Download Gratis
Butuh bantuan?

Keutamaan Puasa Ramadhan

Keutamaan puasa Ramadhan bagi umat islam merupakan bulan yang sangat suci di bagi umat muslim. Sebab bulan ini merupakan bulan yang sangat menawarkan berlipat-lipat pahalanya dalam pengampunan dosa yang bagi seluruh umat islam. Memperbanyak ibadah yang ada di bulan ini dipastikan bulan yang penuh berkah hingga menjadi kewajiban dan sebuah keharusan.

Bulan Ramadhan yang menjadi salah satu yang dinanti-nanti ini karena berbagai keutamaannya membuat bulan ini layak dinantikan. Berbagai dalil menyebutkan bahwa keistimewaan yang ada di bulan puasa ini sangat menguntungkan bagi orang yang beriman dan memiliki amal saleh.

Keutamaan bulan Ramadhan ini bisa menjadi penyemangat untuk makin rajin dalam menunaikan ibadah dan meningkatkan ketakwaan dengan berbagai keutamaannya.

Baca juga : Amalan di Bulan Ramadhan

Istimewa Bulan Ramadhan

Keutamaan puasa Ramadhan dan dalilnya pada bulan ini merupakan bulan yang bisa dijadikan sebagai bulan pengampunan dosa. Bulan Ramadhan inilah yang menjadi pusat untuk juragan bisa mengambil kesempatan dalam bertaubat dan memohon ampunan kepada allah swt. Perbanyak sholat sunnah, tidak tinggal solat lima waktu demi menghapuskan dosan yang masa itu hingga dosa besar yang dijauhinya.

Dengan berpuasa pada bulan Ramadhan ini bisa dihapuskan dosa-dosa yang telah kamu lakukan dengan hadis nabi muhammad saw artinya “barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari allah swt, maka akan diampuni dosanya”. Selain itu juga adanya salah tarawih bisa dikerjakan di setiap malam bulan Ramadhan dengan penuh harapan pahala dari allah swt.

Keutamaan puasa Ramadhan rumaysho merupakan keutamanaan yang selalu dinantikan dengan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Amalan pada bulan Ramadhan ini bisa dilipatgandakan dengan pahala lainnya serta akan lebih baik jika adanya pahala ibadah haji atau umrah. Dalam bulan Ramadhan juga bisa perbanyak infaq dengan melipatgandakan pahala melalui jalan berinfaq.

Bulan yang penuh berkah ini merupakan bulan Ramadhan yang artinya syahrun Mubarak dan memiliki hadits nabi artinya “sungguh telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah dan diwajibkan untuk berpuasa”. Maka dari itu setiap ibadah yang dilakukan pada bulan Ramadhan ini akan dilipatgandakan pahalanya yang penuh mulia ini. Maka tidak hanya keberkahan yang bisa menuai pahala serta melainkan banyak keberkahan lainnya.

Baca juga : Niat Puasa Ramadhan

Keutamaan puasa Ramadhan ini juga bisa ditinjau dari segi ekonomi, sebab keberkahan ekonomi bisa diperuntukan untuk pedagang. Sedangkan untuk fakir miskin bisa membawa keberkahan tersendiri sehingga akan disunahkan untuk berinfaq dan bersedekah. Maka sangat diwajibkan untuk membayar zakat fitrah kepada fakir miskin.

Bulan Ramadhan ini juga dijadikan sebagai bulan alquran atau syahrul quran, sebab diturunkannya al quran pada bulan Ramadhan ini sangat bukti nyata/ kemuliaan bulan Ramadhan ini sebagai petunjuk bagi manusia dan segala penjelasan yang menggunakan benar atau salah. Alquran merupakan petunjuk hidup untuk umat muslim yang sangat diwajibkan untuk menjadikan sebagai hidup lebih tenang.

Keutamaan puasa Ramadhan hari 1-30 ini bisa menjadikan puasa adalah bulan raamdhan sebagai rukun keempat dari rukun islam. Sehingga bulan Ramadhan ini sebagai bulan yang didalamnya diturunkan oleh alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasannya. Doa yang dipanjatkan pada bulan Ramadhan ini bisa lebih mustajabah seusai dengan penjelasan hadis rasul saw.

Pada bulan Ramadhan ini juga terdapat malam lailatul qadar yaitu bulan yang penuh kemuliaan dan keberkahan sehingga malam tersebut malam terakhir dan ganjil yang ada di bulan Ramadhan. Malam lailatul qadar ini merupakan malam yang lebih baik dari seribu bulan atau disebut dengan malam kemuliaan. Pada malam inilah menjadi malam 10 terakhir di bulan Ramadhan hingga diturunkannya alquranul karim.

Makna dalam puasa 1 bulan ini diriwayatkan oleh hadits rasul saw artinya “ barangsiapa yang berpuasa kemudian diikuti enam puasa hari pada bulan syawal maka akan seperti puasa setahun penuh “. Maka dari itu banyak sekali pahala yang didapatkan pada bulan Ramadhan dengan bulan yang penuh berkah. Bulan Ramadhan ini bisa juga sebagai dibukanya pintu surga dan ditutupnya pintu neraka seperti setan dibelenggu.

Keutamaan bulan Ramadhan ini juga sebagai pintu surga yang terbuka dan neraka tertutup sehingga setan diikat dan tidak terbuka. Kesempatan kepada hamba allah swt ini untuk masuk surga dengan ibadah dan amal yang saleh telah diperkuat di bulan Ramadhan. Setan yang dibelenggu ini berjalan lancar agar tidak menyesatkan umat muslim selama di bulan Ramadhan.

Berikut merupakan Keutamaan puasa Ramadhan yang penuh berkah. Selama bulan puasa diperbolehkan untuk mencari rezeki karena dibukakan pintu rezeki yang paling besar untuk hambanya. Agar tidak salah dalam pencatatan pengeluaran dan pemasukan, sebaiknya gunakanlah bukuwarung sebagai aplikasi pencatatan agar tidak selip.

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download