Download Gratis
Butuh bantuan?

Praktis, Cek Pajak Kendaraan Jakarta Langsung dari Smartphone!

Jika ingin cek pajak kendaraan Jakarta, sekarang Juragan tidak perlu repot datang langsung ke kantor Samsat terdekat, lho. Sebab, cek pajak kendaraan Jakarta bisa Juragan lakukan secara online melalui website, aplikasi Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) online atau e-Samsat, maupun layanan SMS. Cek pajak kendaraan online membuat Juragan bisa melakukannya di mana dan kapan saja. Biar semakin paham, cek dulu, yuk, Gan, informasi cara praktis cek pajak kendaraan Jakarta langsung dari smartphone berikut!

Cara cek pajak kendaraan Jakarta

Khusus untuk Juragan yang merupakan warga DKI Jakarta, cek pajak kendaraan bisa Juragan lakukan dengan berbagai cara, lho! Juragan bisa mengakses website, aplikasi, atau menggunakan layanan SMS untuk cek pajak kendaraan, serta mengetahui informasi lengkap mengenai cara membayarnya. Dengan demikian, Juragan tidak perlu lagi repot datang di kantor Samsat dan mengantre panjang. Simak beberapa cara cek pajak kendaraan Jakarta berikut.

  1. Lewat situs web Samsat e-samsat.id

Juragan bisa mengetahui besaran tarif pajak yang harus dibayarkan lewat pengecekan pajak kendaraan online via website e-Samsat.id dengan langkah-langkah berikut:

  • Gunakan smartphone untuk mengakses browser dan masuk ke tautan https://e-samsat.id;
  • Pada halaman yang tersedia di website, isi formulir secara lengkap (Provinsi, Plat, Seri, Nomor, Nomor Rangka), kemudian tekan tombol “Cek Sekarang”;
  • Juragan akan menemukan info pajak kendaraan bermotor dan jumlah yang harus dibayarkan, serta info kendaraan, seperti model, merk, tahun, nomor rangka, warna, dan nomor mesin; 
  • Terdapat pula  PNBP, info pajak kendaraan, dan nominal yang harus Juragan bayar beserta tanggal STNK, pajak,  dan lainnya.
  1. Lewat situs web Samsat lainnya

Untuk cek pajak kendaraan online melalui website http://pkb2.jakarta.go.id/, ikuti langkah-langkah berikut ini, Gan:

  • Gunakan smartphone untuk membuka tautan http://samsat-pkb.jakarta.go.id, kemudian lengkapi formulir yang tersedia pada halaman tersebut (Warna TNKB serta Nomor Polisi);
  • Lanjutkan dengan memasukkan NIK, lalu klik “Saya bukan robot” atau “I’m not a robot” di bagian bawah halaman, dan klik “Cari”;
  • Juragan akan menemukan info besaran nominal pajak kendaraan yang harus dibayar;
  • Juragan juga akan mendapat info kendaraan, seperti merek,  tahun, model, warna, nomor rangka, hingga nomor mesin kendaraan;
  • Halaman ini juga mencakup PNBP dan info pajak kendaraan, jumlah yang harus dibayarkan, tanggal STNK dan pajak, serta sejumlah keterangan lainnya.
  1. Lewat SMS Samsat

Jika tidak ingin repot mengakses website atau mengunduh aplikasi e-Samsat, Juragan bisa, lho, cek pajak kendaraan Jakarta via SMS dengan cara berikut:

  • Pada layanan SMS, ketik Info (spasi) nomor polisi/kode plat nomor/kode seri plat motor/warna motor;
  • Kirim ke nomor 08112119211;
  • Contoh cara cek kendaraan bermotor melalui layanan SMS Samsat: Info B/6777/XF Putih;
  • Jika sudah terkirim, Juragan tinggal tunggu balasan SMS berisi kode bayar, info kendaraan, dan besaran nominal PKB yang harus dibayar.
  1. Lewat aplikasi Samsat

Tidak hanya melalui website, Gan, pengecekan info pajak kendaraan bermotor secara online juga bisa Juragan lakukan lewat aplikasi e-Samsat. Pertama-tama, pastikan Juragan sudah download aplikasi e-Samsat di Google Play Store. Setelah download aplikasi cek pajak kendaraan Jakarta ini di Google Play Store, lanjutkan dengan melakukan langkah-langkah berikut:

  • Pilih wilayah kendaraan milik Juragan untuk cek info pajak kendaraan bermotor;
  • Kemudian, masukkan nomor plat kendaraan;
  • Juragan akan menemukan info biaya dan tanggal jatuh tempo pembayaran pajak.
  1. Lewat aplikasi JAKI

Terakhir, Juragan juga bisa cek pajak kendaraan Jakarta lewat JAKI dengan langkah-langkah berikut ini: 

  • Pertama-tama, download dulu aplikasi JAKI di Google Play Store atau App Store;
  • Jika sudah, daftar untuk membuat akun profile di JAKI menggunakan alamat email;
  • Jika Juragan sudah terdaftar, masuk ke aplikasi tersebut;
  • Lanjutkan dengan memilih menu “Jakpenda” dan menu “Pajak Kendaraan Bermotor (PKB)”;
  • Setelah itu, masukkan informasi nomor kendaraan milik Juragan;
  • Kemudian, tekan“Cek Pajak”;
  • Juragan akan menemukan informasi detail tentang kendaraan, rincian pajak, riwayat Pajak Kendaraan Bermotor pokok terakhir, sampai dengan total tagihan yang harus Juragan bayar.

