Download Gratis
Butuh bantuan?

5 Cara Mencari Supplier Tangan Pertama Agar Bisa Jualan Murah

Apakah Juragan sudah punya sumber yang menyediakan semua stok barang yang dibutuhkan untuk bisnis? Apakah sumber tersebut adalah tangan pertama? Sumber tersebut biasa disebut sebagai supplier. Biasanya, para pengusaha akan berlomba-lomba mendapatkan supplier tangan pertama karena harga belinya akan jauh lebih murah.

Pendapatan bisnis yang memuaskan adalah ketika Juragan berhasil menjual produk murah dari supplier pertama tersebut dengan harga terbaik. Nah, bagaimana cara mencari supplier tangan pertama? Bisa, kok, Gan! Simak penjelasan detailnya berikut ini!

atur keuangan usaha
download aplikasi bukuwarung

Baca juga: Supplier Dropship

Apa itu supplier? 

Supplier adalah badan atau perseorangan yang menyediakan dan menjual bahan yang akan diolah perusahaan lain menjadi produk siap jual. Barang yang dijual supplier biasanya berbentuk bahan mentah atau bahan baku. Bisnis produksi atau pabrik kemudian memanfaatkan bahan baku tersebut untuk diproduksi.

Misalnya, supplier kelapa yang menyediakan stok beberapa ton kelapa setiap bulannya untuk pabrik Juragan. Juragan kemudian mengolahnya menjadi produk nata de coco dalam kemasan. Nah, itulah yang dimaksud dengan supplier, Gan. Lantas, apa bedanya dengan distributor? 

Beberapa orang menganggap supplier dan distributor adalah orang yang sama. Namun, sesungguhnya alur mereka jelas berbeda. Distributor adalah pihak yang hanya membeli produk siap jual dari produsen secara langsung. Jadi, distributor adalah orang yang membeli produk nata de coco yang sudah diolah oleh Juragan. Distributor kemudian menjual nata de coco tersebut ke perantara selanjutnya.

Buat Toko Online Sendiri

Perantara inilah yang biasanya menghubungkan produk ke konsumen, salah satunya yaitu dropshipper. Dropshipper menawarkan produk ke konsumen melalui katalog. Jika konsumen kemudian melakukan pemesanan, dropshipper akan menyampaikannya ke produsen, lalu mengirimkan produk ke konsumen atas nama dropshipper. Jadi, dia tidak harus memiliki produk yang dijual. 

Mengapa Juragan perlu supplier tangan pertama? 

Nah, Juragan perlu supplier dropship tangan pertama agar bisa mendapatkan stok barang dengan harga yang paling murah. Jika berhasil mendapatkan supplier tangan pertama, maka Juragan bisa lebih mudah mengatur harga jual, target pasar, dan keuntungan yang ingin dicapai. Bahkan, Juragan bisa mematok harga jual produk menjadi lebih murah daripada yang lainnya. Konsumen pun akan lebih tertarik untuk membeli produk Juragan!

Lalu, apa sih yang menyebabkan harga dari supplier pertama bisa sangat murah? Harga yang ditetapkan oleh supplier dropship tangan pertama biasanya merupakan kombinasi dari biaya produksi dan margin keuntungan yang diinginkan tanpa ada variabel lain yang memengaruhi tambahan biaya. Oleh sebab itu, mereka mampu menawarkan harga yang lebih terjangkau, Gan!

atur keuangan usaha

Kriteria supplier tangan pertama yang baik

Setelah memahami alur produksi dari supplier, kini saatnya Juragan mengidentifikasi supplier yang ideal. Nah, berikut ini adalah tips mencari supplier tangan pertama yang baik.

  1. Punya produk dengan kualitas terbaik

Pertama, pastikan produk yang ditawarkan oleh supplier tersebut bagus, ya, Gan! Juraganlah yang akan menjadi citra atas produk tersebut, oleh sebab itu, pastikan Juragan hanya menjual produk-produk yang baik sehingga konsumen pun merasa puas. Ingat, kualitas produk adalah nomor satu.

