Download Gratis
Butuh bantuan?
download aplikasi bukuwarung

7 Tips Laris Manis saat Jualan Paket Data 2022

Bisnis pulsa dan paket data memang bisnis yang cukup menjanjikan karena hanya butuh modal sedikit dan bisa dilakukan di mana saja. Namun, karena kemudahan yang ditawarkan tersebut, banyak orang yang juga tertarik untuk ikutan buka bisnis ini. Terus, gimana caranya jualan paket data yang tetap laris manis walaupun banyak kompetitor? Simak selengkapnya di bawah ini, ya!

Baca juga: Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Mulai Jualan Paket Data

atur keuangan usaha
download aplikasi bukuwarung

7 Tips jualan paket data

Modal utama dalam menjalankan bisnis paket data memang cuma butuh seperangkat ponsel sederhana dan modal mulai Rp50 ribuan saja. Namun, jika ingin jualan Juragan laris manis, Juragan harus melakukan lebih daripada itu. Nah, berikut ini adalah rangkuman tips-tips jualan paket data yang dapat Juragan terapkan agar tetap cuan!

1. Jual paket data untuk beberapa operator

Pertama, sebaiknya Juragan menyediakan paket data untuk beberapa operator yang bervariasi. Hal ini bertujuan untuk membuat jualan Juragan menjadi lebih beragam, banyak pilihan, dan terkesan lengkap.

Ada banyak operator yang ada di Indonesia saat ini, mulai dari Telkomsel, Indosat Ooredo, XL. Tri, Smartfren, By U, dan lain-lain. Sediakan setidaknya dua sampai tiga paket data untuk semua operator tersebut agar pelanggan juga bisa memilih. Semakin banyak variasi, maka jualan Juragan akan semakin dilirik!

2. Kelola keuangan usaha dengan teliti

Tips jualan paket data berikutnya adalah melakukan pengelolaan keuangan usaha secara teliti. Mengelola uang adalah persoalan yang pasti selalu dihadapi oleh pemilik bisnis, tidak terkecuali bisnis pulsa dan paket data.

Buat Toko Online Sendiri

Setiap melakukan penjualan, sebaiknya Juragan mencatat detail penjualan tersebut dengan jelas. Misalnya rincian tanggal penjualan, nomor penjualan, nama pembeli, sisa saldo, keterangan pembayaran, dan sebagainya. Jika pelanggan belum melakukan pembayaran, sebaiknya catat juga dengan jelas kapan pembayarannya akan dilakukan. Dengan begitu, Juragan dapat terus memantau sirkulasi saldo dan perputaran modal untuk pembelian selanjutnya.

3. Pastikan ketersediaan stok

Berikutnya yang tak kalah penting, selalu pastikan ketersediaan stok paket data, ya, Gan. Meskipun jualan pulsa dan paket data tidak perlu repot-repot menghitung stok barang, Juragan tetap wajib memperhatikan saldo yang dimiliki. Selalu perkirakan saldo minimal yang tersisa untuk melakukan deposit selanjutnya, jangan sampai kehabisan. Dengan begitu, Juragan tidak kerepotan saat tiba-tiba ada pelanggan sedangkan saldo tidak mencukupi. Pelanggan pun tidak akan merasa kecewa karena harus menunggu.

Sebaiknya, Juragan juga mengaktifkan mobile banking. Dengan mobile banking, Juragan menjadi punya sumber pribadi yang dapat diambil saldonya sewaktu-waktu, sehingga jika butuh menambah deposit, Juragan dapat menambahkan secara mandiri tanpa perlu repot-repot mendatangi distributor pulsa. Hal ini dapat diterapkan sebagai cara jualan pulsa dan paket data di rumah.

atur keuangan usaha

4. Berikan pelayanan terbaik

Pelanggan adalah raja, oleh sebab itu, layanilah pelanggan dengan baik. Pelayanan untuk bisnis paket data memang banyak macamnya. Misalnya dengan bersikap ramah, komunikatif, dan informatif saat ada pelanggan yang kebingungan memilih paket data. Atau bisa juga melayani pelanggan ketika terjadi gangguan seperti pulsa terlambat atau gagal masuk dengan sikap yang sabar dan nada rendah.

Jika Juragan membuka layanan pulsa dan paket data 24 jam, maka sebaiknya Juragan juga harus selalu stay online 24 jam. Selalu pastikan HP berada di dekat Juragan sehingga bisa langsung tahu jika ada pesanan masuk. Pelayanan yang cepat dan tanggap akan membuat pelanggan merasa puas. Juragan juga bisa menerapkan sistem shift, misalnya bergantian jaga malam dengan karyawan atau partner kerja. Hal ini dibutuhkan untuk jaga-jaga jika ada pelanggan yang membutuhkan paket data di malam hari.

Namun, Juragan tetap harus berhati-hati dalam memberikan pelayanan. Meskipun selalu sabar, sebaiknya tetap waspada jika ada pelanggan yang bertindak mencurigakan. Melakukan penjualan pada malam hari tanpa melalui konter juga harus dipastikan pembayarannya. Pastikan pelanggan benar-benar membayar sesuai nominal penjualan, atau Juragan bisa memilih untuk hanya melayani pelanggan yang sudah tepercaya saja demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

atur keuangan usaha

5. Hindari pelanggan yang utang 

Masih berkaitan dengan pepatah sebelumnya, bahwa pelanggan adalah raja, maka raja tidak pernah berutang. Terapkan prinsip ini demi kebaikan bisnis Juragan sendiri. Pelanggan yang berutang memang kesannya biasa saja, namun hal ini sering menjadi masalah bagi pemilik bisnis paket data karena Juragan jadi tidak bisa memutar modal. Saat harus mengisi deposit, sebagian uang modal belum kembali pada Juragan, alhasil Juragan tidak bisa mengisi deposit dengan maksimal.

