Download Gratis
Butuh bantuan?

Contoh Surat Penawaran Barang, Harga, dan Kerja Sama yang Benar

Contoh surat penawaran sangat diperlukan oleh pemula sebagai pedoman dalam membuat sebuah surat penawaran. Biasanya surat ini yang ditujukan untuk menjalin kerja sama dengan suatu perusahaan atau menawarkan barang dan jasa. 

Surat penawaran ini dikirimkan oleh penjual sebagai balasan atau sebuah pemintaan kepada calon pembeli atau perusahaan lain. Surat penawaran atau yang biasa disebut Offering Letter berisi sebuah informasi penting untuk meningkatkan minat seseorang terhadap barang ditawarkan. 

atur keuangan usaha
download aplikasi bukuwarung

Selain itu surat penawaran ini juga memiliki peranan penting dalam menjalin sebuah hubungan kerja sama dengan perusahaan lainnya. Surat penawaran ini berbentuk surat formal yang terdiri dari beberapa jenis. Diantaranya yaitu:

Surat Penawaran Barang Beserta Contohnya

Contoh surat penawaran barang biasanya digunakan untuk menawarkan barang-barang kebutuhan kantor ataupun bangunan lain seperti rumah. Surat penawaran barang ini harus memberikan nama produk dan jumlah yang di tawarkan. Selain itu, juga wajib memasukkan sebuah metode pembayaran dan cantumkan juga potongan harga (jika ada).

Cara membuat surat penawaran barang ini memiliki beberapa komponen yang harus ada di dalamnya, yaitu : 

  1. Kop surat, berisikan nama dan alamat perusahaan
  2. Kepala surat, berisikan tanggal, nomor surat, perihal, dan juga lampiran
  3. Kata pembuka menggunakan sapaan formal
  4. Isi surat, menjelaskan secara rinci barang yang ditawarkan
  5. Penutup surat.

Berikut contoh surat penawaran barang :

Buat Toko Online Sendiri

Baca Juga : Apa Itu Purchase Order?

PT PUTRA BANGSA ELEKTRONIK

Jalan. Marta Veteran Timur, No. 168 Malang 67814 – INDONESIA

atur keuangan usaha

Telp. : 021 – 99987211 Fax .: 021 – 998742

Nomor : 09/JN/VII/21 9 Januari 2021

Lampiran : –

atur keuangan usaha

Hal : Penawaran Barang Elektronik

 

Yth Bapak Zainul Ahmad

TOKO AHMAD UTAMA

Jalan Manunggal Raya. No.76 Sawojajar

Malang

Dengan hormat,

Dengan datangnya surat ini, kami dari PT PUTRA BANGSA ELEKTRONIK ingin mengajukan penawaran kepada bapak Zainul Ahmad, selaku pemilik TOKO AHMAD UTAMA, kamu menawarkan beberapa barang elektronik diantaranya sebagai berikut :

No. Nama Barang Harga
1. Mesin Cuci Rp3.000.000
2. Kulkas Rp3.600.000
3. Kipas Angin Rp1.500.000
4. Magic Com Rp250.000
5. Dispenser Rp600.000
6. Televisi Rp1.800.000

 

Adapun cara pembayarannya kami menyediakan 2 jenis metode, yaitu dengan Cash On Delivery (Dibayarkan ketika barang sampai ke pembeli) atau pembayaran langsung secara di cicil dengan 3 kali cicilan. Metode kedua yaitu melakukan pembayaran melalui transfer bank, pembayaran di awal penuh ataupun pembayaran dengan 3 kali cicilan.

Sekian surat penawaran ini kamu buat dengan sebenar-benarnya. Atas kerja sama Bapak kamu ucapkan terima kasih.

 

Hormat Kami,

 

PT PUTRA BANGSA ELEKTRONIK

 

Surat Penawaran Harga Beserta Contohnya 

Surat penawaran harga ini sangat penting digunakan untuk menjadikan alasan bagi pihak di tawari agar mau menerima penawaran yang diajukan. Surat penawaran harga ini juga merupakan sebuah alasan utama bagi sebuah pelaku usaha atau perusahaan untuk menyampaikan penawarannya ke pihak yang terkait.

Surat penawaran harga ini menjadi salah satu durat yang paling terkenal di dunia bisnis. Dalam membuat surat penawaran harga haruslah berisikan beberapa komponen yaitu : jenis produk yang harganya di tawarkan, metode pembayaran, informasi mengenai perusahaan penawar, dan komponen lain seperti komponen surat penawaran pada umumnya.

