Download Gratis
Butuh bantuan?
download aplikasi bukuwarung

Investasi yang Diperlukan Pemilik Usaha

Investment atau investasi pemilik adalah kegiatan penanaman modal oleh suatu perusahaan atau individu dengan mengharapkan sebuah keuntungan.

Dalam melakukan kegiatan investasi, Juragan bisa menentukan jangka waktu, diantaranya jangka waktu pendek, jangka waktu menengah dan jangka waktu panjang.

atur keuangan usaha
download aplikasi bukuwarung

Jenis waktu yang ditentukan akan mempengaruhi hasil dari keuntungan, jika waktu semakin panjang maka keuntungan bisa lebih besar.

Dari keuntungan besar tersebut tentu ada resiko besar yang harus Juragan terima, namun seorang investor sejati pasti akan mengambil langkah ini untuk mendapatkan return atau aset yang besar.

Kalau Juragan adalah seorang pemilik usaha sebaiknya investasi apa yang harus diambil untuk mempercepat usaha berkembang? Berikut pembahasannya.

Investasi Pemilik adalah Cara Mempercepat Usaha Berkembang

Investasi pemilik adalah salah satu jalan agar usaha Juragan memiliki masa depan yang cerah, dengan melakukan investasi usaha pastinya Juragan mengharapkan pendapatan yang lebih dari modal awal.

Buat Toko Online Sendiri

Berbeda dengan investasi individu yang ingin mendapatkan keuntungan untuk diri sendiri, investasi pada usaha memanfaatkan investasi untuk perkembangan perusahaan dimasa depan.

Cara kerja dari investasi usaha yaitu dengan memanfaatkan modal yang ada agar mendapatkan keuntungan yang lebih besar di masa depan.

Dari keuntungan tersebut maka value sebuah perusahaan akan meningkat, baik dihadapan mitra maupun konsumen.

atur keuangan usaha

Jenis jangka waktu yang diterapkan perusahaan biasanya adalah investasi jangka panjang, tujuannya yaitu untuk menghasilkan sesuatu yang lebih besar dalam jangka waktu lebih dari tiga tahun.

Berikut jenis-jenis investasi yang dapat mengembangkan perusahaan Juragan:

1. Investasi Modal Usaha

Investasi modal usaha adalah aset perusahaan dengan mengambil sedikit modal untuk dijadikan usaha yang lebih besar lagi.

atur keuangan usaha

Melalui cara ini keuntungan yang didapatkan perusahaan harus disisihkan agar perencanaan dimasa mendatang terealisasikan.

Juragan bisa menggunakan investasi modal usaha dengan membeli aset, membuka cabang, atau membangun bidang usaha baru.

2. Aset Investasi

Melalui aset investasi perusahaan berharap memiliki penghasilan yang lebih serta memberikan keuntungan untuk dimasa depan.

Aset investasi sebenarnya ada 2 macam yaitu aset lancar dan aset tidak lancar.

  • Aset lancar adalah harta yang dimiliki perusahaan yang dapat diubah menjadi uang tunai, jenis aset ini lebih mudah diperjualbelikan dan digunakan dalam jangka waktu kurang dari 12 bulan.
  • Aset tidak lancar adalah harta perusahaan yang tidak bisa dicairkan menjadi uang tunai, jenis aset ini tidak mudah diperjualbelikan biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama.

Untuk aset investasi perusahaan, biasanya menggunakan aset tidak lancar, misalnya membeli mesin penggiling daging lebih banyak agar produksi daging yang dihasilkan lebih cepat dan banyak, usaha pun akan lebih besar dan luas.

3. Investasi Sumber Daya Manusia

Investasi sumber daya manusia atau investasi fisik berupa investasi yang memanfaatkan tenaga dan pengetahuan manusia.

Perusahaan yang dijalani oleh orang yang berkualitas tentu akan menghasilkan produk berkualitas juga.

Maka dari itu dengan merekrut tim terbaik adalah salah satu investasi jangka panjang untuk memajukan perusahaan Juragan.

Carilah calon karyawan  berkualitas yang sesuai dengan visi dan misi perusahaan, dengan begitu perusahaan Juragan akan diisi oleh orang-orang yang berkompeten.

Kalau bisa perusahaan rutin untuk mengadakan kegiatan seminar atau pelatihan agar karyawan terus berkembang dalam memajukan perusahaan.

4. Networking

Perusahan harus pintar dalam memanfaatkan lingkungan sekitar, bangunlah networking dengan pihak tertentu agar perusahaan tetap maju dan stabil.

Manfaat networking bagi perusahaan yaitu untuk membantu satu sama lain, meningkatkan profil bisnis, bahkan bekerjasama untuk mengambil proyek besar.

Dengan memiliki banyak relasi, maka rencana bisnis akan jauh lebih mudah dan berkembang dengan cepat.

