Download Gratis
Butuh bantuan?

Beli Token Listrik dengan Aman di Agen Token Listrik Resmi

Listrik adalah kebutuhan hidup bagi banyak masyarakat. Sekarang ini, listrik seolah tak bisa dipisahkan dari kebutuhan sehari-hari, sebab berbagai perangkat rumah tangga maupun pekerjaan bergantung pada listrik. Mulai dari lampu rumah, charger handphone, charger laptop, hingga blender, dan microwave, semuanya membutuhkan listrik. Oleh karena itu, menjajal bisnis agen token listrik resmi dapat menjadi ide untuk mendapatkan tambahan pendapatan harian Juragan. 

Dengan menjadi agen token listrik, Juragan bisa mendapat keuntungan dari penjualan. Bisnis agen token listrik tepercaya ini amat menguntungkan sekaligus menjanjikan sebab pelanggannya sudah pasti ada. Lalu, bagaimana cara menjadi agen token listrik resmi untuk menambah penghasilan? Langsung saja simak ulasan berikut ini!

atur keuangan usaha
download aplikasi bukuwarung

Cara membeli token listrik

agen token listrik resmi

Juragan, menjadi agen token listrik resmi itu termasuk suatu pekerjaan yang sudah bisa dipastikan untung, lho. Pasalnya, token listrik dibutuhkan oleh masyarakat, mulai dari kalangan menengah ke bawah hingga menengah ke atas. Tiap orang membutuhkan token listrik, terlebih jika listrik di rumahnya menggunakan sistem prabayar. Maka, sudah bisa dipastikan mereka butuh token tiap kali saldo listriknya akan segera habis.

Perlu Juragan ketahui bahwa membeli token listrik bisa melalui berbagai cara. Cara paling mudah dan jadi favorit masyarakat adalah lewat agen token listrik resmi yang ada di sekitar. Agen token listrik sekitar jadi pilihan masyarakat sebab mereka tak perlu pergi jauh-jauh ke PLN maupun kantor pos. Meski begitu, ada alternatif cara membeli token listrik yang biasanya juga dilakukan oleh masyarakat, yaitu:

  • Lewat kantor pos

Membeli  token listrik lewat kantor pos adalah salah satu cara yang sudah dilakukan masyarakat sejak lama sebelum populernya agen token listrik resmi. Seperti ini cara membeli token di kantor pos:

Buat Toko Online Sendiri
  1. Pelanggan mendatangi kantor pos terdekat dan menyampaikan tujuan untuk membeli token listrik. 
  2. Kemudian, pelanggan perlu menyebutkan nominal token yang ingin dibeli dan menunjukkan nomor ID Pelanggan (IDPEL) atau Nomor Meteran Listrik PLN-nya.
  3. Tunggu petugas kantor pos memasukkan data dan mengonfirmasi nama pemilik rekening listrik PLN yang akan diisi tokennya, sekaligus nominal yang dibutukan pelanggan.
  4. Pelanggan membayar token listrik.
  5. Setelah itu, pelanggan memasukkan nomor token yang ada di resi kantor pos ke meteran PLN di rumah.

Baca Juga: Cara Mengisi Token Listrik

  • Beli di E-Commerce

Apabila pelanggan sedang berhalangan keluar rumah, maka beli token listrik bisa dilakukan secara online lewat e-commerce. Berikut langkahnya:

  1. Buka aplikasi e-commerce, contohnya saja Tokopedia.
  2. Pilih kategori Topup dan Tagihan, lalu pilih menu Listrik PLN.
  3. Pilih produk listrik yang ingin dibeli, yakni Token Listrik. 
  4. Masukkan semua informasi yang dibutuhkan, termasuk nomor ID Pelanggan (IDPEL) atau nomor meteran listrik dan nominal pulsa token.
  5. Jika sudah, tekan Lanjut dan lakukan pembayaran sesuai nominal tertera.
  • Memanfaatkan layanan perbankan

