Download Gratis
Butuh bantuan?

Contoh Surat Lamaran Kerja

Untuk membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar, Anda dapat mencari melalui contoh surat lamaran kerja. Di dalam berbagai contoh surat lamaran pekerjaan, nantinya Anda harus menyertakan berbagai dokumen pendukung.

Surat lamaran kerja adalah salah satu berkas penting yang harus Anda penuhi saat melamar pekerjaan. Agar berkas Anda menarik perhatian pihak perusahaan perekrut, di dalamnya harus Anda isi dengan menuliskan keahlian, keterampilan dan kekuatan yang Anda miliki.

atur keuangan usaha
download aplikasi bukuwarung

Berikut di bawah ini berbagai informasi mengenai contoh surat lamaran kerja untuk Anda.

Definisi dan Format Surat Lamaran Kerja

Pengertian surat lamaran kerja menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah urat resmi yang dibuat dan dikirimkan oleh seseorang yang ingin bekerja di sebuah kantor perusahaan ataupun instansi tertentu.

Surat lamaran kerja masuk ke dalam kategori surat resmi, sehingga format penulisan yang Anda sampaikan harus dalam bentuk bahasa baku.

Format yang terdapat pada surat lamaran akan memberikan kemudahan kepada penerima untuk memahami tanpa menimbulkan interpretasi ganda.

Buat Toko Online Sendiri

Berdasarkan urutannya, berikut ini penjelasan format penulisan surat lamaran kerja:

  • Tempat dan tanggal penulisan surat

Tempat dan tanggal penulisan surat harus Anda letakkan pada bagian atas surat lamaran. Tujuan dari penulisan ini adalah agar penerima mengetahui domisili tempat tinggal Anda yang nantinya akan dijadikan sebagai pertimbangan.

  • Tujuan surat

Tujuan surat ini berkaitan dengan nama dan alamat perusahaan yang akan Anda lamar. Anda hanya perlu menulis tujuan surat lamaran Anda, kemudian tuliskan Yth serta diikuti nama dan alamat perusahaan penerima.

atur keuangan usaha
  • Salam pembuka dan kata pengantar surat

Salam pembuka harus Anda ikuti dengan kata pengantar yang menjelaskan secara singkat dari mana Anda mendapatkan informasi lowongan pekerjaan tersebut.

  • Identitas/data diri pelamar

Identitas/data diri yang Anda masukkan ke dalam surat lamaran kerja tidak perlu terlalu lengkap. Anda hanya perlu menyebutkan nama, tempat tanggal lahir, alamat, email, nomor telepon serta pendidikan terakhir yang telah Anda dapatkan.

  • Pengalaman kerja dan keahlian pelamar

Pada bagian ini, Anda dapat menuliskan secara singkat dan padat terkait pengalaman kerja ataupun magang serta keahlian yang Anda miliki. Kedua hal tersebut akan membantu Anda untuk meningkatkan nilai tambah kualitas diri.

atur keuangan usaha
  • Penutup surat

Bagian penutup berisikan harapan Anda supaya surat lamaran kerja yang telah Anda kirimkan tersebut mendapatkan respon positif dari perusahaan.

Untuk lebih menyempurnakan surat lamaran, Anda harus menuliskan salam serta membubuhkan tanda tangan pada bagian bawah kanan surat lamaran.

Baca juga : Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja 

Contoh Surat Lamaran Kerja

Setelah Anda mengetahui contoh format surat lamaran, sekarang saatnya Anda mengetahui contoh surat lamaran secara langsung:

1. Format untuk fresh graduate

2. Format untuk yang sudah berpengalaman

3. Format surat lamaran BUMN

Apabila Anda ingin mengetahui contoh surat lamaran kerja tulis tangan, Anda dapat menggunakan contoh format di atas, kemudian salinlah ke tulisan tangan.

Hal-hal yang perlu Anda perhatikan dalam membuat surat lamaran kerja tulis tangan antara lain menulis surat di kertas folio bergaris yang rapi, hindari kesalahan dan jangan sampai menggunakan correction pen.

Seperti itulah contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar. Surat lamaran kerja yang berkualitas akan memberikan daya tarik sendiri terhadap penerima surat atau pihak rekrutmen. Selamat mencoba dan terus semangat. Jangan mudah menyerah ya!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download