5. Mendengarkan Konsumen

Konsumen bisa saja dijadikan investasi, kalau perusahaan Juragan selalu memberikan produk terbaik mereka akan merasa kebutuhannya terpenuhi.

Dengan begitu, para konsumen tersebut bisa merekomendasikan produk perusahaan Juragan ke orang lain.

Selain itu konsumen juga sangat berperan aktif untuk keberlangsungan produk Juragan, mintalah masukan dan pendapat dari konsumen sebagai koreksi kualitas produk untuk masa depan.

6. Investasi Teknologi

Kemajuan teknologi yang begitu pesat, membuat perusahaan harus mudah beradaptasi dengan sesuatu yang baru.

Teknologi canggih pun bermunculan, yang tadinya hanya bisa dilakukan secara manual sekarang bisa dilakukan secara digital.

Sehingga, manfaat teknologi begitu besar bagi perusahaan yaitu untuk membuat usaha lebih efektif.

Salah satu teknologi canggih yang dapat mengatasi laporan keuangan perusahaan adalah aplikasi BukuWarung.

Di aplikasi tersebut Juragan bisa menulis laporan keuangan secara digital, hal ini membuat sistem keuangan perusahaan jauh lebih efektif.

Investasi Pemilik adalah Penting Bagi Perusahaan

Investasi pemilik adalah kegiatan penanaman modal untuk membuat perusahaan Juragan berkembang.

Tujuan perusahaan didirikan yaitu untuk mendapatkan keuntungan dengan pendapatan yang stabil, maka dari itu sangat penting bagi perusahaan untuk memanfaatkan sebagian dananya untuk dijadikan investasi.

Ketika Juragan memilih untuk berinvestasi jangka panjang artinya Juragan akan menerima keuntungan yang lebih besar, namun tetap saja harus disertai resiko yang besar.

Melalui kegiatan investasi, Juragan dapat mempersiapkan kebutuhan perusahaan dimasa depan dengan dana yang dimiliki saat ini.

Melihat jenis usaha yang seringkali turun naik, menjadikan para pelaku usaha untuk berinvestasi sedini mungkin agar mampu bersaing di masa yang akan datang,

Tak jarang ada perusahaan yang bangkrut karena tidak memanfaatkan dana yang ada untuk diinvestasikan

Hal ini seringkali terjadi karena rencana bisnis yang kurang matang dan kurangnya kualitas pekerja.

Maka dari itu jika perusahaan Juragan sedang berada diatas dan mendapat penghasilan yang tinggi, segeralah menyisihkan sebagian dana untuk diinvestasikan.

Investasi yang Cocok Untuk Pengusaha

Selagi mengembangkan perusahaan, Juragan juga bisa loh berinvestasi secara individu.

Hal ini untuk berjaga-jaga ketika kondisi perusahaan tidak sesuai harapan, karena sebagai manusia kita semua tidak pernah tahu apa yang terjadi di masa depan.

Agar bisa menikmati masa tua yang tenang tanpa ada masalah finansial, sebaiknya alokasikan sebagian dana untuk investasi.

Tak hanya digunakan untuk persiapan di masa tua saja, investasi pemilik adalah penanaman modal individu yang bisa mempercepat perkembangan usaha Juragan, yaitu sebagai alternatif dana darurat.

Lalu apa saja jenis investasi yang cocok bagi pengusaha, berikut informasinya:

1. Investasi Saham

Investasi saham artinya Juragan menanamkan modal ke perusahaan yang telah terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia.

Dalam berinvestasi saham, Juragan harus berhati-hati karena investasi ini membutuhkan ilmu analisis yang kuat.

Biasanya investasi saham dipilih oleh investor untuk jangka waktu panjang apalagi pada perusahaan terbuka yang bisa memberikan return yang besar.

2. Investasi Emas atau Logam Mulia

Investasi emas adalah jenis penanaman modal paling favorit dilakukan oleh orang tua zaman dulu.

Harga emas yang naik setiap tahunnya membuat orang-orang berlomba mengumpulkan logam emas untuk berinvestasi.

Namun investasi ini lebih baik digunakan untuk jangka waktu yang panjang, karena harga jual akan lebih tinggi.

3. P2P (Peer to Peer) Lending

P2P Lending adalah jenis investasi yang cukup populer dikalangan anak muda.

Cara kerja investasi P2P adalah dengan meminjamkan uang kepada individu atau bisnis melalui platform finansial secara online.

Untuk berinvestasi jenis ini, Juragan harus memilih platform yang sudah terdaftar OJK, agar investasi aman.

Sebagai pengusaha yang bijak, investasi pemilik adalah suatu kegiatan penanaman modal yang harus diterapkan.

Untuk mendukung investasi tersebut, Juragan bisa segera mendownload aplikasi BukuWarung.

Melalui kemajuan teknologi ini, semua urusan pembukuan dan laporan keuangan perusahaan akan lebih efektif.

Segera download aplikasi BukuWarung sekarang!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download