Alternatif membeli token listrik selain lewat kantor pos dan e-commerce adalah lewat ATM. Berbagai layanan perbankan saat ini telah menyediakan fitur pembelian token listrik untuk nasabahnya. Sebagai contoh adalah bank BCA yang memiliki menu pembelian token listrik di ATM-nya. 

atur keuangan usaha
  1. Kunjungi ATM BCA terdekat, lalu masukkan kartu dan pin seperti akan transaksi biasanya.
  2. Pada layar, pilih Transaksi Lainnya → Voucher Isi Ulang → Lainnya.
  3. Untuk membeli token listrik, pilih PLN Prepaid alias PLN Prabayar. 
  4. Masukkan nomor meteran listrik sejumlah 11 digit.
  5. Pilih Nominal Voucher yang akan dibeli, lalu tekan Benar agar permintaan diproses.
  6. Tunggu struk keluar dan masukkan token listrik ke meteran di rumah. 
  • Membeli di agen token listrik resmi

Agen token listrik resmi jadi pilihan mudah bagi pelanggan yang ingin mengisi tokennya. Agen token listrik tepercaya adalah tempat membeli token paling mudah, khususnya bagi pelanggan yang masih awam teknologi perbankan maupun e-commerce. Begini cara beli token di agen:

  1. Pelanggan datang ke agen token listrik dan menyampaikan maksud membeli token.
  2. Pelanggan menyebutkan nominal token yang ingin dibeli dan ID Pelanggan atau Nomor Meteran Listrik.
  3. Pelanggan menyerahkan sejumlah uang pembayaran token listrik. 

Yuk Jualan Token Listrik BukuWarung. Cek disini!

Cara membuka bisnis agen token listrik resmi

Sampai di sini, Juragan mungkin sudah semakin yakin untuk menjajal bisnis jadi agen token listrik resmi. Namun, bagaimana cara menjadi agen token listrik resmi? Pastinya, hal pertama yang perlu Juragan lakukan adalah mendaftar ke BukuWarung untuk memudahkan operasional agen token listrik. Apa itu BukuWarung? Simak ulasannya berikut ini.

atur keuangan usaha
  • Daftar di BukuWarung

Cara menjadi agen token listrik resmi paling mudah adalah dengan mendaftar di  BukuWarung. BukuWarung memudahkan Juragan untuk menjadi agen token listrik tepercaya dengan modal minim. Juragan tidak perlu menyetorkan deposit atau saldo untuk jualan token listrik. Cukup gunakan smartphone dan jaringan internet untuk jadi agen token listrik. 

BukuWarung sudah menyediakan pilihan token listrik dengan harga beragam. Juragan tinggal menawarkannya saja pada pelanggan yang ingin membeli. Lalu, BukuWarung menawarkan pilihan metode pembayaran yang bisa dipilih, yakni lewat virtual account  dan e-wallet. Virtual account bisa dilakukan melalui bank BCA, BNI, BRI, Permata, dan Mandiri. Sedangkan e-wallet bisa melalui Dana, OVO, Link Aja, dan ShopeePay. 

  • Siapkan modal usaha

Setelah punya BukuWarung dan Juragan terdaftar sebagai mitra resmi agen token listrik, siapkan modal usaha. Modal usaha agen modal listrik resmi biasanya berkisar antara Rp500 ribu sampai dengan Rp1 juta. Nominalnya bisa Juragan sesuaikan dengan kebutuhan pelanggan sekitar dan permintaan. Kalau di sekitar lebih banyak pelanggan yang menggunakan daya listrik 1300 VA, maka Juragan bisa siapkan saldo token listrik yang lebih besar, misalnya mulai dari Rp1 juta. 

  • Promosikan usaha Juragan

Cara menjadi agen token listrik resmi yang sukses juga tak luput dari usaha promosi yang Juragan lakukan. Maka, saat Juragan sudah terdafar sebagai agen dan siap menjual token listrik pada pelanggan, promosikan usaha Juragan. Promosi bisa Juragan lakukan mulai dari lingkup terdekat, contohnya keluarga dan teman. Ke depannya, Juragan bisa meluaskan lingkup promosi ke tetangga dan pelanggan umum.

