Download Gratis
Butuh bantuan?
download aplikasi bukuwarung

10 Cara Menambah Followers Instagram untuk Akun Bisnis Juragan

Instagram bukan sekadar media sosial untuk berbagai foto dan video. Kini, aplikasi yang berasal dari Amerika Serikat ini sudah digunakan oleh banyak orang untuk berbisnis. Jumlah pengguna Instagram yang begitu besar memang membuatnya jadi ladang bisnis yang menggiurkan.

Pada awal 2022, jumlah pengguna Instagram di Indonesia menyentuh angka 99,15 juta orang atau setara dengan 35,7% dari total populasi. Peluang bisnis di Instagram masih sangat terbuka lebar dengan 52,3% audiens jangkauan iklan Instagram adalah pengguna perempuan dan 47,7% sisanya laki-laki. Juragan tertarik mengetahui cara menambah followers Instagram untuk akun bisnis? Yuk, simak informasinya di artikel ini!

atur keuangan usaha
download aplikasi bukuwarung

Cara Menambah Followers Instagram

cara menambah followers instagram
Photo credit: Pxfuel
  1. Jangan private akun

Jika Juragan ingin menjaga privasi, mem-private akun Instagram memang baik, Gan. Tapi jika yang Juragan inginkan adalah menambah followers akun bisnis di Instagram, maka Juragan wajib membuka akun menjadi publik. Cara menambah followers Instagram ini membantu calon followers untuk bisa melihat feed-mu dengan lebih leluasa.

Juragan mungkin mem-private akun Instagram bisnis karena tidak ingin follower gampang unfollow. Namun, lebih banyak ruginya daripada untungnya, lho. Jika akun Juragan lebih visible karena disetel ke publik, maka konten yang Juragan share bisa muncul di tab explore orang lain sehingga lebih mudah menarik followers baru.

Baca Juga: Cara Membuat Iklan di Facebook

  1. Follow orang duluan

Dengan follow orang duluan, Juragan bisa meningkatkan follower akun Instagram. Caranya bisa dengan menemukan akun Instagram artis atau selebgram dengan jumlah follower tinggi. Buka tab followers mereka dan ikuti setidaknya 10-15 akun yang baru mengikuti selebritas tersebut (biasanya berada di posisi atas).

Buat Toko Online Sendiri

Juragan bisa atur jeda sekitar 10 menitan untuk lanjut mem-follow akun lainnya agar terhindar dari banned akibat bertambahnya pengikut dalam jumlah tidak wajar. Jika tidak mau jumlah following bertambah, Juragan bisa unfollow akun-akun tersebut beberapa hari kemudian. Cara menambah followers Instagram dengan cepat ini cukup ampuh, lho.

  1. Mengadakan kuis atau giveaway

Semua orang suka barang gratis. Jadi, Juragan bisa, nih, mendapatkan perhatian dari pengguna Instagram lainnya lewat giveaway dengan menghadiahkan produk, layanan, atau merchandise lainnya yang berkaitan dengan bisnismu.

Banyak bisnis di Instagram mengharuskan peserta giveaway untuk follow akun. Selain follow akun, Juragan bisa menetapkan syarat bagi pengguna untuk mengikuti giveaway dengan tag tiga hingga lima teman dan posting ulang konten. Cara menambah followers Instagram secara natural ini membantu meningkatkan visibilitas bisnis Juragan dan memungkinkan bisnis untuk mendapatkan banyak follower dengan cepat.

atur keuangan usaha
  1. Posting konten berkualitas

Juragan juga perlu konsisten dalam mem-posting konten berkualitas yang ingin dilihat follower. Coba perhatikan, pasti ada beberapa konten di Instagram punya performa lebih baik daripada yang lain. Oleh karenanya, trial and error konten Instagram sangat penting, Gan. Juragan harus tetap peka dengan tren Instagram baru sehingga dapat mem-posting konten populer.

Jika ingin selangkah lebih maju, Juragan perlu berinvestasi dalam analytic tool Instagram, Gan. Cara menambah followers Instagram ini akan memudahkanmu untuk melacak, membandingkan, dan menganalisis konten Instagram di seluruh akun sehingga menghasilkan konten dengan kualitas terbaik.

Juragan harus percaya diri dalam membangun strategi konten dengan menganalisis berbagai filter, teks, dan aspek-aspek lainnya untuk melihat jenis konten seperti apa yang paling cocok dengan audiens bisnis Juragan. Jika tidak yakin harus mulai dari mana, coba analisis pesaing Juragan. Bukannya secara langsung meniru pesaing, Juragan hanya perlu mencatat apa yang pesaing lakukan atau post seperti apa yang mendorong engagement. Sedikit riset kompetitif bisa sangat membantu, lho

atur keuangan usaha

Baca Juga: Peranan 4 Tingkatan Influencer Dalam Pemasaran Media Sosial

  1. Pakailah hashtag

Hashtag adalah kombinasi huruf, angka, dan emoji yang diawali dengan simbol #. Hashtag berguna untuk mengategorikan konten dan membuatnya lebih mudah ditemukan. Dengan memakai hashtag pada postingan di akun bisnis Instagram, Juragan dapat membuat postingan lebih mudah ditemukan, Gan.

