Download Gratis
Butuh bantuan?

Cara Daftar, Belanja, & Bayar Tagihan Talangin Dulu Tokoko untuk Pelanggan

Daftar Isi

Untuk kamu yang perlu belanja stok usaha, ada kabar baik! Sekarang, kamu bisa belanja di Tokoko dengan metode pembayaran baru, yaitu Talangin Dulu.

Talangin Dulu memudahkan kamu sebagai pelanggan yang ingin belanja kebutuhan usaha atau stok barang tapi belum cukup dana. Jadi, kamu bisa belanja sekarang, bayarnya di-Talangin Dulu. Untuk pembayarannya, kamu bisa pilih waktu jatuh tempo mulai dari 1 hingga 2 minggu.

BukuWarung dan Tokoko bekerjasama dengan Bank Sahabat Sampoerna (BSS) & Gandeng Tangan sebagai mitra penyedia pinjaman yang telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga aman & terpercaya. Lalu, bagaimana cara belanja pakai Talangin Dulu dan membayar tagihannya? Simak dulu penjelasan di bawah ini, ya!

1. Bagaimana cara pelanggan mendaftar jadi pengguna Talangin Dulu?

Kamu perlu download aplikasi BukuWarung terlebih dahulu, lalu ikuti panduan berikut:

2. Syarat Menjadi Pengguna Talangin Dulu

Agar bisa berbelanja menggunakan Talangin Dulu, kamu perlu mengajukan pendaftaran terlebih dahulu. Tenang, kamu akan dibantu oleh tim Tokoko atau Juragan pemilik toko dalam proses ini. Untuk pendaftaran, berikut dokumen yang perlu kamu lengkapi:

  • Surat Perjanjian yang sudah kamu tanda tangani
  • Formulir Permohonan Pinjaman BukuWarung Talangin Dulu yang sudah diisi
  • 3 catatan pengeluaran (Invoice) dalam 1 bulan terakhir

Selanjutnya, pendaftaran Talangin Dulu akan diproses oleh mitra penyedia pinjaman (Bank Sahabat Sampoerna dan Gandeng Tangan). Hasil pengajuan akan disampaikan kepada  kamu oleh tim BukuWarung. Jika pendaftaran berhasil, kamu dapat berbelanja menggunakan metode pembayaran Talangin Dulu.

Untuk informasi selengkapnya mengenai pendaftaran Talangin Dulu, silakan hubungi tim Tokoko di WhatsApp: +62 838-0455-0504.

3. Berapa limit saldo Talangin Dulu?

Talangin Dulu mempunyai 3 limit:

  • Limit saldo per pelanggan: Rp20.000.000
  • Limit minimal penggunaan saldo per transaksi: Rp350.000
  • Limit maksimal penggunaan saldo per transaksi: Rp5.000.000

4. Apa saja pilihan waktu jatuh tempo pembayaran Talangin Dulu?

Berikut pilihan waktu jatuh tempo pembayaran Talangin Dulu beserta perhitungan biaya admin.

Pilihan Jatuh Tempo

Biaya Admin

Total Tagihan

1 Minggu1%Total harga pembelian + biaya admin
2 Minggu2%

5. Bagaimana cara belanja pakai Talangin Dulu?

6. Apakah metode pembayaran Talangin Dulu dikenakan biaya admin?

Ya, setiap pembelian menggunakan metode pembayaran Talangin Dulu dikenakan biaya admin sesuai dengan jatuh tempo yang dipilih. Perhitungan biaya admin bisa dilihat pada tabel di atas.

7. Kapan saya harus membayar tagihan?

Sesuai dengan tanggal jatuh tempo yang dipilih. Tanggal jatuh tempo pembayaran akan dihitung dimulai dari saat kamu mengkonfirmasi pesanan diterima.

8. Apakah ada denda jika telat membayar?

Ya, denda keterlambatan akan diberlakukan 3 hari setelah lewat tanggal jatuh tempo. Pastikan kamu membayar tagihan tepat waktu untuk menghindari denda keterlambatan dan limit terkunci.

Tokoko memberi tambahan waktu sebagai toleransi selama 3 hari. Lebih daripada itu, kamu akan dikenai denda keterlambatan dengan ilustrasi perhitungan sebagai berikut:

Total denda keterlambatan = [jumlah hari keterlambatan] x 0,1% dari total pembelian

Tanggal Transaksi

Tanggal Konfirmasi Pesanan Diterima Pilihan Jangka Waktu TempoTanggal Jatuh Tempo Pembayaran

Tanggal Dikenakan Denda Keterlambatan

1 Januari1 Januari1 Minggu (7 hari)8 Januari12 Januari

*Tabel ini hanya ilustrasi perhitungan. Untuk rincian total tagihan bisa kamu lihat di aplikasi BukuWarung.

