Download Gratis
Butuh bantuan?

Intip 10 Peluang Usaha di Masa Pandemi Berikut Ini!

Akibat pandemi Covid-19, banyak orang dan sektor bisnis yang merasakan dampak kurang menyenangkan. Hingga pertengahan 2021, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mencatat ada sekitar 29,4 juta orang Indonesia yang merasakan imbas dari pandemi. Jumlah tersebut sudah termasuk mereka yang dirumahkan dan dikurangi jumlah kerjanya. Kondisi ini memang bukan berita baik, tapi jangan sampai pandemi menyurutkan semangat Juragan untuk terus mencari pemasukan. Kali ini tim BukuWarung akan membagikan beberapa ide peluang usaha di masa pandemi.

Saat ini, kasus Covid-19 semakin bisa diatasi dengan baik dan perekonomian pun mulai pulih. Untuk itu, Juragan bisa mencari peluang usaha di masa pandemi yang saat ini dapat diaplikasikan. Ada banyak peluang usaha di masa pandemi terbaru yang bisa Juragan pilih dan lakukan. Simak sepuluh peluang usaha di masa pandemi 2022 berikut ini!

Baca juga: √ Tips Membuka Cabang Usaha Baru 

10 Peluang Usaha di Masa Pandemi

peluang usaha di masa pandemi

  1. Masker dan perlengkapan kesehatan

Meski saat ini tren kasus Covid-19 menurun dan bisa diatasi dengan baik, tak ada salahnya untuk terus berjaga-jaga. Apalagi akibat pandemi, banyak orang semakin memperhatikan kesehatan mereka. Meskipun pemerintah sudah mulai melakukan pelonggaran penggunaan masker, ada baiknya untuk tetap menjaga diri. Untuk itulah, Juragan bisa memulai bisnis menjual perlengkapan kesehatan seperti masker.

Tak hanya masker, Juragan juga bisa menjual perlengkapan kesehatan lainnya seperti multivitamin dan hand sanitizer. Meskipun kasus Covid-19 turun, risiko penyakit lain masih bisa mengintai, Gan. Jadi, peralatan yang dapat membersihkan tangan dan diri pun akan sangat dibutuhkan.

  1. Masakan rumahan

Peluang usaha di masa pandemi yang tak akan pernah surut adalah membuat masakan rumahan. Jika Juragan suka memasak, maka ide yang satu ini akan sangat menguntungkan. Seperti yang kita tahu bersama, makanan adalah kebutuhan utama bagi semua orang. 

Memulai bisnis berjualan makanan rumahan pasti bermanfaat karena banyak orang menyukai masakan rumahan yang sederhana. Juragan juga bisa membuka usaha catering agar orang-orang tak perlu repot-repot lagi memasak untuk makanan sehari-hari.

  1. Jualan alat makan dan minum

Peluang usaha di masa pandemi terbaru adalah menjual alat makan dan minum. Kalau Juragan sering melihat berita, saat ini ada ancaman penyakit baru yang sudah banyak menyerang anak-anak, yakni hepatitis akut misterius. Salah satu pencegahan penularan penyakit hepatitis misterius ini adalah dengan menggunakan alat makan sendiri. Juragan bisa memulai berjualan alat makan dan minum sebagai salah satu pencegahan penyakit yang baru tersebut.

  1. Jadi kreator konten

Salah satu peluang usaha di masa pandemi yang menjanjikan adalah menjadi konten kreator. Saat ini, sudah ada banyak orang yang mulai membuat konten dan dipublikasikan di media sosialnya. Jika Juragan membagikan konten video di salah satu aplikasi seperti YouTube, Juragan berkesempatan mendapatkan uang dari sana, lho! Cara mencari uang yang cukup mudah, bukan? 

Juragan bisa merekam kegiatan tertentu hingga vlog sehari-hari yang menarik perhatian banyak orang. Selain itu, jika konten yang Juragan buat menarik, bisa saja brand tertentu melirik Juragan untuk mengajak kerja sama. Kesempatan untuk mendulang cuan jadi lebih banyak, deh!

Baca juga: √ Usaha di Luar Negeri yang Belum Ada di Indonesia 2022 

  1. Jadi dropshipper

Juragan mau memulai bisnis berjualan, tapi tak punya banyak tempat untuk menumpuk stok barang? Alternatif terbaik untuk memulai usaha satu ini adalah dengan menjadi dropshipper. Dengan menjadi dropshipper, Juragan cuma perlu memasarkan produk tersebut.

