Download Gratis
Butuh bantuan?

Informasi Lengkap Tentang Endorse

Endorse adalah salah satu bentuk promosi yang digunakan dalam pemasaran sebuah barang atau jasa di sosial media. Biasanya, strategi endorse dilakukan oleh produsen untuk menarik minat para pelanggan.

Taktik penggait konsumen ini sering menggunakan jasa artis maupun public figur lainnya yang cukup terkenal.

atur keuangan usaha
download aplikasi bukuwarung

Dalam melakukan endorse biasanya ada beberapa endorser yang meminta bayaran dan tidak meminta bayaran. Hal ini tergantung kesepakatan yang dilakukan antara promotor dengan brand.

Ingin mengetahui informasi mengenai endorse lebih lanjut? Yuk lihat di bawah ini!

Pengertian Endorse Adalah

Endorse adalah nama populer untuk menyebutkan pemasaran yang dilakukan di sosial media. Praktik melakukan pemasaran tersebut, biasanya dikenal dengan istilah endorsement.

Dalam bahasa Inggris sendiri endorse diartikan sebagai pengesahan atau dukungan. Lalu apa arti endorse itu sendiri?

Buat Toko Online Sendiri

Dalam sebuah kutipan yang bersumber dari The Economic Times, arti endorse adalah suatu bentuk promosi yang dilakukan oleh orang terkenal di media sosial.

Namun, orang terkenal yang dipilih ialah harus memiliki kepercayaan, pengakuan, rasa hormat dan sebagainya dari masyarakat sekitar.

Di era seperti sekarang ini, di mana teknologi mudah untuk diakses, makna orang terkenal pun semakin meluas. Yang bisa disebut orang terkenal yaitu orang-orang yang populer di sosial media dengan sebutan Selebgram.

atur keuangan usaha

Para selebgram ini memiliki banyak followers di akun sosial medianya, bukan hanya ratusan maupun ribuan saja, bahkan bisa mencapai jutaan pengikut.

Tarif yang diberikan pun sesuai dengan jumlah followers yang dimiliki oleh selebgram tersebut. Lazimnya, semakin banyak followersnya, maka semakin besar pula tarif yang dikeluarkan.

Endorse dalam dunia periklanan diartikan sebagai nama dari orang terkenal maupun gambar dari orang terkenal yang digunakan untuk mempromosikan suatu produk maupun jasa.

atur keuangan usaha

Alasan menggunakan orang terkenal dalam melakukan endorsment ialah diharapkan barang atau jasa yang dijual mendapatkan banyak pengaruh dalam penjualannya.

Apalagi iklan endorse terbilang sebagai strategi yang cukup populer akhir-akhir ini. Salah satu contoh produk yang cukup berhasil menggunakan strategi pemasaran ini yaitu endorse suatu produk untuk gaya hidup.

Hal ini dikarenakan masyarakat cenderung mengikuti gaya hidup dari tokoh panutannya tersebut. Selain itu, produk yang menggunakan jasa endorsement para selebgram pun lebih terukur.

Contohnya, endorsment tentang kosmetik, pastinya menggunakan selebgram atau influencer seorang wanita muda dan cantik yang followersnya dominan wanita.

Baca juga : Orang Terkaya di Indonesia

Sistem Kerja Endorse

Jasa endorse adalah suatu layanan jasa yang diberikan oleh seorang seleb atau influencer untuk mempromosikan sebuah brand di akun sosial medianya. Sistem kerja endorse pun sangat mudah, sehingga Anda bisa membuka jasa endorse untuk menambah penghasilan.

Namun, jika Anda merupakan pihak yang memiliki sebuah brand dari produk maupun jasa. Anda bisa melakukan kegiatan endorsement sendiri melalui akun sosial media yang dimiliki.

Sebelum memulainya, Anda harus mengetahui sistem kerja dari endorse yang dirangkum menjadi beberapa poin berikut ini!

  • Bersifat Positif dan Publik

Sifat dari endorsement ialah publik dalam artian siapa pun bisa melihat, membaca maupun mendengarkannya. Pastikan akun sosial media kalian tidak private saat membuka jasa endorse ini.

Untuk penyebarannya pun tidak cukup hanya di grup WhatssApp saja, namun di seluruh akun sosial media yang Anda miliki.