Selain denda, keterlambatan berdampak pada kolektibilitas kredit Juragan sebagai penerima pinjaman di kemudian hari, baik pada akses pinjaman melalui BukuWarung, Tokoko maupun pada layanan keuangan lainnya dari Lembaga Jasa Keuangan apapun di Indonesia.

Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan untuk menjaga kolektibilitas kredit dan dampak bagi keterlambatan pembayaran tagihan:

  1. Sesuai dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan yang berlaku, keterlambatan pembayaran akan mempengaruhi kolektibilitas kredit [resiko blacklist SLIK/BI Checking] sebagai penerima pinjaman di kemudian hari, baik pada akses pinjaman melalui BukuWarung, Tokoko maupun pada layanan keuangan lainnya dari Lembaga Jasa Keuangan apapun di Indonesia (contoh: KUR, KPR, Kredit Kendaraan Bermotor (Motor/Mobil), dll). 
  2. Keterlambatan 8 hari – 14 hari
    • Mengakibatkan akses ke layanan ke pinjaman Solusi Modal Usaha dan penggunaan metode pembayaran Talangin Dulu dinonaktifkan sementara
  3. Keterlambatan 15 hari dan seterusnya
    • Mengakibatkan akses pembayaran bayar/tagih, pembelian produk digital, menyimpan/melakukan pembayaran dengan saldo dan menerima pembayaran QRIS melalui aplikasi BukuWarung diblokir
    • Mengakibatkan akses penggunaan metode pembayaran bank transfer dan dompet digital pada pembelian barang di Tokoko diblokir
  4. Pelajari lebih lanjut mengenai kolektibilitas kredit disini [https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/20597]

9. Bagaimana cara membayar tagihan Talangin Dulu?

10. Apakah saya harus download aplikasi BukuWarung untuk membayar tagihan?

Ya, kamu harus download aplikasi BukuWarung dan mendaftar dengan nomor HP yang sama dengan yang digunakan saat mengajukan pendaftaran Talangin Dulu.

Dengan aplikasi BukuWarung, kamu dapat melihat sisa limit saldo, rincian total tagihan, hingga tanggal jatuh tempo. Selain itu, riwayat pembayaran dan laporan keuangan kamu akan tercatat lebih rapi, aman, dan nyaman.

11. Apakah pembayaran Talangin Dulu bisa dicicil?

Tidak, kamu diwajibkan untuk membayar tagihan Talangin Dulu sesuai dengan nominal yang tercantum di rincian tagihan.

12. Apabila saya menggunakan Talangin Dulu, kapan Juragan/ pemilik toko menerima pembayaran saya?

Juragan/ pemilik toko akan menerima pembayaran dari mitra penyedia pinjaman maksimal 3 hari kerja setelah kamu mengkonfirmasi pesanan diterima.

13. Apakah Talangin Dulu bisa digabung dengan metode pembayaran lainnya?

Tidak, saat ini pembayaran Talangin Dulu tidak dapat digabung dengan metode pembayaran Tunai atau lainnya.

14. Apakah Talangin Dulu dapat digunakan lebih dari sekali dalam sehari?

Ya, kamu bisa berbelanja di-Talangin Dulu lebih dari sekali dalam sehari selama limit saldo masih tersedia. Kamu bisa melihat limit saldo pada saat checkout atau di laman Talangin Dulu pada aplikasi BukuWarung.

15. Apakah Talangin Dulu dapat digunakan di semua toko yang terdaftar di Tokoko?

Tidak, saat ini Talangin Dulu hanya tersedia di toko yang sudah terdaftar dan terpilih oleh tim Tokoko.

16. Apakah Talangin Dulu bisa digunakan untuk pembayaran layanan lainnya di aplikasi BukuWarung?

Tidak, saat ini Talangin Dulu hanya dapat digunakan untuk transaksi di Tokoko.

17. Apakah Talangin Dulu merupakan program BukuWarung?

BukuWarung dan Tokoko bertindak sebagai platform dan tidak memberikan pinjaman secara langsung kepada pengguna. BukuWarung dan Tokoko bekerja sama dengan Bank Sahabat Sampoerna (BSS) dan Gandeng Tangan sebagai mitra penyedia pinjaman yang telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Segala risiko yang timbul dari kesepakatan tersebut ditanggung sepenuhnya oleh penerima dan pemberi pinjaman yang terikat dalam kesepakatan tersebut dan tidak melibatkan BukuWarung dan Tokoko.

Dengan Talangin Dulu, usaha kamu jadi bisa lebih maju karena belanja kebutuhan usaha atau stok barang tidak perlu ragu terhalang dana. Nah, apakah kamu tertarik untuk belanja di-Talangin Dulu di Tokoko? Yuk, ajukan pendaftaran kamu sekarang!

Baca artikel terkait:

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download