Download Gratis
Butuh bantuan?

Cara Memulai Usaha Angkringan

Usaha angkringan merupakan usaha yang bisa kamu buka dengan memiliki alasan yang dengan modal kecil. Memiliki modal terbatas bukan dijadikan alasan sebagai tidak boleh untuk mencoba bisnis karena harus menunggu modal besar terlebih dahulu.

Karena dijaman sekarang ada banyak yang bisa dimulai dengan mengandalkan modal kecil, contohnya adalah usaha angkringan yang ada di pinggir jalan.

atur keuangan usaha
download aplikasi bukuwarung

Usaha warung angkringan adalah semacam warung yang ada di gerobak kayu dan biasanya ditutupi dengan terpal. Angkringan yang awalnya terdapat banyak di jogja, klaten, dan solo ini hampir sudah ditemui di banyak kota lainnya.

Banyak angkringan yang sudah merata di daerah jawa, seperti di bandung, pemalang, Denpasar, semarang, Jakarta, dan daerah lainnya.

Tips Memulai Usaha Angkringan

1. Siapkan Modal

Modal usaha angkringan yang dijual pun sudah sangat sederhana sekali karena menu yang disajikan juga sungguh sederhana. Adanya nasi kucing salah satunya ini karena memang porsinya yang sangat kecil dan dibungkus seperti layaknya nasi untuk kucing.

Biasanya per bungkus nasi dihargai 2 ribu rupiah dan disantap dengan 3 sampai 5 bungkus untuk orang dewasa.

Buat Toko Online Sendiri

Selain itu nasi kucing ini bisa disantap dengan makanan lainnya seperti sate, ayam goreng, balungan, dan gorengan. Untuk melengkapinya terdapat pula minuman khas tradisional, seperti wedang jahe, teh, dan kopi.

Tidak semua modal kecil akan mendapatkan penghasilan bersih yang kecil pula, terkadang modal kecil sungguh akan meraup keuntungan yang sangat besar dan berkali lipat.

Baca juga : Tips Usaha Modal Kecil

atur keuangan usaha

2. Pilih Lokasi di Tempat Ramai

Paket usaha angkringan anda bisa membukanya dengan memilih lokasi jualan terlebih dahulu karena sangat berpengaruh untuk kesuksesan bisnis anda.

Pilihlah lokasi usaha angkringan anda yang dekat dengan target pasar mudah dijangkau, dan akses jalan yang mudah dicari. Misalnya adalah buka di dekat kampus, dekat terminal, dekat pasar, dekat pemukiman warga, dan beberapa tempat wisata atau perkantoran.

Membuka angkringan ini juga bisa menjanjikan di bagian wilayah pedesaan, seperti jalur antar kota. Angkringan bisa anda jadikan sebagai tempat singgah untuk pengendara yang berlalu Lalang akan melewati desa tersebut.

atur keuangan usaha

Membuka warung usaha angkringan ini juga tidak kalah saing dengan di pulau jawa jika anda membuka di luar pulau jawa.

Baca juga : Kuliner Jogja Terpopuler

3. Buat Konsep Angkringan

Usaha angkringan juga memerlukan konsep awal terlebih dahulu sebelum membukanya. Apakah anda ingin menciptakan warung angkringan seperti apa, apakah gaya modern dan gaul atau sederhana dan klasik.

Konsep angkringan yang biasanya adalah sederhana dan dapat berupa gerobak seperti kayu dengan tutup terpal.

Meskipun begitu akan sangat menguntungkan dan tetap bisa akan menjaring banyak pelanggan jika sudah terkenal. Namun jika menginginkan pembeli adalah anak muda, sebaiknya anda bisa memiliki suasana ala anak muda jaman sekarang guna menjadi tempat nongkrong yang sangat keren dan asyik.

Contohnya saja konsep cafe dengan fasilitas wifi dan televisi besar yang biasanya bisa digunakan untuk nonton bareng.

Usaha angkringan modern perlu membutuhkan modal yang cukup besar pula agar terbayarkan dengan kedatangan banyak pembeli. Akan tetapi, modal yang dimiliki terbatas, anda bisa menjalankan warung usaha sederhana dengan konsep klasik saja seperti dahulu.

Yang terpenting adalah ciri khas warung angkringan adalah gerobak yang menarik sehingga orang sudah melihat dan tertarik visual terlebih dahulu.

4. Buat Menu yang Beda

Untuk menjadi pembeda dengan angkringan lainnya, sebaiknya buatlah menu yang menjadi pembeda. Adanya menu yang beragam, seperti layaknya macam makanan tradisional ini dipadukan pula dengan makanan modern yang ada.

Tetapi biasanya semua makanan di angkringan sudah dimasak terlebih dahulu sebelum dijual begitu saja.

Anda juga bisa mempertahankan ciri khas angkringan dengan menggunakan tutupan gerobak menggunakan terpal warna biru atau orange. Konsep angkringan itu harus ada walaupun konsep warung angkringan anda di desain dengan sangat modern dan gaul.

Tetapi akan lebih baik tidak menghilangkan ciri khas tersebut agar terasa masih di angkringan bukan di cafe.

5. Tetap Jaga Kebersihan Angkringan

Proposal usaha angkringan terkadang diperlukan untuk memulai bisnis agar lebih terkenal. Anda bisa menjaga kebersihan di sekitar gerobak dan sekitar tempat jualan anda, agar terlihat bersih dan rapi saat berjualan.

Selalu bersihkan gerobak karena jika gerobak yang kotor dan kusam dipakai, tentu konsumen akan merasa jijik Ketika makan di warung angkringan anda.

Selain kebersihan, pelayanan yang diberikan pula menjadi landasan anda untuk membuka usaha angkringan ini. Anda harus memberikan keramahan dan pelayanan konsumen anda dengan baik supaya mereka betah untuk berlama-lama sambil menyantap makanan tersebut.

Untuk menargetkan anak muda biasanya tambahkan wifi dengan kuota besar agar konsumen lebih senang berada di warung angkringan anda.

Dengan modal yang kecil bisa menghasilkan keuntungan yang lumayan banyak atau bahkan dibilang sangat besar sekali. Bahkan bisa berkali lipat dari modal awal. Berikut merupakan cara menjalani Usaha angkringan supaya lebih terkonsep. Selamat mencoba!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download