Postingan yang lebih mudah ditemukan oleh target audiens tentu saja memiliki peluang lebih besar untuk menghasilkan konversi. Jadi, Juragan perlu untuk selalu memeriksa hashtag sebelum menggunakannya. Pastikan Juragan hanya memakai hashtag yang sesuai dengan identitas merekmu. Sebagai informasi, ada beberapa hashtag yang sering digunakan di Instagram, Gan. Di antaranya:

  • #love (1,271,692,015)
  • #instagood (742,795,562)
  • #photooftheday (507,358,504)
  • #fashion (487,010,088)
  • #beautiful (463,668,566)
  • #happy (427,528,663)
  • #cute (418,686,470)
  • #like4like (417,887,839)
  • #tbt (413,049,020)
  • #followme (392,011,012)

Menggunakan hashtag yang populer akan membantu meningkatkan traffic ke akun Instagram bisnis. Namun, perlu diingat bahwa hashtag paling populer berubah dari waktu ke waktu. Oleh karenanya, Juragan harus terus up-to-date untuk menggunakan hashtag yang tepat, ya.

  1. Sesuaikan efek foto

Instagram adalah media sosial yang mengedepankan tampilan visual. Oleh karenanya, Juragan perlu mem-posting foto dengan kualitas premium. Meskipun tidak mudah, Juragan perlu berlatih untuk menemukan angle terbaik dari suatu objek, terlebih jika Juragan menjual produk berupa barang.

Jika sudah mendapatkan foto yang menurut Juragan terbaik, Juragan juga menyesuaikan efek foto. Editlah foto menggunakan filter terbaik yang digemari oleh banyak orang. Misalnya filter dengan temperatur berwarna hangat, kontras, dan exposure yang tinggi. Konsep ini harus diterapkan sebab foto yang menggunakan filter punya peluang 21% lebih banyak dilihat dan 45% lebih sering menerima komentar dan like, lho.

  1. Berilah caption yang menarik

Juragan juga perlu belajar membuat caption yang menarik agar postingan Juragan jadi lebih banyak yang lihat. Caption adalah kunci untuk menarik simpati orang lain. Sebab, caption berisi kata-kata yang bisa menyentuh perasaan seseorang. 

Usahakan juga agar caption Juragan cukup menarik sehingga memancing orang untuk meninggalkan komentar. Juragan bisa menyertakan pertanyaan di akhir caption agar orang mengisi kolom komentar sebagai bentuk tanggapan terhadap postinganmu. 

Meskipun sepele, salah satu poin terpenting dari menulis caption adalah tidak boleh salah ketik. Jadi, pastikan Juragan membaca kembali dan memastikan ejaannya sebelum menekan tombol post, ya.

  1. Lengkapi profil Instagram Juragan

Dengan melengkapi profil Instagram, Juragan bisa membuat calon follower baru tertarik mempelajari lebih lanjut tentang apa yang Juragan tawarkan. Setiap ada kunjungan baru ke akun Instagram, profil akan membantu meyakinkan calon follower untuk mengikuti akun bisnis Juragan. Misalnya, jika calon follower sedang mencari akun Instagram yang menjual produk fashion impor dari Korea Selatan, menambahkan informasi ini di profil Juragan akan membuatnya yakin untuk follow.

Jadi, siapkanlah profil akun Instagram dengan menggunakan username yang mudah diingat. Lengkapi juga semua kolom data profil yang dibutuhkan. Juragan perlu mengisi informasi bio, website, dan sebagainya. Semakin lengkap informasi yang tertera di profil Instagram Juragan, maka akan semakin besar kemungkinan untuk mendapatkan follower baru. 

Jangan lupa pula memasang foto profil yang menarik ya, Gan. Dengan begitu, Juragan bisa membangun first impression yang baik tentang akun. Juragan dapat mengambil konsep tertentu yang sesuai dengan style dan brand, lalu gunakan kata-kata yang menggambarkan konsep tersebut di kolom bio

Baca Juga: Inilah Beda Marketing dan Branding

  1. Aktif like dan comment di akun lain

Juragan mungkin menganggap bahwa akun Instagram yang mirip dengan akun Instagram Juragan sebagai saingan dan menghindarinya. Padahal, tidak perlu dihindari, Juragan justru perlu menjadi bagian dari pengikut mereka. Sebab, setelah Juragan mulai menyukai foto orang lain, banyak orang akan mulai follow akunmu.

Jangan lupa berikan like dan komen untuk tiga foto terbaru yang baru saja mereka posting setelah follow akun tersebut. Menyukai dan meninggalkan komentar pada postingan seseorang menunjukkan adanya ketertarikan terhadap akun dan postingan tersebut. Coba lakukan cara menambah followers Instagram bisnis ini untuk lebih dari satu akun, Juragan pun bakal punya peluang besar untuk menambah follower, Gan.

  1. Ikuti tren yang sedang berlangsung

Banyaknya tren menarik di Instagram juga bisa Juragan manfaatkan untuk menambah follower, lho. Misalnya, dulu sempat booming Ice Bucket Challenge dan In My Feelings Challenge. Mengikuti tren-tren seperti ini bisa menambah follower karena banyak yang cari dan suka. Cobalah cari tren video yang sedang ngetren sekarang. Juragan bisa posting foto atau video yang berkaitan dan menambahkan hashtag di caption biar semakin banyak yang lihat.

Itulah tadi sepuluh cara menambah followers Instagram yang bisa Juragan lakukan. Berbagai cara tersebut dapat membantu Juragan meningkatkan jumlah followers akun bisnis di Instagram. Tapi bukan cuma promosi Instagram, nih, yang perlu Juragan kencangkan, tapi juga penyusunan laporan keuangan. Sayang, kan, kalau promosi di Instagram sudah oke, tapi keuangan bisnis Juragan justru berantakan?

Sebagai solusi, gunakan saja aplikasi BukuWarung untuk mempermudah penyusunan pembukuan bisnis. Bahkan lewat BukuWarung, Juragan juga bisa mengelola utang dan piutang usaha, lho. Tentu semua bisa dilakukan hanya lewat satu platform saja! Yuk, langsung saja download aplikasi BukuWarung lewat Google Play Store!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download