Berikut contoh surat penawaran harga yang sering digunakan dalam dunia bisnis :

CV RAJABI MAKMUR

Jalan. Mawar No. 141 Sleman Yogykarta

Telp. : 021 – 9877587232 Fax .: 021 – 997541

Nomor : 007/CV.RJM/VI/2021 7 januari 2021

Hal : Penawaran Harga Material

 

Kepada

Yth. Bapak Khalis Putra

PT RAIS UTAMA

Jln. Amarta No. 23 Jakarta Utara

DKI Jakarta

Dengan hormat,

Dengan ini kamu mengajukan daftar harga material sebagai berikut:

No. Nama Barang Satuan Harga
1. Kayu Sengon m2 Rp120.000
2. Pasi Pasang (Pasir Sedot) m3 Rp360.000
3. Batu Belah m3 Rp150.000
4. Solar Industri liter Rp10.000
5. Batu Apung m3 Rp190.000

 

  • Pengiriman barang akan dilakukan setelah ada pesanan dan pembayaran
  • Pembayaran dapat memberikan uang muka dan sisanya setelah 10 hari pengiriman, dapat di transfer melalui bank ke rekening BCA : 999824762190763 An. Sri Wahyuni

Demikian pengajuan daftar harga yang kami ajukan dengan harapan dapat menjadi pertimbangan dari bapak pimpinan. Atas kepercayaannya kami ucapkan terima kasih

Yogyakarta, 07 Januari 2021

          CV RAJABI MAKMUR

Sofyan Safi’i

Direktur

Surat Penawaran Kerja Sama Beserta Contohnya

Surat penawaran kerja sama sangatlah penting dalam dunia bisnis. Karena suatu perusahan sangat memerlukan mitra bisnis atau kerja sama dengan perusahaan lain agar usahanya lebih berkembang lagi. Surat penawaran kerja sama ini adalah sebuah langkah yang harus diambil perusahaan untuk melakukan komunikasi dengan pihak-pihak yang diajak kerja sama. 

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menulis surat penawaran kerja sama ini yaitu, bahasanya formal, mencantumkan identitas perusahaan, dan disertai stempel sebagai bukti legalitas. Untuk komponen lainnya sama seperti surat penawaran pada umumnya, yaitu kop surat, kepala surat, pembuka, isi, dan penutup surat.

Baca Juga : Cara Membuat NPWP untuk UMKM

Berikut ini surat penawaran kerja sama sebuah perusahaan :

PT ADIO SANTOSA

Jalan Sukomoro No 19, Surabata

E-mail : adiosantosa@gmail.com

Telp (0872)74651762

04 Januari 2021

Nomor : 024/PT.AS/IX/2021

Lampiran : 3

Hal : Penawaran Kerja Sama

Dengan hormat,

Dengan datangnya surat ini, izinkan kami memperkenalkan diri. Kami sebuah perusahaan bernama PT Adio Santosa. Kami adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa percetakan, desain, dan teknologi informasi. Kami melayani pembuatan desain pamflet, desain website, toko online, desain majalah, desain buku profil, desain buku album tahunan, desain katalog perusahaan, buku profil, desain mug, dan sebagainya. 

Berdasarkan informasi yang kami peroleh, bahwa Panjiretno Shop adalah sebuah perusahan yang menjual berbagai macam produk aksesoris dan souvenir yang mengikuti desain dan trend anak muda zaman sekarang. Kami juga mengetahui bahwa Panjiretno Shop sekarang ini berkembang dengan pesat. Setelah kami observasi Panjiretno Shop masih belum memiliki sebuah website sebagai toko online yang mengikuti perkembangan zaman sekarang ini.

Sehubungan dengan ini, kami menawarkan untuk pembuatan website beserta desainnya demi kelancaran bisnis Panjiretno Shop. Selain itu kamu juga memiliki beberapa desain yang indah dalam hal souvenir, seperti mug, majalah dan lain sebagainya yang mampu meningkatkan daya tarik dalam penjualan barang Panjiretno Shop.

Bapak/Ibu pimpinan bisa mengetahui produk-produk kami lebih lanjut bisa menghubungi pihak perusahaan kami melalui email, atau langsung mendatangi perusahaan kami berdasarkan alamat yang ada. Kami dengan senang hati bersedia untuk menjelaskan detailnya lagi.

Demikian surat penawaran kerja sama ini kami buat. Semoga Panjiretno Shop dapat bekerja sama dengan perusahaan kami. Atas segala perhatiannnya kamu ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

 

Fachri Fauzi

Direktur utama

Itulah beberapa contoh surat penawaran yang baik dan benar. Perlu diingat bahwa surat penawaran ini adalah surat resmi dan haruslah menguntungkan kedua belah pihak. Agar lebih memahaminya lagi, silahkan membaca penjelasan dan jadikan contoh surat penawaran ini sebagai referensi.

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download