Baca Juga: Info Lengkap Tentang PPN

Tarif pajak kendaraan bermotor

cek pajak kendaraan jakarta
Photo by Giorgio de Angelis (Pexels)

Jadi, nih, Gan, pajak kendaraan bermotor merupakan pajak yang diserahkan lewat kantor Samsat. Pajak kendaraan bermotor merupakan jenis pajak yang dibebankan atas kepemilikan atau penguasaan kendaraan bermotor, baik oleh orang pribadi maupun badan. 

Termasuk kewenangan daerah, pajak kendaraan bermotor punya dasar hukum yang berbeda antara satu daerah dengan yang lainnya. Sebab, ketentuan besaran pajak kendaraan bermotor diatur oleh masing-masing peraturan daerah, begitu pula dengan Jakarta.

Besaran pajak kendaraan bermotor tahunan yang wajib Juragan bayar ditentukan oleh beberapa faktor kendaraan, seperti jenis, merek, tipe, tahun pembuatan, kapasitas mesin, fungsi kendaraan, hingga tanggal jatuh tempo pembayaran pajak. Berikut rumus perhitungan pajak kendaraan bermotor:

  • Tarif pajak untuk yang memiliki motor pertama adalah 2 persen dari harga jual;
  • Jika Juragan memiliki motor lain, Juragan akan dikenakan tarif pertambahan, yakni 2,5 persen atas motor kedua, kemudian kelipatan 0,5 persen atas motor ketiga dan seterusnya;
  • Besaran tarif pajak kendaraan bermotor kepemilikan badan adalah 2 persen;
  • Sementara itu, besaran tarif pajak kendaraan bermotor kepemilikan TNI atau Polri, pemerintah pusat, dan daerah adalah 0,50 persen;
  • Sedangkan untuk pemadam kebakaran dan angkutan ambulan akan dikenakan tarif 0,50 persen.

Baca Juga: Pelajari Rumus Mengatur Keuangan

Bayar pajak kendaraan lewat agen PPOB BukuWarung!

Setelah cek pajak kendaraan, jangan lupa segera membayarnya. Untuk mempermudah masyarakat sekitar dalam membayar pajak, Juragan bisa jadi agen PPOB BukuWarung yang menawarkan banyak keunggulan dan manfaat.

Selain sudah dipercaya lebih dari 6,5 juta UKM dan UMKM di Indonesia, BukuWarung juga menawarkan proses pendaftaran yang cepat dan mudah, tidak butuh modal besar (cukup smartphone), serta menawarkan fitur pencatatan otomatis untuk membantu pengusaha dalam menjalankan bisnisnya dengan sangat baik. Biar semakin yakin untuk bayar pajak lewat agen PPOB BukuWarung, simak informasi berikut!

  1. Pengertian PPOB

PPOB (Payment Point Online Banking) merupakan jenis bisnis online berkat kemajuan teknologi dan internet. PPOB memiliki tujuan yang sederhana, yaitu mencapai kemudahan saat menjalankan aktivitas sehari-hari. Juragan bisa mempertimbangkan jualan PPOB karena bisnis online ini menjawab kebutuhan pasar yang perlu membayar tagihan, seperti internet, telepon, listrik, udara, iuran BPJS, bahkan pajak kendaraan bermotor, Gan.

PPOB juga bekerja sama dengan perbankkan yang terkoneksi secara real time dan online sehingga memungkinkan rekonsiliasi data PPOB yang sangat cepat dan tetap akurat. Berhubung membayar tagihan penting bagi semua orang, PPOB jelas bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan buat Juragan.

Baca Juga: Cek Pajak Kendaraan

  1. Benefit jadi agen PPOB BukuWarung

Berikut beberapa benefit yang akan Juragan dapatkan jika menjadi agen PPOB BukuWarung:

  • Tepercaya – Kredibilitas BukuWarung sebagai aplikasi pembantu UMKM sudah terbukti karena telah dipakai lebih dari 6,5 juta UMKM di tanah air;
  • Harga terjangkau – Tidak hanya harganya yang terjangkau, pelaku bisnis juga bebas menentukan harga jualnya di BukuWarung. Jadi, Juragan bebas memberikan harga yang cocok di kalangan masyarakat untuk membuat usaha semakin laris;
  • Pembayaran praktis – Sistem aplikasi BukuWarung juga sangat praktis. Aplikasi ini memungkinkan Juragan untuk memakai layanan e-wallet, m-banking, atau kode QR;
  • Proses cepatKegesitan layanan PPOB sangat krusial untuk mencegah pelanggan protes karena harus menunggu berjam-jam. Proses transaksi BukuWarung yang cepat memungkinkan Juragan bisa langsung mengerjakan pesanan pelanggan dalam waktu singkat.
  • Pencatatan otomatis – Di BukuWarung, pencatatan transaksi akan dilakukan secara otomatis. Dengan begitu, Juragan bisa mendapatkan manfaat berkurangnya kesalahan pembukuan dan lebih mudah melihat total keuntungan yang diperoleh.

Setelah cek pajak kendaraan bermotor, jangan lupa segera membayarnya. Untuk memberikan kemudahan pembayaran, Juragan bisa menjadi agen PPOB lewat BukuWarung yang menawarkan sederet keuntungan di atas. Yuk, download aplikasi BukuWarung  di Google Play Store sekarang dan kembangkan bisnis Anda!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download