Download Gratis
Butuh bantuan?

Amalan di Bulan Ramadhan

Amalan di bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh ampunan dan banyak sekali orang untuk berlomba-lomba untuk berbuat kebaikan dalam mencari pahala. Untuk itu akan banyak sekali orang yang melakukan amalan di bulan Ramadhan hingga secara rutin mendapatkan berkah yang sangat melimpah.

Bulan yang penuh suci ini sangat bisa di raih pahala yang sangat banyak karena allah selalu membukakan pintu surga di bulan ini dan menutup pintu neraka sangat rapat.

atur keuangan usaha
download aplikasi bukuwarung

Rasulullah saw bersabda “barangsiapa mendekatkan diri kepada allah dengan melakukan amalan sunnah, maka pahalanya akan seperti amalan fardhu di bulan lainnya”.

Sungguh sangat mulia sekali bulan Ramadhan ini, sebab bulan yang sangat berkah dan sangat suci untuk satu bulan penuh dengan kepastian yang luar biasa. Sebaiknya gunakanlah bulan Ramadhan ini menjadi bulan yang penuh berkah serta menjadikan bulan ini bulan suci setiap tahunnya.

Baca juga : Niat Puasa Ramadhan

Kesempatan Bulan Ramadhan

Amalan utama di bulan Ramadhan ini bisa menjadi bulan yang dikhususkan untuk meraih pintu surga yang tidak ada duanya. Karena tidak ada yang yang bisa mengetahui apakah masih ada umur atau tidak di bulan Ramadhan berikutnya. Bentuk syukur yang bisa ditunjukan ini dengan melaksanakan amalan bulan Ramadhan menjadi bulan yang penuh berkah.

Pahala amalan di bulan Ramadhan khususnya bagi orang yang harus menunaikan puasa wajib merupakan oleh semua kaum muslim yang mampu. Setiap amalan di bulan Ramadhan ini bisa dilipatgandakan mulai dari 10 hingga 700 kali lipat kecuali puasa. Sebab allah sendiri yang akan membalasnya dengan menghapus dosa yang telah lalu.

Buat Toko Online Sendiri

Amalan yang bisa didapatkan lagi adalah, fokus pada 10 malam terakhir di bulan Ramadhan, sebab malam itu disebut malam lailatul qadar. Malam ini dijanjikan allah oleh bahwa akan diberikan ampunan kepada umat islam yang beribadah secara terus menerus. Selain itu akan lebih baik menjalankan sunnah atau amalan bulan Ramadhan yang bisa menunjukan keseriusan di hari sebelumnya.

Amalan di bulan Ramadhan yang berkaitan dengan jatuhnya malam lailatul qadar ini merupakan 10 hari sebelum berakhirnya bulan Ramadhan. Jika sudah berhasil mendapatkan keistimewaan malam lailatul qadar ini sangat besar akan pahala yang sangat besar dinantikan. Rasul saw bersabda “aku pernah melakukan I’tikaf pada sepuluh hari Ramadhan yang pertama. Aku berkeinginan mencari malam lailatul qadar di malam tersebut”.

Menjadi amalan bulan yang sangat berkah ini bisa dilakukan dengan membaca ayat alquran sehingga mendapatkan pahala yang berlimpah. Bulan ramdhan ini juga dianjurkan oleh sleuruh kaum muslim untuk memperbanyak membaca dan menghafal alquran secara penuh sampai satu bulan. Sebab keutamaan membaca alquran ini merupakan akan bernilai sepuluh kebaikan dari satu huruf yang sudah dibaca.

atur keuangan usaha

Pada saat berbuka juga dianjrukan untuk berbuka menggunakan makanan yang manis, seperti air hangat dan juga susu. Disunahkan juga mendahulukan shalat magrib sebelum berbuka puasa, kecuali jika orang yang tersebut telah menunggu untuk makan bersama. Memperbanyak sedekah di bulan Ramadhan juga bisa menjadi bulan yang keistimewaannya harus tetap terjaga.

Jika secara rutin dilakukan di satu bulan penuh, amalan bulan puasa ini akan menjadi kebiasaan baik yang bisa dilakukan di bulan selanjutnya. Tidak hanya bersedekah uang, tetapi bisa digunakan dengan memberi makan orang berbuka juga bisa menjadi amalan bulan Ramadhan. Sebab amalan yang sangat besar dinilai saat bulan ramadhan dna di bulan yang suci serta penuh berkah ini.

Makan sahur yang disunahkan oleh rasul saw ini bisa dilakukan dengan pembeda antara puasa kaum muslim dengan kaum lainnya untuk menjalankan puasa. Ada dua tujuan utama dari makan sahur sebelum berpuasa selama seharian penuh, sehingga melaksanakan amalan sunnah ini bisa digunakan untuk memperoleh tenaga. Keutamaan sahur juga bisa digunakan untuk meningkatkan keikhlasan saat menjalankan ibadah puasa.

atur keuangan usaha

Bulan Ramadhan juga ada shalat sunah yaitu shalat tarawih yang ada di bulan Ramadhan yang istimewa. Jika shalat tarawih akan berakhir, maka shalat witir ini bisa segera dilaksanakan dan hukumnya sunah atau dengan rakaat ganjil. Shalat ini dikerjakan selepas shalat isya dengan jumlah rakaat ganjil sebesar 11 dan 23 rakaat.

Kebaikan di bulan Ramadhan ini juga bisa dilakukan dengan menghapus dosa dengan memperbanyak istighfar sebanyak mungkin. Beristighfar bisa dilakukan sambil juragan untuk berdagang dan berjualan di hari puasa selama seharian penuh. Dalam pencatatan transaksi harus segera ditulis dengan cepat agar tidak lupa dalam transaksi pengeluaran maupun pemasukan.

Untuk pencatatan transaksi bisa download aplikasi bukuwarung melalui handphone masing-masing. Jadi berikut merupakan penjelasan mengenai Amalan di bulan Ramadhan yang wajib diketahui. Sehingga berlomba-lombalah dalam mencari pahala saat bulan Ramadhan, bulan suci penuh berkah.

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download