Download Gratis
Butuh bantuan?
download aplikasi bukuwarung

Informasi Lengkap Tentang Ekspansi

Ekspansi adalah salah satu istilah yang perlu untuk diketahui karena ada kalanya akan ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan kata ekspansi sendiri bisa ditemukan di berbagai bidang seperti ekonomi, politik bahkan fisika. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai ekspansi, simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Ekspansi Adalah

Secara umum, pengertian ekspansi merupakan tindakan maupun proses yang dikerjakan supaya segala sesuatunya dapat menjadi lebih luas ataupun besar.

Ekspansi diambil dari kata expandere yang merupakan penyerapan dalam bahasa Inggris sehingga menjadi expansion yang mempunyai arti menyebar.

Sementara itu jika merujuk pada kamus Cambridge Dictionary, ekspansi ini diartikan sebagai usaha untuk menambah ukuran maupun jumlah kepentingan tertentu.

Secara sederhana ekspansi bisa diartikan sebagai sebuah kegiatan yang dilakukan dengan tujuan membuat suatu hal menjadi lebih meningkat.

Dalam KBBI, pengertian ekspansi sendiri dibedakan sesuai dengan konteks pemakaiannya. Lebih tepatnya tergantung pada bidang ilmu masing-masing.

Buat Toko Online Sendiri

Dalam ilmu ekonomi, ekspansi ini diartikan sebagai sebuah upaya untuk meluaskan peredaran mata uang kalau berbagai sirkulasi. Sementara dalam ilmu fisika, ekspansi ini merupakan suatu proses pemuaian.

Berbeda halnya dengan ilmu politik yang mengartikan ekspansi sebagai usaha untuk memperluas wilayah dengan cara menduduki sebagian maupun keseluruhan wilayah negara yang lain.

Baca juga : Cara Meningkatkan Penjualan di Marketplace

atur keuangan usaha

Arti Ekspansi di Dalam Bidang Bisnis dan Ekonomi

Tidak sedikit yang mungkin penasaran apa itu ekspansi dalam bidang ekonomi. Ekspansi di dalam bidang bisnis maupun ekonomi memang perlu ditelaah secara khusus karena memiliki pengertian yang berbeda dari istilah ekspansi secara umum.

  • Arti Ekspansi Bisnis

Dalam bidang bisnis, ekspansi diartikan sebagai kegiatan untuk memperbesar jaringan bisnis maupun memperluasnya baik itu dari segi produksi maupun distribusi. Lembaga dan beberapa ahli juga turut memberikan pengertian terhadap ekspansi dalam bisnis ini.

Otoritas Jasa Keuangan atau OJK memberikan penjelasan bahwa ekspansi merupakan kegiatan untuk memperbesar maupun memperluas bisnis yang ditandai dengan adanya penciptaan pasar baru, perekrutan karyawan memperluas fasilitas dan lain sebagainya.

atur keuangan usaha

OJK juga menyebutkan bahwa ekspansi ini merupakan suatu peningkatan kegiatan ekonomi dan peningkatan dalam dunia usaha.

  • Arti Ekspansi Ekonomi

Selanjutnya untuk ekspansi dalam bidang ekonomi diartikan sebagai suatu kegiatan yang dijalankan guna meningkatkan kegiatan ekonomi dan meningkatkan dunia usaha.

Apabila ditelaah lebih lanjut dari kamus Bank Indonesia, ekspansi ekonomi ini merupakan perkembangan ekonomi yang dilakukan dengan adanya pula konjungtur.

Sekedar informasi, pola konjungtur ini terkait dengan proses kemajuan maupun kemunduran ekonomi yang terus-menerus terjadi secara bergantian.

Adanya perkembangan ekonomi ini biasanya Udah dilihat dari hadirnya kenaikan harga pokok barang maupun jasa. Selain itu juga bisa dilihat dari segi peningkatan jumlah uang yang ada pada masyarakat, peningkatan konsumsi masyarakat dan juga peningkatan produksi.

  • Arti Ekspansi Pasar

Masih terkait dengan bidang ekonomi, ekspansi juga bisa ditemukan pada pasar. Arti ekspansi pasar yaitu suatu kegiatan yang dilakukan guna memperluas pasar baru.

Hal ini dilakukan perusahaan dengan produk yang telah dimilikinya. Proses ini dilakukan dengan cara mencangkok pasar yang telah ada di titik geografis yang baru. Dengan demikian diharapkan bagi para pelanggan bisa menggunakan dan mengenal produk yang bersangkutan.

  • Ekspansi Kredit

Ekspansi juga bisa ditemukan dalam istilah kredit. Lebih tepatnya ekspansi kredit yang merupakan sebuah usaha yang dilakukan guna meningkatkan jumlah kredit pinjaman yang berasal dari pihak bank.

