Download Gratis
Butuh bantuan?

Bingung Pilih Nama Bisnis? Coba 10 Cara Membuatnya Disini!

Menentukan nama untuk bisnis memang susah-susah gampang. Sebagai hal yang pertama kali dilihat oleh masyarakat, nama bisnis tidak boleh dibuat secara asal-asalan. Di sisi lain, nama bisnis juga harus mampu mencerminkan bisnis itu sendiri. Jika nama bisnis Juragan terbukti bagus, maka bisnis akan dapat dikenal luas oleh masyarakat sekaligus media promosi.

Tidak perlu bingung, Gan! Membuat nama bisnis yang bagus dapat dilakukan dengan mudah, asalkan memenuhi kriteria berikut: singkat, mudah diingat, dan merefleksikan usaha. Bagaimana caranya? Simak sepuluh cara membuat nama bisnis berikut ini!

atur keuangan usaha
download aplikasi bukuwarung

Baca juga: Jualan Online Paling Laku

10 Cara Membuat Nama Bisnis yang Bagus

nama bisnis yang bagus

  1. Riset terlebih dahulu

Cara membuat nama bisnis yang bagus dapat diawali dengan melakukan riset terlebih dahulu. Carilah informasi dan kumpulkan data sebanyak-banyaknya. Hal yang paling penting, jangan sampai sama dengan nama pesaing karena hal itu akan membuat bisnis Juragan tampak meniru. Cek terlebih dahulu apakah nama yang kamu inginkan sudah dipakai oleh bisnis lain atau belum. 

Jika kamu ingin nama bisnis yang unik dan berbeda dari lainnya, sebaiknya hindari nama yang pasaran. Kata-kata seperti Abadi, Jaya, Cahaya, Sinar, atau Mandiri, akan membuat nama bisnismu akan mirip dengan bisnis lainnya. Pembeli juga cenderung merasa “itu-itu saja” dan membosankan.

Buat Toko Online Sendiri
  1. Bersifat deskriptif

Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan sebelum memilih nama bisnis adalah pastikan nama tersebut jelas dan menggambarkan produk yang Juragan tawarkan. Juragan juga bisa menggunakan kata kunci yang berkaitan. Sebagai contoh, jika Juragan punya online shop yang menjual bantal, “Fluffious” bisa menjadi nama online shop yang bagus karena menggambarkan bahwa produk bantal milik Juragan begitu empuk atau fluff.

  1. Singkat dan sederhana

Nama bisnis yang ideal sebaiknya tidak lebih dari tiga kata, sehingga singkat dan mudah untuk diingat. Selain itu, jangan lupa untuk tetap mendeskripsikan bisnis Juragan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pembeli mengingat nama toko Juragan. Nama yang unik juga akan membuat pembeli lebih tertarik.

Juragan bisa menggunakan nama-nama seperti Juragan Sayoer, Bos Bakso Online, Ahli Komputerku, dan nama-nama lainnya yang menggambarkan bisnis Juragan. Kreasi kata-kata seperti Agrofood, Kaos Kaki Aku, Kopi Lovey, dan Bola Bola Benang juga dapat membuat bisnis Juragan tampak lebih menarik tanpa menghilangkan deskripsi usaha.

atur keuangan usaha
  1. Sesuaikan dengan target pasar

Nama bisnis yang sesuai dengan target pasar tentu akan dapat menarik calon pembeli yang tepat pula. Hal ini juga dapat menaikkan jumlah pembeli karena calon pembeli akan langsung menemukan toko Juragan di hasil utama pencarian.

Misalnya, jika Juragan punya bisnis skincare dan make up dengan target pasar wanita usia 21 ke atas, Juragan bisa memilih nama-nama seperti Beautyland, Skinesia, Female Pick, dan sebagainya. Berbeda jika target pasar Juragan adalah remaja di atas 17 tahun. Juragan bisa menggunakan nama yang lebih cute seperti Kawaii Store, Jelly Cherry, dan sebagainya.

Baca juga: Tips Membuka Cabang Usaha Baru

atur keuangan usaha
  1. Jangan pakai simbol yang sulit dipahami

Hal ini perlu diperhatikan karena jika menggunakan simbol yang hanya dipahami oleh sebagian kalangan, maka jangkauan target bisnis Juragan juga akan menyempit. Hindari nama yang mengandung simbol seperti *, &, #, @, angka, atau simbol lainnya yang menyulitkan pembeli membaca nama bisnis Juragan. 

Coba Juragan bandingkan nama “PT Bint*ng Angka$a” dengan “PT Bintang Angkasa”. Bukankah nama yang kedua terkesan lebih mudah dibaca daripada yang pertama? Selain itu, nama tersebut juga tampak lebih profesional sehingga bisnis Juragan terlihat kredibel.