Tidak berhenti di situ saja, komentar positif tentang brand tersebut diperlukan untuk menggaet konsumen. Sebaliknya, pernyataan negatif yang diberikan hanya akan membuat Anda melanggar kontrak dengan pihak endorsement.

Namun, hal di atas juga tergantung dengan tipe endors Anda sendiri yang bisa dibagi menjadi dua tipe. Tipe pertama, pihak endorse akan mempromosikan brand menggunakan teks dari pihak endorsement.

Tipe kedua, pihak endorse akan mengeluarkan pendapat pribadinya tentang brand tersebut.

Jika Anda menggunakan tipe kedua, opini negatif mengenai produk tersebut bisa disebutkan. Namun, Anda juga harus memberikan opini negatif terhadap produk yang sedang di endorse.

  • Paid Promote dan Paid Endorse

PP endorse adalah sebuah promosi mengenai suatu brand jasa atau barang yang dilakukan oleh pihak endorser dengan cara memposting di media sosialnya. Seluruh materi sudah disiapkan oleh pihak endorsement sehingga pihak endorser cukup memposting dan mempromosikannya di akun sosial media.

Tarif dari sistem kerja ini tidak mahal sebab tidak membutuhkan effort iklan yang banyak. Namun, hal ini juga tergantung pada seberapa terkenalnya endorser tersebut dan seberapa banyaknya followers yang dimiliki.

Sedangkan Paid Endorse merupakan layanan mempromosikan jasa atau barang yang caption dan foto produknya dibuat sendiri oleh pihak endorser.

Di mana, pihak endorsement cukup mengirimkan barang kepada pihak endorser. Proses selanjutnya akan diurus oleh pihak endorser mulai dari foto hingga caption.

Tarifnya pun lebih mahal dari PP, sebab effort yang dibutuhkannya pun lebih banyak. Apalagi endorser nya sangat terkenal dan sering diberitakan.

Sedangkan, masalah durasi dari kedua sistem tersebut bermacam-macam sesuai kesepakatan dari kedua belah pihak, umumnya, dilakukan selama 2 hingga 24 jam.

  • Tidak Mengikat

Endors tidak memiliki sifat mengikat, sehingga endorser bisa memposting produk atau jasa hanya dalam waktu yang ditentukan saja. Bahkan, pihak endorser tidak berkewajiban menggunakan produk itu selamanya. Dalam satu waktu, Anda pun bisa menjadi endorser untuk pihak A, B maupun C.

  • Tidak Kontrak

Anda tidak perlu mengikat kontrak dengan pihak endorsement, bahkan semua perjanjian dan persyaratan bisa dilakukan via online atau handphone. Selain itu, Anda tidak perlu melakukan tanda tangan kontrak, kecuali dengan brand-brand besar saja.

Untuk produk yang dikirim bisa melalui jasa kurir tanpa harus mengambil atau mengantarnya secara langsung. Intinya, jasa endorse ini lebih mudah dilakukan daripada iklan zaman dulu.

  • Tricky

Hal ini berlaku bagi Anda yang merupakan pihak endorsement saat memilih endorser. Di bawah ini merupakan tips endorsement bagi pemula:

  1. Tentukanlah target pasar Anda terlebih dahulu, baru setelah itu menentukan pihak endorse yang akan digunakan. Pastikan followers pihak endorse sesuai dengan target pasar yang sudah ditetapkan. Misal, jika produk Anda berupa make up, bisa memilih seleb wanita muda yang pandai menggunakan make up.
  2. Setelah menemukan endorser yang tepat, Anda tidak perlu terburu-buru mengajaknya kerja sama. Pastikan untuk mengecek terlebih dahulu, komentar dan like yang didapatkan dari setiap postingan. Kalau jumlahnya jauh berbeda dari jumlah followers, kemungkinan followersnya merupakan akun bohong.
  3. Pastikan juga balasan dari pihak endorser di setiap komentar postingannya. Pastikan hubungan antara seleb dan followersnya baik. Sebab tidak semua followers merupakan fans-nya. Bisa jadi heters juga ikut memfollow akun dari seleb tersebut.

Nah bagaimana beberapa informasi mengenai endorse di atas? Setelah membacanya, Anda pati sudah mengetahui bahwa endorse adalah suatu bentuk promosi yang digunakan untuk mempromosikan sebuah brand di media sosial. Sistem kerjanya pun sangat mudah untuk dipahami. Jadi apalagi yang Anda khawatirkan untuk membuka jasa endorse?

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download