Download Gratis
Butuh bantuan?
download aplikasi bukuwarung

Cara Tepat Memilih Supplier Terpercaya Untuk Bisnis Juragan

Cara memilih supplier yang benar adalah salah satu kunci keberhasilan usaha kita. Baik bisnis online maupun offline, semuanya bisa mendapat hambatan penjualan saat proses produksi berlangsung.

Misalnya di saat kita sedang membutuhkan baik bahan baku atau barang jadi, tetapi barang yang dibutuhkan mengalami keterlambatan pengiriman atau sedang kosong sehingga tidak bisa memenuhi kebutuhan kita.

atur keuangan usaha
download aplikasi bukuwarung

Inilah pentingnya peran supplier dalam keberlangsungan usaha kita. Mendapatkan supplier yang tepat dapat mempengaruhi kekuatan produksi dan omzet bisnis Anda secara langsung.

Nah, penasaran bagaimana cara mendapatkan supplier tangan pertama atau toko distributor untuk mendapatkan harga termurah untuk dijual secara online? Yuk, simak beberapa tipsnya di bawah ini!

Baca juga : Perbedaan Reseller dan Dropship

Hal yang Sebelum Dipersiapkan Sebelum Memilih Supplier

Ada beberapa kriteria minimal yang Juragan harus tahu sebelum memilih supplier.

Buat Toko Online Sendiri

1. Tentukan kriteria bahan baku yang Juragan butuhkan

Sebelum memilih supplier, pastikan Juragan sudah membuat daftar kriteria yang sesuai dengan kebutuhanmu. Tentukan juga apakah kebutuhanmu untuk dropship atau  reseller karena pasti kebutuhannya berbeda.

Kriteria yang perlu Juragan perhatikan yaitu:

  • Target waktu dari proses produksi hingga produk diterima oleh konsumen
  • Jumlah bahan yang dibutuhkan
  • Penyimpanan barang
  • Kualitas bahan
  • Metode pembayaran

2. Pastikan kualitas produk sesuai kriteria yang ditentukan

Jangan mudah tergoda dengan harga yang murah. Perhatikan apakah kualitas bahan baku membuatmu puas. Pembeli akan menilai barang yang mereka beli di pembelian pertama jadi pemilihan kualitas bahan yang baik tentu akan berpengaruh pada kepuasan konsumen. Juragan bisa meminta produk sampel untuk mengetahui apakah kualitas bahannya sesuai dengan yang Juragan inginkan.

atur keuangan usaha

3. Perhitungkan kemampuan supplier dalam memenuhi pesanan

Jangan lupa untuk memperhitungkan kemampuan supplier dalam memenuhi kebutuhan toko. Seringkali supplier merasa mampu menyediakan bahan sesuai permintaan tetapi karena beberapa hambatan membuat pasokan terlambat datang atau tidak bisa dikirimkan. Pilih supplier yang mampu menyelesaikan pesanan dengan ketepatan waktu yang dapat dipertanggungjawabkan.

4. Pelajari detail perihal pengembalian bahan baku 

Untuk menghindari kesalahpahaman dan menghemat waktu, pastikan Juragan sudah mempelajari detail mengenai pengembalian bahan baku jika tidak sesuai dengan kebutuhan. Ini akan mempermudah pengembalian bahan baku jika kebijakan pengembalian sudah disepakati

5. Perhatikan  track record supplier 

Tidak perlu terburu-buru saat mencari supplier yang dibutuhkan. Cek semua informasi mengenai supplier yang Juragan butuhkan melalui Juragan lain yang mungkin pernah menggunakan supplier yang sama atau melalui forum online. Pelajari hal-hal seperti ketepatan waktu pengiriman bahan dan kualitasnya untuk menghindari supplier yang tidak terpercaya yang membuat usaha terhambat.

atur keuangan usaha

6. Pilih supplier yang cepat tanggap terhadap permintaan dan keluhan

Setelah semua informasi didapat, Juragan bisa tes kecepatan penanganan keluhan dari pelanggan. Juragan bisa uji coba dengan order dalam kuantitas kecil dan lihat pelayanan yang diberikan. Juragan bisa menilai kecepatan respon saat hendak membeli, proses pengiriman barang, hingga setelah barang diterima dan ada keluhan. Pilih supplier yang cepat tanggap dan solutif saat ada keluhan dari pelanggan sehingga dapat diandalkan jika terjadi masalah di kemudian hari.

