Download Gratis
Butuh bantuan?

Informasi Lengkap Tentang Rekonsiliasi

Rekonsiliasi adalah aktivitas yang dilakukan oleh akuntan, biasanya pada akhir periode akuntansi, untuk memastikan saldo akun buku besar lengkap dan akurat.

Umumnya, rekonsiliasi akun membandingkan saldo buku besar suatu akun dengan sistem independen, data pihak ketiga, atau dokumentasi pendukung lainnya untuk mendukung saldo yang dinyatakan dalam buku besar.

atur keuangan usaha
download aplikasi bukuwarung

Rekonsiliasi akun merupakan langkah penting untuk memastikan kelengkapan dan keakuratan laporan keuangan. Lebih khusus lagi, perusahaan harus merekonsiliasi semua akun neraca yang dapat mengandung salah laporan yang signifikan atau material.

Melakukan hal itu memungkinkan entitas bisnis atau instansi untuk mengidentifikasi dan memposting semua penyesuaian yang diperlukan ke buku besar secara tepat waktu.

Pengertian Rekonsiliasi Akun dan Langkah-langkahnya

Arti rekonsiliasi adalah memastikan bahwa saldo pada akun buku besar lengkap dan juga akurat. Selain itu, proses rekonsiliasi merupakan bagian penting dari lingkungan pengendalian internal.

Perusahaan publik sekalipun harus memasukkan penilaian tentang pengendalian internalnya atas laporan keuangan dengan laporan tahunan mereka.

Buat Toko Online Sendiri

Banyak organisasi tidak dapat menyelesaikan proses rekonsiliasi secara tepat waktu, yang akhirnya menimbulkan risiko. Lalu apa langkah-langkah dalam rekonsiliasi akun? Proses rekonsiliasi akun umumnya dilakukan setelah penutupan periode keuangan. Beberapa proses dari rekonsiliasi fiskal adalah

  1. Akuntan memeriksa setiap akun di buku besar dan memverifikasi bahwa saldo yang tercantum sudah lengkap dan akurat.
  2. Membandingkan saldo akun buku besar dengan sistem independen, data pihak ketiga, atau dokumentasi pendukung lainnya, seperti laporan bank dan kartu kredit.
  3. Ketika perbedaan ditemukan, akuntan menyelidiki dan mengambil tindakan korektif yang tepat.
  4. Membuat entri jurnal untuk memperbaiki kesalahan saldo.
  5. Semua informasi yang ditemukan harus dianalisis dan tindakan yang dilakukan perlu disimpan untuk tujuan audit.
  6. Proses rekonsiliasi akun harus diselesaikan sebelum perusahaan dapat mengesahkan integritas informasi keuangannya dan menerbitkan laporan keuangan.

Baca juga : Apa itu Kwitansi?

Apa Penyebab Perbedaan Rekonsiliasi?

Perbedaan dapat diidentifikasi dalam proses rekonsiliasi. Perbedaan mungkin bisa disebabkan oleh berbagai faktor termasuk perbedaan waktu, transaksi yang hilang, atau kesalahan, berikut penjelasannya :

atur keuangan usaha
  • Perbedaan Waktu

Mungkin ada contoh di mana aktivitas ditangkap dalam buku besar tetapi bukan data pendukung atau sebaliknya, yang mungkin disebabkan oleh perbedaan waktu.

Misalnya, saat melakukan rekonsiliasi untuk akun kas, dapat dicatat bahwa saldo buku besar adalah Rp 100.000, tetapi dokumentasi pendukung (yaitu, laporan bank) mengatakan bahwa rekening bank memiliki saldo Rp 110.000.

Setelah penyelidikan lebih lanjut, diidentifikasi bahwa perusahaan menulis cek sebesar Rp 10.000 yang belum dicairkan dari bank. Dengan demikian, perbedaan waktu Rp 10.000 karena cek yang beredar harus dicatat dalam rekonsiliasi.

atur keuangan usaha
  • Transaksi Hilang

Perbedaan juga bisa terjadi ketika aktivitas dicatat dalam buku besar tetapi bukan data pendukung atau sebaliknya, yang mungkin disebabkan oleh transaksi yang hilang.

Misalnya, saat melakukan rekonsiliasi akun untuk akun piutang kartu kredit, dapat dicatat bahwa saldo buku besar adalah Rp 180.000, tetapi dokumentasi pendukung (yaitu, laporan pemrosesan kartu kredit) memiliki saldo Rp 200.000.

Setelah penyelidikan lebih lanjut, diidentifikasi bahwa empat transaksi dikeluarkan secara tidak benar dari buku besar tetapi dimasukkan dengan benar dalam laporan pemrosesan kartu kredit.

Dengan demikian, perbedaan Rp 20.000 karena transaksi yang hilang harus dicatat dalam rekonsiliasi dan jurnal penyesuaian harus dicatat.