Berbagai Jenis Ekspansi dalam Bisnis

Perlu diketahui bahwa dalam dunia bisnis terdapat berbagai jenis ekspansi yang bisa ditemukan. Adapun beberapa jenis ekspansi yang dimaksud ialah sebagai berikut

  • Merger

Merger merupakan kegiatan untuk menghubungkan 2 maupun lebih perusahaan menjadi satu kesatuan. Adapun Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mengevaluasi bisnis yang ada.

Perlu digarisbawahi pula bahwa dalam hal ini perusahaan yang lebih dominan akan tetap mengupayakan identitas perusahaan. Sebaliknya perusahaan yang lebih lemah akan semakin lemah dan semakin tidak jelas identitasnya.

  • Akuisisi

Selanjutnya ada istilah akuisisi yang merupakan kegiatan take over. Kegiatan akuisisi ini juga bisa disebut sebagai pengambilalihan dari suatu bentuk kepemilikan aset maupun saham perusahaan.

Hal ini dijalankan oleh sekelompok investor tertentu. Tujuan dari dilaksanakannya jenis akuisisi ini biasanya untuk menjaga tetap tersedianya bahan pokok ataupun menjamin produk supaya dapat diserap baik oleh pasar.

  • Hostile Takeover

Hostile Takeover juga menjadi salah satu jenis dari ekspansi bisnis yang bisa ditemukan. Hostile takeover ini merupakan jenis akuisisi yang dilakukan terhadap suatu perusahaan di mana hal tersebut dilakukan secara paksa.

  • Leveraged Buyout

Jenis ekstensi leveraged buyout ini merupakan usaha untuk mempunyai perusahaan yang dilakukan dengan cara meminjam uang. Hal itu dilakukan dengan tujuan melakukan pembelian di perusahaan tersebut.

  • Tahapan untuk Melakukan Ekspansi Bisnis

Ketika ingin melakukan ekspansi dalam bisnis, diharapkan bisa melakukannya secara tepat dengan memperhatikan berbagai tahapan. Adapun beberapa tahapan yang perlu diperhatikan ketika akan melakukan ekspansi bisnis yaitu

  • Buatlah Perencanaan yang Matang

Perencanaan adalah salah satu kunci penting ketika ingin melakukan ekspansi. Dapat dikatakan bahwa bisnis sudah siap berkembang apabila mempunyai perencanaan yang baik.

Cobalah untuk menjawab terlebih dahulu pertanyaan-pertanyaan seperti apa tujuan melakukan ekspansi bisnis, apa saja targetnya, Bagaimana kira-kira perkembangan bisnis selama 5 tahun ke depan dan bagaimana penjualan perusahaan yang terjadi pada saat ini.

Apabila pertanyaan-pertanyaan yang sudah bisa dijawab maka setidaknya sudah ada empat kesimpulan utama yang bisa didapatkan.

  • Tentukan Model Bisnisnya

Tahapan selanjutnya adalah menentukan Bagaimana model bisnisnya. Perlu diingat bahwa ketika  ekspansi dilakukan maka hal tersebut bisa mempengaruhi model bisnis yang sedang dijalankan.

Dalam jangka panjang perlu untuk menghadirkan sop atau standart operating procedures. Di sisi lain apabila ingin menambahkan jumlah karyawan maka kegiatan bisnis juga bisa berubah perlahan.

Cara penjualan pun berpotensi untuk ikut berubah seiring berjalannya waktu. Oleh karenanya penting untuk menentukan modal bisnis yang akan membantu menetapkan standar yang akan dipakai dalam menjalankan aktivitas bisnis.

  • Persiapan Modal yang Diperlukan

Selama menjalani proses ekspansi, modal merupakan salah satu hal yang diperlukan. Modal ini digunakan untuk membeli atau menyewa gedung baru, menggaji karyawan, membangun toko fisik, membangun pabrik maupun gudang dan banyak hal lainnya yang mungkin saja masuk dalam ekspansi yang akan dilakukan.

Modal yang digunakan dalam hal ini tentunya bisa didapatkan dari profit yang telah dihasilkan selama ini dari proses penjualan. Apabila masih kekurangan modal, maka opsi lain yang bisa diambil adalah dengan melakukan pinjaman modal usaha.

Perlu diingat bahwa melakukan pinjaman modal usaha tidak selamanya berarti bahwa usaha yang sedang dijalankan tidak sehat atau tidak memiliki kemampuan untuk ekspansi.

Demikian pengertian dari ekspansi adalah pengembangan suatu bisnis. Jika sudah mengetahui apa itu ekspansi, apakah Juragan sudah siap melakukan ekspansi bisnis?

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download