Kabar baiknya, kini Juragan bisa memanfaatkan fitur Tagih Utang yang dimiliki BukuWarung untuk handle permasalahan tersebut. Jika ada pelanggan yang berutang, Juragan bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk mencatat pelanggan yang berutang tersebut, kemudian mengirim pesan untuk menagih utang. Pesan yang terkirim bersifat otomatis dan akan berhenti jika pelanggan sudah melunasi pembayaran lewat pencatatan keuangan.

6. Tetapkan target penjualan

Jualan paket data memang untungnya berkisar di harga Rp500-Rp1000 setiap satu kali transaksi. Oleh sebab itu, Juragan harus menetapkan target penjualan bisnis akan seperti apa.

Misalnya, jika Juragan mematok margin sebesar Rp500 setiap transaksi, lalu berhasil melakukan 100 kali transaksi per hari, maka penghasilan per bulan yang bisa didapatkan adalah sebesar Rp1,5 juta rupiah. Jadi, Juragan harus fokus pada jumlah penjualannya karena lebih baik menjual dengan nominal kecil namun banyak daripada nominal besar namun penjualannya sedikit.

7. Patok harga yang kompetitif

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, jika mematok keuntungan dengan harga kompetitif maka bisnis Juragan akan semakin laris. Misalnya, Juragan menetapkan keuntungan sebanyak Rp500 per transaksi, harga ini adalah yang termurah jika dibandingkan dengan konter-konter paket data lain yang mengambil keuntungan sebanyak Rp1000 per transaksi. Maka, pelanggan akan lebih memilih untuk membeli paket data di tempat Juragan.

Juragan tidak perlu khawatir karena walaupun keuntungannya terlihat kecil, transaksi yang dilakukan bisa jauh lebih banyak. Dengan demikian, total pendapatan yang diraih per bulan bisa mencapai Rp1,5 juta. Jika Juragan bisa melakukan lebih dari 100 penjualan tiap hari, maka keuntungannya pun juga jadi jauh lebih besar! Dengan pencatatan keuangan lewat BukuWarung, Juragan pun bisa terus memantau perkembangan pendapatan tiap bulannya.

Baca juga: Tips Memulai Usaha Jual Pulsa

Fitur-fitur bermanfaat dari BukuWarung untuk jualan pulsa dan paket data

jualan paket data
Photo Credit: tiarachardz via Freepik

Jualan paket data pakai BukuWarung akan membuat bisnis Juragan semakin mudah. BukuWarung punya banyak fitur ajaib yang bisa jadi solusi semua masalah keuangan Juragan, di antaranya seperti berikut ini.

1. Laporan keuangan

BukuWarung punya fitur Laporan Keuangan yang bikin Juragan bisa catat keuangan usaha dengan mudah, hemat waktu, dan tidak ribet. Dengan laporan keuangan yang dibuat otomatis seperti ini, Juragan akan menjadi lebih fokus untuk mengembangkan usaha tanpa perlu pusing menghitung administrasi keuangan.

Laporan keuangan BukuWarung juga dijamin tepercaya dan akurat, jadi Juragan tidak perlu khawatir catatan salah hitung atau hilang. Menggunakan BukuWarung, keuntungan Juragan dari jualan paket data bisa tercatat secara otomatis.

2. Tagih utang

Tidak perlu khawatir kalau pelanggan berutang lagi. Dengan fitur Tagih Utang, Juragan bisa menagih utang pelanggan secara otomatis tanpa ribet. Caranya, catatlah utang pelanggan di BukuWarung agar tidak lupa. Kemudian, klik Atur Tempo untuk mengatur tanggal pembayaran dari pelanggan yang harus diterima. Terakhir, kirimkan pengingat utang dengan klik Ingatkan. BukuWarung akan otomatis mengirim pesan pengingat utang lewat WhatsApp.

3. Kelola stok

Agar Juragan tidak kehabisan stok paket data atau deposit pulsa, Juragan bisa pakai fitur Kelola Stok. Dengan fitur ini, Juragan bisa terus memantau sisa stok paket data yang tersedia sehingga tidak akan kehabisan di waktu genting.

Juragan hanya perlu menambahkan Daftar Stok Produk yang diisi dengan nama produk yang dijual beserta stoknya saat ini. Kemudian, atur harga jual dan harga modal agar keuntungan yang Juragan dapat bisa langsung terlihat. Selesai, stok paket data Juragan akan terhitung secara otomatis setiap ada transaksi yang masuk! Update stok juga sudah otomatis sehingga lebih praktis.

Baca juga: Tambah Pemasukan Dengan Bisnis Pulsa Murah Pakai BukuWarung!

Jualan paket data memang bisnis yang menggiurkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Apalagi kalau Juragan pakai aplikasi BukuWarung, jualan pun bisa jadi lebih cuan berkat fitur-fitur keuangannya yang mantap! Tunggu apa lagi, segera download aplikasi BukuWarung di Play Store atau App Store lewat handphone Juragan!

*Pembayaran di Bukuwarung didukung oleh Xendit dan OY! yang berlisensi Bank Indonesia

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download