragan akan langsung ter-update secara otomatis. Benar-benar praktis!

BukuWarung merupakan aplikasi yang dikembangkan untuk memudahkan Juragan dalam berbisnis. Aplikasi ini dapat menjadi jawaban atas berbagai penyebab kesalahan stok barang yang berdampak pada usaha. 

atur keuangan usaha

Menggunakan cara pengelolaan stok barang berbasis digital tentunya lebih akurat, efisien, dan efektif. Aplikasi BukuWarung juga menawarkan banyak fitur untuk meningkatkan usaha Juragan. Mulai dari fitur pencatatan keuangan usaha, penagihan utang-piutang, hingga kelola stok hanya di satu aplikasi saja. Juragan bisa langsung unduh aplikasinya di PlayStore. Gratis!

Baca Juga: Pentingnya Paham Cara Mengelola Stok Barang

Tips mengelola stok barang

Photo credit: Pxfuel

Dengan pakai aplikasi BukuWarung, ditambah dengan beberapa tips berikut ini, Juragan bisa membuat proses kelola stok barang jadi lebih efisien. Berikut informasinya:

atur keuangan usaha
  1. Siapkan tempat penyimpanan

Tips mengelola stok barang yang pertama adalah menyiapkan tempat penyimpanan. Menyediakan gudang penyimpanan khusus sangatlah penting, bahkan jika bisnis Juragan masih terbilang kecil. 

Alasannya karena memiliki tempat khusus untuk penyimpanan barang akan membuat Juragan lebih mudah mengatur sirkulasi stok barang. Tidak perlu langsung besar, kok. Juragan bisa menggunakan sebuah etalase, rak, atau memanfaatkan gudang untuk menyimpan stok barang.

  1. Buat daftar barang yang dibutuhkan

Juragan perlu membuat daftar barang yang dibutuhkan agar manajemen stok barang bisa dilakukan dengan lebih tepat dan tepercaya. Langkah paling utama saat ingin mulai mengelola stok barang di gudang adalah menugaskan setidaknya satu orang khusus yang bertanggung jawab melakukan semua jenis pencatatan, seperti mencatat stok barang masuk dan stok keluar.

Dengan demikian, kumpulan data stok barang yang dihasilkan akan lebih akurat. Dalam proses pengelolaan stok barang, data merupakan hal penting untuk dimiliki karena memungkinkan Juragan untuk melakukan pengontrolan, mengambil keputusan, dan tindakan untuk mengelola stok barang.

Dengan membuat daftar barang yang dibutuhkan, Juragan juga bisa mengetahui data stok barang dari periode sebelumnya, menentukan target pemasaran, serta memperkirakan penjualan pada periode saat ini. Misalnya, sudah banyak perusahaan distributor atau produsen saat ini menggunakan sistem pre-order. 

Nah, data pesanan yang masuk biasanya dijadikan landasan untuk menentukan jumlah persediaan. Dengan mencatat seluruh data mengenai stok barang secara lengkap dan akurat, maka Juragan akan mampu mengelola stok barang dengan lebih baik sehingga menguntungkan usaha.

  1. Catat barang keluar-masuk

Penting juga untuk mencatat barang keluar-masuk agar Juragan bisa mengetahui secara pasti kondisi stok barang saat ini. Secara berkala, Juragan bisa melakukan stock opname sesuai kebutuhan untuk membantu dalam melakukan manajemen stok barang di gudang.

Stcok opname sendiri adalah proses berkala yang tujuannya adalah menghitung barang dagangan dan persediaan yang sebenarnya dimiliki oleh usaha. Hasilnya kemudian dibandingkan dengan jumlah yang ada di catatan persediaan.

Dengan melakukan stock opname, maka Juragan dapat membandingkan nilai persediaan sekarang dengan persediaan sebelumnya sehingga mampu menilai perkembangan usaha. Tujuan pengadaan stock opname di antaranya adalah mencegah kerugian perusahaan, mengetahui jumlah stok barang yang sebenarnya ada, dan mengatur mutasi barang dari dan keluar perusahaan.

  1. Buat perkiraan stok barang

Membuat perkiraan stok barang bisa Juragan mulai dengan menghitung jumlah persediaan yang dibutuhkan pada periode ini. Penghitungan ini tidak mudah, terutama jika Juragan punya penjualan produk dengan banyak jenis karena Juragan harus menentukan jumlah per item yang ada.

Juragan bisa melakukan perhitungan dengan lebih mudah dengan menggunakan aplikasi Stok Barang BukuWarung. Aplikasi ini membantu Juragan melakukan manajemen persediaan barang secara praktis dan lengkap, mulai dari penambahan, pengurangan, dan pemindahan stok yang dapat dikontrol dengan lebih baik. 

Juragan juga bisa membuat jadwal melakukan pembelian. Membuat perkiraan stok barang akan memudahkan Juragan untuk menghitung persediaan anggaran dalam periode tertentu.

Baca Juga: Trik Peluncuran Produk Baru

  1. Pisahkan stok barang baru dan lama

Memisahkan stok barang baru dan lama juga penting dilakukan agar Juragan tidak kebingungan dalam melakukan pencatatan dan perhitungan stok barang. Dengan melakukan hal ini, Juragan akan lebih mudah dalam menghitung jumlah stok lama yang terjual dan belum terjual. Untuk mengurangi kerugian, Juragan sebaiknya mengeluarkan stok lama terlebih dahulu.

  1. Berikan kode pada setiap barang atau produk

Cara kelola stok yang benar juga termasuk memberikan kode pada setiap barang atau produk. Gunanya adalah mengenali dan menyebutkan jenis barang secara spesifik dengan waktu yang lebih singkat. 

Cara kelola stok barang biar rapi ini menjadi lebih penting jika Juragan menyediakan barang dalam jumlah besar dengan bermacam warna, motif, atau model. Selain itu, penggunaan kode juga membuat proses mengelompokkan peletakan barang di gudang menjadi lebih mudah, Gan. 

Nah, itu tadi informasi seputar kemudahan mengelola stok bisnis dengan aplikasi stok barang BukuWarung. Dengan menerapkan cara kelola stok barang pakai BukuWarung, Juragan bisa mengelola semua hal yang berkaitan dengan stok barang menjadi lebih maksimal. Jadi, tunggu apa lagi? Kembangkan usaha Juragan dengan menggunakan aplikasi stok barang BukuWarung!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download