  1. Harga yang ditawarkan kompetitif

Cara mencari supplier tangan pertama berikutnya adalah cari yang harganya mampu bersaing di pasar. Supplier dropship tangan pertama pasti mematok harga yang telah disesuaikan dengan profit. Oleh sebab itu, harga terbaik yang bisa Juragan dapatkan adalah harga yang kompetitif. Dengan begitu, Juragan bisa memiliki nilai lebih saat bersaing dengan produk yang sama.

atur keuangan usaha
  1. Komunikasinya lancar

Mencari supplier yang dapat diajak berkomunikasi lancar adalah sebuah kewajiban. Carilah supplier yang mudah dihubungi saat dibutuhkan. Jika supplier juga fast respond, bahkan ketika Juragan menghubunginya sewaktu-waktu, maka itu akan menjadi hal yang bagus. Misalnya ketika Juragan tiba-tiba kehabisan stok barang di saat pesanan sedang menumpuk atau ketika ada keluhan dari konsumen.

  1. Mau berkolaborasi

Mempunyai supplier yang bisa bekerja sama akan sangat menguntungkan karena Juragan akan terbantu saat ada keluhan konsumen. Supplier yang mau diajak kerja sama saat ada masalah seperti itu akan membantu Juragan mencari solusi atau jalan tengah, sehingga bisnis tidak akan mengalami kendala berarti.

5 Cara Mencari Supplier Tangan Pertama

Cara mencari supplier untuk dropship memang sedikit tricky. Juragan perlu tekun dan teliti ketika ingin mendapatkan supplier yang ideal. Namun, jangan khawatir, mencari supplier tangan pertama dapat dilakukan dengan lima cara berikut ini.

Baca juga: 5 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Memulai Bisnis

  1. Tentukan produk yang akan dijual

Pertama, Juragan harus menentukan produk yang akan dijual agar bisa menyesuaikan stok dan kondisi barang dari supplier. Biasanya supplier memang punya stok yang tidak terbatas, sehingga Juragan bisa mendapatkannya kapan pun. Misalnya, Juragan akan membuka bisnis hamburger, maka Juragan dapat menentukan butuh barang apa saja, entah itu supplier roti, sayuran, atau daging.

  1. Datanglah ke berbagai acara bazar

Dengan mendatangi berbagai acara bazar atau pameran, maka Juragan punya kesempatan lebih untuk bertemu dengan para Juragan yang dibutuhkan. Bazar supplier menjadi ajang para supplier mempromosikan produk-produk mereka. Biasanya supplier yang bisa ikut bazar adalah supplier yang sudah diseleksi oleh pihak penyelenggara, sehingga identitas dan produk mereka terjamin kredibel.

  1. Cari di marketplace

Mencari supplier melalui marketplace atau media sosial dapat menjadi cara yang efisien. Juragan akan mendapatkan banyak pilihan dengan jangkauan yang sangat luas. Hemat waktu sekaligus tenaga juga, Gan. Ketika menemukan ada yang cocok, tinggal hubungi saja!

Media sosial seperti Instagram dan Facebook masih menjadi platform yang banyak digunakan orang. Cara mencari supplier di Instagram sangat mudah. Juragan hanya perlu scroll Instagram melalui kata kunci yang dimasukkan di mesin pencari. Informasi yang Juragan dapatkan akan bermacam-macam karena berasal dari berbagai sumber secara real time. Namun, Juragan tetap harus teliti dan cek kredibilitasnya, ya!

  1. Jelajahi website pembanding harga

Cara dapatkan supplier tangan pertama juga dapat Juragan lakukan dengan menjelajahi website pembanding harga. Juragan tinggal masukkan jenis produk yang dibutuhkan, kemudian website akan menampilkan beberapa opsi supplier yang relevan dengan pencarian. Dari informasi tersebut, pilihlah supplier terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Juragan.

  1. Bergabunglah dengan komunitas 

Terakhir, bergabunglah dengan komunitas atau forum yang sudah tersebar banyak di Indonesia. Komunitas tersebut biasanya juga tersedia secara online lewat platform Facebook atau Kaskus. Juragan bisa langsung join dan tanyakan segala hal yang ingin diketahui kepada anggota komunitas lainnya.

Baca juga: 10+ Daftar Supplier Dropship Terpercaya Tanpa Modal

Kini Juragan telah mengetahui cara mencari supplier tangan pertama yang ideal. Selanjutnya, Juragan bisa menerapkan cara-cara di atas untuk mulai menemukan Juragan terbaik. Dalam menjalankan bisnis, pastikan agar keuangan tetap berjalan lancar dengan selalu menggunakan aplikasi pembukuan BukuWarung. Yuk, tunggu apa lagi, segera dapatkan aplikasi BukuWarung! Juragan bisa langsung download aplikasinya melalui Google Play Store, ya!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download