  • Kesalahan

Kesalahan juga bisa menyebabkan perbedaan antara buku besar dan data pendukung. Misalnya, saat melakukan rekonsiliasi untuk akun kas, dapat dicatat bahwa saldo buku besar adalah Rp 149.000, tetapi dokumentasi pendukung (yaitu, laporan bank) mengatakan bahwa rekening bank memiliki saldo Rp 149.900.

Setelah penyelidikan lebih lanjut, diidentifikasi bahwa perusahaan mencatat biaya bank sebesar Rp 1.000 daripada  Rp100. Dengan demikian, kesalahan Rp 900 harus dicatat dalam rekonsiliasi dan jurnal penyesuaian harus dicatat.

Apa Itu Rekonsiliasi Bank?

Rekonsiliasi bank adalah proses mencocokkan dan membandingkan angka-angka dari catatan akuntansi dengan yang disajikan pada laporan bank.

Rekonsiliasi bank adalah dikurangi item yang tidak ada hubungannya dengan laporan bank, saldo buku besar akuntansi harus direkonsiliasi (cocok) dengan saldo pada laporan bank.

Proses ini pada dasarnya adalah bagaimana caranya perusahaan menyeimbangkan buku ceknya. Rekonsiliasi bank memungkinkan perusahaan atau individu untuk membandingkan catatan rekening mereka dengan catatan bank tentang saldo rekening untuk mengungkap kemungkinan perbedaan.

Rekonsiliasi bank adalah alat penting untuk setiap sistem akun karena dua alasan utama. Pertama, rekonsiliasi bank membantu memastikan bahwa saldo bank Anda sesuai dengan saldo buku Anda dan membantu Anda mengidentifikasi mengapa ada perbedaan.

Rekonsiliasi bank membantu Anda menangkap potensi kesalahan dan meningkatkan keakuratan buku Anda.

Kedua, rekonsiliasi meningkatkan kontrol internal dengan mengunci transaksi yang telah dihapus sehingga tidak dapat diedit tanpa membuka kembali periode yang lalu.

Proses ini harus dilakukan secara teratur. Untuk sebagian besar organisasi, rekonsiliasi adalah proses bulanan, tetapi itu dapat bervariasi tergantung pada kebutuhan Anda.

Alasan Melakukan Rekonsiliasi Bank

  • Menangkap Kesalahan

Tanda terima yang salah dibaca, nomor yang dialihkan, dan entri yang terlupakan dalam daftar cek adalah kesalahan akuntansi yang umum dan mudah diperbaiki.

Namun, kesalahan yang tidak terdeteksi dari bulan ke bulan dapat menjadi bola salju hingga Anda memiliki saldo register yang ratusan atau bahkan puluhan ribu dari saldo bank Anda.

Tentu saja ini adalah masalah serius yang dapat menyebabkan kekurangan uang tunai yang memalukan sehingga rekonsiliasi adalah hal yang cukup penting dilakukan.

  • Menghemat Uang

Menyesuaikan laporan setiap bulan membantu Anda mengidentifikasi langganan mana yang ingin Anda batalkan, biaya bank dan kartu kredit yang mungkin tidak Anda sadari sedang ditagih atau transaksi mana yang memakan banyak biaya.

Seringkali, Anda dapat menghubungi lembaga keuangan dan menghapusnya. Tetapi bank mungkin hanya menyetujui kredit satu bulan, bukan beberapa.

Layanan bulanan berulang sering kali menawarkan uji coba gratis, kemudian secara otomatis menagih kartu Anda setiap bulan setelah masa uji coba berakhir.

Jika pernyataan tidak direkonsiliasi secara teratur, maka Anda perlu Anda beresiko melakukan pembayaran berbulan-bulan di luar tagihan yang tidak mungkin dikembalikan.

  • Verifikasi Arus Kas

Pemilik usaha kecil biasanya memiliki jumlah modal yang lebih rendah untuk bekerja, jadi sangat penting bagi mereka untuk tetap waspada terhadap posisi arus kas perusahaannya.

Hal ini tidak mungkin dilakukan ketika tim keuangan mereka tidak memprioritaskan rekonsiliasi bank bulanan. Pemberi pinjaman dan investor juga memeriksa laporan rekonsiliasi bank untuk menilai stabilitas keuangan suatu organisasi.

  • Mencegah Penipuan

Indikasi pertama bahwa nomor kartu kredit perusahaan telah disedot biasanya adalah ada penipuan pada laporan kartu kredit. Semakin cepat tagihan yang salah ditangkap dan dilaporkan, dan kartu dibatalkan, maka hal itu semakin baik.

Jika satu kartu dicek berulang, kemungkinan besar kartu lain juga demikian, jadi rekonsiliasi secara teratur dapat sangat meminimalkan kerusakan akibat penipuan.

Sayangnya, pekerja sendiri terkadang menjadi pelakunya. Jika seorang karyawan mengubah atau mencuri cek, seringkali proses rekonsiliasi banklah yang mengungkap penipuan tersebut. Untuk alasan ini, meminta laporan rekonsiliasi bank amatlah penting.

Rekonsiliasi adalah hal penting dalam akuntansi sehingga Anda jangan sampai melewatkan prosesnya!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download