Jika ada orang yang ingin membeli barang tersebut, Juragan yang akan memesankannya dan barang tersebut langsung dikirim ke penerima oleh penjual. Juragan tak perlu menumpuk barang di rumah atau menyiapkan gudang. Dengan kata lain, Juragan pun tidak perlu mengeluarkan modal.

  1. Jualan tumbuhan

Peluang usaha di masa pandemi yang berikutnya adalah berjualan tanaman hias. Karena banyak orang yang menghabiskan waktu di rumah saja selama pandemi, maka salah satu mengatasi rasa bosan adalah memiliki hobi baru. Salah satu hobi yang sedang naik daun saat ini adalah bercocok tanam. Jika banyak orang yang tak memiliki lahan, maka berjualan tanaman hias untuk di dalam ruangan juga akan menguntungkan.

Juragan juga bisa menjual berbagai keperluan tambahan yang diperlukan untuk tumbuhan seperti pupuk, pot, bibit tanaman, dan lainnya. Saat ini, berjualan tanaman secara online pun sudah banyak dilakukan. Jadi, Juragan tak perlu khawatir mengembangkan bisnis ini.

  1. Bisnis frozen food

Di masa pandemi ini, banyak orang yang juga bekerja dari rumah. Meski bekerja dari rumah, bisa jadi mereka tak memiliki banyak waktu untuk memasak. Karenanya, Juragan bisa memulai bisnis berjualan frozen food. Saat ini, sudah ada banyak sekali pilihan berjualan makanan beku siap masak, mulai dari makanan utama hingga makanan cemilan seperti dimsum.

Menjual makanan beku juga akan sangat menguntungkan di area pendistribusian. Karena dibekukan, maka Juragan bisa dengan tenang mengirim makanan tanpa takut makanan menjadi rusak.

Baca juga: √ 5+ Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Terbaru 2022 

  1. Buka bisnis laundry

Peluang usaha di masa pandemi 2022 lainnya adalah membuka bisnis laundry. Peluang bisnis yang satu ini juga mulai mendapatkan perhatian, lho, Gan. Banyak orang khawatir virus dan bakteri menempel pada pakaian yang mereka kenakan, namun tak punya banyak waktu untuk mencucinya sendiri. Untuk itulah, peluang bisnis ini bisa menjadi solusi bagi orang-orang tersebut. 

Selain mencuci baju, Juragan juga bisa memperluas bisnis ini dengan memberikan jasa mencuci sepatu, tas, dan yang lainnya. Pastikan juga ketika melakukan pemasaran, Juragan meyakinkan konsumen bahwa hasil cucian akan steril, bersih, dan wangi.

  1. Reseller baju

Tahukah Juragan kalau selama pandemi ini, bisnis online semakin meningkat? Bahkan pada 2021, tercatat ada kenaikan aktivitas belanja online sebesar 37%. Nah, kesempatan ini bisa Juragan jadikan peluang bisnis. Menjadi reseller pakaian akan menjadi pilihan yang tepat, Gan!

Tak hanya menjadi reseller pakaian, tapi Juragan juga bisa mengembangkan produk yang dijual ke berbagai aksesoris yang menunjang penampilan seseorang. Memulai bisnis sebagai reseller juga tak membutuhkan banyak modal, lho, Gan!

  1. Join affiliate marketing

Saat ini, ada satu peluang usaha di masa pandemi yang mulai banyak digandrungi oleh orang-orang. Bisnis tersebut adalah bergabung dengan afiliasi pemasaran atau affiliate marketing

Usaha ini adalah program kerja sama e-commerce untuk mempromosikan produknya. Juragan bisa mendaftar sebagai salah satu anggota. Cara kerjanya pun juga sangat mudah, Juragan hanya perlu membagikan link unik dan nantinya Juragan akan mendapatkan komisi untuk setiap orang yang berbelanja melalui link tersebut.

Bagaimana? Semakin tertarik membuka usaha sendiri di masa pandemi ini? Kalau sudah menentukan pilihan usaha, dukung usaha Juragan dengan menggunakan aplikasi BukuWarung! Apa pun usaha Juragan bisa lebih mudah dengan aplikasi canggih satu ini! 

BukuWarung menawarkan fitur yang akan menunjang bisnis Juragan. Tersedia fitur pelaporan keuangan, pengingat pencatatan transaksi, pembuatan kartu nama digital, hingga tagih utang. Berbisnis di masa pandemi jadi lebih mudah dan aman dengan BukuWarung!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download