  1. Pakai nama pribadi? Why not!

Juragan juga bisa, lho, menggunakan nama sendiri untuk menamai bisnis. Opsi ini adalah cara termudah jika sudah terlalu bingung menentukan nama lainnya. Beberapa bisnis terbukti berhasil setelah menamai usaha mereka dengan nama pemiliknya, sebut saja Sego Sambel Cak Ri, Gudeg Yu Djum, dan Sambal Bu Rudy. 

Nama IKEA juga merupakan gabungan nama pemilik, yaitu Ingvar Kamprad, dengan kota kelahirannya, Elmtaryd Agunnaryd. Begitu juga Adidas yang diambil dari nama Adolf Adi Dassler, dan Wendys’s yang diambil dari nama anak perempuan pendirinya.

  1. Gunakan akronim

Ada beberapa perusahaan bisnis yang menamai mereknya menggunakan akronim agar lebih diingat masyarakat. Salah satunya adalah Indomie, yang merupakan singkatan dari Indonesia Mie. Nama ini berhasil melekat kuat sebagai produk mi instan yang berasal dari Indonesia. Contoh lainnya adalah BMW (Bayerische Motoren Werke) dan Nikon (Nippon Kogaku).

  1. Mitologi dan sastra bisa jadi inspirasi

Memilih nama yang bagus untuk bisnis dapat diambil dari nama-nama dalam mitologi dan sastra. Juragan pasti tidak asing dengan Nike, Hermés, Amazon, Saturnus, atau Pandora, bukan? Nama-nama tersebut terinspirasi dari nama dewa-dewi dalam mitologi dan sastra Yunani. Nike sang dewi kemenangan adalah penerapan yang bagus untuk nama sebuah bisnis sepatu dan apparel. 

Juragan juga pasti familiar dengan Sony, bukan? Sony berasal dari bahasa Latin “sonus” yang berarti suara. Pendirinya memilih pengucapan “Sony” karena dapat dipahami dengan mudah oleh berbagai macam penutur bahasa. Kata-kata estetik dalam kamus sastra seperti lazuardi, turangga, nilakandi, dan sebagainya juga dapat Juragan manfaatkan untuk bisnis di bidang tekstil.

  1. Ubah ejaan 

Selanjutnya, ada cara kreatif untuk membuat nama bisnis Juragan tanpak unik yaitu dengan mengubah ejaannya. Utak-atik kata dengan menghapus atau menambah huruf dalam katanya. Sebagai contoh, nama Tumblr dipilih dengan menghilangkan huruf “e” di suku kata terakhirnya. Begitu juga dengan Flickr. Nama yang dihasilkan pun menjadi terkesan ringkas dan unik.

Baca juga: Usaha di Luar Negeri yang Belum Ada di Indonesia

  1. Gambaran bisnis 

Last but not least, Juragan bisa memikirkan gambaran bisnis sendiri untuk inspirasi nama, misalnya seperti 7-eleven. Nama 7-eleven diambil dari gambaran bisnis mereka, yaitu buka pukul 07:00 am dan tutup pukul 11:00 pm. Hal ini menunjukkan bahwa dari hal sekecil apa pun, seperti jam buka tutup toko, dapat dijadikan sebagai inspirasi nama bisnis yang bagus. Begitu juga dengan nama TripAdvisor yang jelas menggambarkan layanan trip dan advisor

Selain itu, Juragan juga bisa, lho, menambahkan identitas bisnis dengan mencantumkan keterangannya. Misalnya saja, jika Juragan punya bisnis makanan, Juragan bisa menambahkan food di belakangnya. Begitu juga dengan bisnis lainnya, seperti Agus Tech, Gunawan Logistic, Ayang Tour and Travel, dan sebagainya.

Bisnis kini berkembang dengan sangat cepat. Apalagi dengan adanya bisnis online, para pengusaha akan semakin mudah menjalankan usahanya. Jangan sampai kalah saing dari pengusaha lainnya dengan memilih nama yang paling unik untuk bisnis Juragan. Yuk, Gan, segera pilih nama toko dengan berbagai cara memilih nama bisnis yang bagus seperti di atas!

Setelah memilih nama yang bagus untuk bisnis, saatnya mengelola bisnis Juragan dengan baik agar penghasilan semakin meningkat. Salah satu tips yang bisa diterapkan untuk mengelola bisnis dengan baik adalah dengan menggunakan aplikasi BukuWarung. Aplikasi ini dapat membantu Juragan terkait pembukuan agar bisnis menjadi lebih terstruktur dan profesional.

Yuk, download aplikasi BukuWarung secara gratis di Google Play Store!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download