Cara memilih supplier terpercaya:

1. Belanja dari Supplier Tokoko Lewat Fitur Barang Grosir BukuWarung

Masih bingung menemukan cara mencari supplier yang terpercaya? Untuk memudahkan Juragan, aplikasi BukuWarung menyediakan fitur Barang Grosir. Fitur Barang Grosir adalah fitur yang dihadirkan dari gabungan aplikasi BukuWarung dengan aplikasi Tokoko. 

Fitur ini bertujuan untuk memudahkan Juragan dalam belanja stok, barang jualan, atau bahan baku dari para supplier Tokoko. Cara menggunakannya mudah:

  1. Klik gambar “Barang Grosir” pada Home di aplikasi BukuWarung
  2. Pilih lokasi supplier yang diinginkan
  3. Ketik nama produk atau supplier yang Juragan cari. Juragan bisa membandingkan harga dan rating supplier atau membuat daftar toko langganan
  4. Masukkan jumlah produk yang ingin dibeli
  5. Masukkan data diri dengan lengkap dan benar, lalu pilih salah satu dari 2 metode pengiriman yaitu ambil sendiri di toko atau antar ke lokasi Juragan dengan pilihan kurir sesuai keinginan
  6. Pilih metode pembayaran yang diinginkan lalu klik “Bayar”
  7. Juragan akan menerima kode verifikasi lewat SMS, lalu masukkan kode ini untuk menyelesaikan pesanan. Setelah itu klik “Lihat Pesanan”.
  8. Selesaikan pembayaran dengan klik “Bayar Sekarang”. Jika berhasil, Juragan akan menerima kode rahasia via Whatsapp untuk melacak pesanan.

Apa sih keuntungan belanja barang grosir di BukuWarung?

  • Lebih Cepat: Juragan tidak perlu mengantri belanja seperti saat belanja di toko offline.
  • Lebih Mudah: Juragan bisa pesan stok barang dari rumah dengan berbagai metode pemesanan dan pengiriman.
  • Aman: Setiap supplier sudah diverifikasi langsung di tempat oleh tim BukuWarung.
  • Hemat: Juragan bisa mendapatkan harga khusus dari supplier langsung dan dapat promo penawaran menarik
  • Bayar Nanti: Juragan bisa menikmati fitur TalanginDulu yang bantu memodali belanja stok barang lebih banyak hingga 20 juta.

Baca juga : 3 Cara Mudah Belanja dari Supplier Tokoko

2. Cari di sentra bazar bisnis

Acara bazar biasanya dihadiri oleh penjual atau produsen yang memamerkan produk yang mereka jual. Sebelum mengikuti bazar, pihak penyelenggara biasanya akan menyeleksi lebih dulu siapa saja yang bisa mengikuti pameran tersebut. 

Dengan mengunjungi bazar, pastinya produk yang dipamerkan telah dipilih berdasarkan produsen yang mempunyai kualitas produk yang bagus.

Selain itu, Juragan dan produsen bisa saling percaya dengan melihat kualitas produk secara langsung sehingga mengurangi resiko kerugian. Acara ini juga cocok untuk membangun jaringan dan kerjasama antara Juragan dengan produsen.

3. Melalui forum dan komunitas

Jika masih dalam tahap riset, Juragan bisa bergabung dengan forum atau komunitas pebisnis atau supplier. Selain untuk mencari informasi, sekaligus untuk menambah koneksi yang tentunya dibutuhkan saat berbisnis.

Dalam forum atau komunitas ini biasanya banyak anggota yang memberikan informasi mengenai tips, informasi seputar produk, supplier, dan lainnya. Jangan segan untuk banyak bertanya agar mendapatkan informasi yang membuat Juragan puas.

4. Datang langsung ke pabrik

Punya waktu lebih dan ingin mengetahui secara langsung mengenai produk, pengiriman, dan informasi lainnya? Cara terbaik adalah dengan mendatangi pabrik supplier secara langsung.

Juragan bisa melihat langsung proses pembuatan, kontrol kualitas, hingga pengemasan produk. Juragan juga bisa banyak bertanya tentang kriteria yang Juragan butuhkan. Tapi, jangan lupa untuk membuat janji lebih dulu ya.

Nah, itu dia tips dan cara memilih supplier yang terpercaya. Apakah saat ini Juragan baru akan merintis usaha atau sedang mencari supplier baru? Semoga informasi ini bermanfaat ya dan jangan lupa bagikan ke Juragan lain yang membutuhkan!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download