Sebagai bagian dari promosi, Juragan bisa menawarkan diskon atau penawaran gratis untuk pelanggan yang sudah mencapai pembelian tertentu. Contohnya, potongan 10% untuk pembelian token di atas Rp100 ribu. Bisa juga gratis token Rp50 ribu untuk pelanggan yang sudah 10 kali transaksi di tempat Juragan. 

  • Kelola keuangan usaha dengan baik

Pastikan Juragan mengelola keuangan usaha dengan baik, termasuk jumlah pemasukan dan utang pelanggan. Untuk mengelola keuangan agen token listrik, Juragan bisa memanfaatkan aplikasi BukuWarung. BukuWarung punya fitur pencatatan transaksi harian token listrik. Dengan BukuWarung, Juragan lebih mudah mencatat laporan penjualan harian, termasuk juga utang pelanggan token listrik.

Setelah mendaftar di BukuWarung, Juragan bisa memasukkan laporan keuangan, termasuk itu penjualan, pengeluaran, dan pemasukan usaha token listrik. Juragan juga bisa mencatat total utang pelanggan token listrik dan siapa saja yang belum membayar. Pada akhir bulan, Juragan akan mendapatkan laporan pembukuan. Semua catatan transaksi akan dibukukan dengan mudah dan praktis!

Baca Juga: Panduan Jadi Agen Pulsa dan Listrik dari Nol

Keuntungan menjadi agen token listrik resmi di BukuWarung

Di samping mendapat tambahan penghasilan, mendaftar jadi agen token listrik resmi di BukuWarung juga memiliki sederet keuntungan seperti berikut ini:

  • Mendapat kartu nama digital 

BukuWarung menyediakan fitur Kartu Nama Digital yang bisa Juragan pakai untuk promosi usaha. Juragan bisa membuat Kartu Nama Digital ini lewat menu yang sudah tersedia di dalam aplikasi BukuWarung. Masukkan nama Juragan, nama usaha token listrik, serta nomor HP pada Kartu Nama. Jika sudah jadi, Juragan dapat menyebarkan Kartu Nama ini ke WhatsApp atau media sosial lain. 

  • Otomatis catat arus keuangan

Dengan menggunakan BukuWarung, setiap transaksi token listrik akan tercatat otomatis. Pembayaran yang dilakukan oleh pelanggan langsung tercatat dalam aplikasi BukuWarung. Alhasil, Juragan tak perlu lagi membuat catatan manual di buku sebab cara ini cenderung berisiko salah tulis atau lupa dicatat. Di sisi lain, BukuWarung pun dapat mencetak nota transaksi sebagai bukti pembayaran ke pelanggan atau supplier. 

  • Bisa tagih pelanggan yang belum bayar

Pada tiap bisnis, hampir selalu ditemui pelanggan yang belum bayar alias utang terlebih dahulu. Alasannya macam-macam, entah karena belum gajian, lupa bawa uang, atau uang yang dibawa kurang. Agar tidak rugi akibat pelanggan belum membayar, Juragan bisa memanfaatkan fitur tagih pelanggan belum bayar pada aplikasi BukuWarung. Caranya adalah catat utang tersebut di BukuWarung, klik tombol ‘Atur Tempo’, dan kirim pengingat dengan klik ‘Ingatkan’. 

  • Kelola lebih dari satu usaha

Aplikasi BukuWarung tidak hanya untuk usaha token listrik, namun juga bisa untuk konter pulsa, toko kelontong, bengkel, bahkan warung makan. Jika Juragan punya lebih dari satu usaha, maka Juragan bisa mengelola semuanya bersamaan lewat satu aplikasi saja, BukuWarung. Mulai dari catat penjualan hingga tagih utang, semua bisa dilakukan lewat fitur-fitur BukuWarung!

Juragan, itulah tadi penjelasan cara menjadi agen token listrik resmi di BukuWarung. Juragan bisa daftar jadi agen token listrik sekaligus mengelola bisnis dengan menggunakan aplikasi BukuWarung. Daftarnya gratis, modalnya sedikit, namun cuannya selangit! Ayo segera daftar agen token listrik di BukuWarung!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download