Download Gratis
Butuh bantuan?
download aplikasi bukuwarung

Cara Memulai Usaha Reseller Skincare Korea

Tulisan ini merupakan artikel kerjasama antara Modalku dan BukuWarung

Bisnis reseller skincare Korea saat ini tengah diminati seiring dengan peminatnya yang bertambah di Indonesia. Bukan hanya perempuan, laki-laki pun turut menggunakan perawatan dari Korea sehingga permintaan untuk produk ini semakin tinggi.

atur keuangan usaha
download aplikasi bukuwarung

Salah satu cara memanfaatkan peluang bisnis ini adalah dengan menjadi reseller produk skincare Korea yang paling banyak diminati. Akan tetapi, memulai usaha reseller skincare tidak bisa sembarangan. Berikut langkah memulai bisnis reseller produk skincare asal Korea.

  1. Buat rencana bisnis

Memulai sebuah usaha pastinya harus diawali dengan rencana bisnis alias business plan. Membuat rencana bisnis wajib dilakukan supaya Juragan tahu apa yang akan dikerjakan ke depannya. Tanpa rencana bisnis, usaha yang Juragan jalani seolah tanpa arah dan panduan. Juragan pun tidak tahu strategi apa yang harus dilakukan.

Oleh karena itu, meski bisnis yang akan Juragan jalani adalah menjual lagi produk dari merek yang sudah ada, rencana matang tetap dibutuhkan. Misalnya, buatlah rencana bagaimana Juragan akan memasarkan produk, mempromosikannya pada calon pelanggan, bertahan di tengah persaingan bisnis skincare, dan lainnya. Satu hal penting, tentukan strategi untuk membuat bisnis Juragan terus berkembang.

Baca juga : Tips Memulai Usaha Salon

  1. Cari supplier skincare yang terpercaya

Sebagai seseorang yang akan menjalankan bisnis reseller skincare Korea, maka pastikan Juragan sudah memiliki calon supplier terpercaya. Supplier bertanggung jawab untuk menyetok produk skincare yang Juragan jual nantinya. Memilih supplier tidak bisa sembarangan. Pastikan ia adalah orang yang dapat dipercaya serta bertanggung jawab.

Buat Toko Online Sendiri

Juragan harus memastikan keaslian produk yang dikirimkan supplier supaya pelanggan nantinya tidak kecewa. Di samping itu, lakukan riset untuk menemukan supplier dengan penawaran harga jual paling terjangkau. Sebab, jika barang dari supplier mahal, maka Juragan akan kalah saing dengan reseller yang bisa mendapatkan produk skincare Korea dengan harga lebih rendah.

  1. Siapkan modal dan peralatan

Berjualan sebagai reseller pastinya Juragan memerlukan modal. Kabar baiknya, modal yang Juragan keluarkan tidak perlu terlalu besar asalkan tahu strateginya. Agar untung, mulailah dengan menyetok produk populer yang sudah terbukti diminati oleh masyarakat. Selain itu, siapkan stok secukupnya, tidak usah terlalu banyak dahulu.

Kalau bisnis reseller skincare ini sudah mulai jalan dan menunjukkan keuntungan, maka Juragan bisa menambah jenis produk dan stoknya. Lalu, yang tak kalah penting adalah peralatan untuk menunjang bisnis Juragan, misalnya kamera untuk memfoto produk. Sekarang ini, jualan online reseller skincare ramai dilakukan di media sosial. Oleh karena itu, jangan ragu promosikan bisnis Juragan lewat media sosial dengan menampilkan foto produk yang menarik.

atur keuangan usaha
  1. Tetapkan harga yang masuk akal

Harga adalah salah satu aspek yang bakal jadi pertimbangan pembeli. Biasanya, pembeli akan mencari produk skincare yang terjangkau dan masih ramah di kantong. Apalagi karena ini adalah skincare Korea, maka sudah pasti pembeli akan lebih jeli terhadap harga. Mereka akan mencari harga terbaik demi mendapatkan produk perawatan yang dimau.

Tugas Juragan sebagai reseller skincare adalah menetapkan harga bersaing yang masih ramah di kantong pembeli. Kalau bisa dan memang memungkinkan, patok harga yang bisa dijangkau oleh semua kalangan. Sebab, dengan begitu, jangkauan pembeli Juragan bisa lebih luas sehingga kesempatan mendapatkan pelanggan pun lebih besar.

  1. Perhatikan aspek promosi

Yang tak kalah penting adalah siapkan materi dan strategi promosi untuk bisnis reseller skincare Juragan. Promosi memegang peranan penting dalam sebuah bisnis sebab ini akan mengenalkan produk Juragan pada calon pembeli. Promosi bisa Juragan lakukan dengan berbagai cara, misalnya yang sekarang ini populer adalah melalui media sosial.

atur keuangan usaha

Sebagai reseller skincare, Juragan bisa membuat akun media sosial khusus untuk jualan. Melalui media sosial tersebut, promosikan produk skincare yang Juragan jual. Format promosi pun bisa beragam, mulai dari mengunggah foto, video pendek, dan lainnya. Satu hal penting, pastikan kualitas gambar atau video produk yang Juragan unggah nampak jelas, ya!

Baca juga : Ide Bisnis Terkait Korea

  1. Catat semua penjualan produkmu pakai BukuWarung

Pencatatan menjadi hal yang tak boleh dilupakan dalam berbisnis. Tanpa catatan penjualan, mustahil bisnis bisa berkembang. Juragan akan “buta” pada kondisi bisnis terkini, misalnya jumlah stok barang, total uang masuk, total pengeluaran, hingga keuntungan. Tanpa tahu catatan-catatan jumlah itu,, keputusan-keputusan bisnis pun akan meleset. Oleh karena itu, catatan penjualan pun harus dilakukan dengan rapi dan detail.

Juragan tak perlu bayangkan kalau mencatat penjualan itu rumit dan memusingkan. Karena saat ini ada BukuWarung, platform yang membantu Juragan mencatat semua transaksi keuangan usaha. Pencatatan menjadi lebih praktis, efisien dan jauh dari kata memusingkan. Rasakan kemudahan mencatat transaksi bersama BukuWarung! Klik di sini untuk pelajari layanannya

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download